VALIDITAS PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN MENULIS PARAGRAF NARASI DAN DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ninit Alfianika, Kusmadi Sitohang

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya rubrik penilaian yang valid sebagai pedoman dalam menilai hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas rubrik penilaian menulis paragraf narasi dan deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskripsi. Data dalam penelitian ini berupa angka yang didapat dari angket validitas yang diisi oleh validator. Validator dalam penelitian ini dua orang dosen bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan rubrik penilaian menulis paragraf narasi dan deskripsi serta angket kepada validator lalu validator menvalidasi rubrik yang diberikan berdasarkan angket validasi yang telah diberikan. Hasil validasi tersebut dijadikan data dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut ini. (1) Validitas rubrik penilaian menulis paragraf narasi adalah 95 dengan kategori sangat valid. (2) Validitas rubrik penilaian menulis paragraf deskripsi adalah 96,25 dengan kategori sangat valid. Jadi, dapat disimpulkan rubrik penilaian menulis paragraf narasi dan persuasi bisa digunakan untuk menilai hasil belajar menulis paragraf dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

KATA KUNCI: paragraf narasi dan deskripsi; rubrik penilaian; validitas

 

VALIDITY OF ASSESSMENT RUBRIC DEVELOPMENT WRITE PARAGRAPH AND NARRATIVE DESCRIPTION IN INDONESIAN LEARNING

ABSTRACT: This research is motivated by the importance of a valid assessment rubric as a guide in assessing student learning outcomes. Therefore, this study aims to determine the validity of the assessment rubric for writing narrative paragraphs and descriptions in Indonesian language learning. This type of research is quantitative research using the method of description. The data in this study are numbers obtained from validity questionnaires filled out by the validator. The validators in this study were two Indonesian language lecturers. The data collection technique was carried out by providing an assessment rubric for writing narrative paragraphs and descriptions as well as a questionnaire to the validator then the validator validated the given rubric based on the validation questionnaire that had been given. The results of the validation are used as data in this study. The findings in this study are as follows. (1) The validity of the assessment rubric for writing narrative paragraphs is 95 with a very valid category. (2) The validity of the assessment rubric for writing a descriptive paragraph is 96.25 with a very valid category. So, it can be concluded that the assessment rubric for writing narrative and persuasive paragraphs can be used to assess the results of learning to write paragraphs in Indonesian language learning.

KEYWORDS: narrative and description paragraphs; assessment rubric; validity


References


Alfianika, N, Atmazaki, dan Abdurahman (2014). Pengembangan model modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis investigasi kelompok (group investigation) pada materi menulis karangan ilmiah siswa kelas xi sma n 8 padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, Volume 2 Nomor 2,Juni 2014.

Arikunto, S. (1988). Penilaian program pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara.

Asrul, Rusydi, A, dan Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Cita Pustaka. Media: Bandung.

Ayuningrum, D. (2016). Isolation and characterisation and antagonistic activity of bacteria symbionts hardcoral pavona sp. Isolated from panjang island, jepara against infectious multi-drug resistant (mdr) bacteria. Journal 2nd International Conference on Tropical and Coastal Region Eco Development.

Kamaruddin, A. (2014). Akuntansi manajemen. Edisi revisi. Cetakan. Kesembilan Jakarta: Rajawali Pers.

Khoirul, B dan Supahar. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis stem. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 22, No 2, Desember 2018(219-230)

Kurniawan, (2013). Pengaruh kompetensi pedagogik, dan kompetensi professional. Guru. Universitas Pendidikan Indonesia: Pustaka Belajar.

Mahirah, (2017). Evaluasi belajar peserta didik. Jurnal Idarah.Vol 1, No 2, Hal: 258.

Mahmudi, I. (2018). Rubrik analitik penilaian hasil belajar praktik pendidikan agama islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, P-ISSN : 2599-1671, E-ISSN : 2599-168X

Matondang, Z. (2009) validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa Pps Unimed Vol.6 No.1, Juni 2009

Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), pasal 43 ayat.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Standar Kompetensi Guru.

Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. (2012). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas iv sekolah dasar di kabupaten klaten. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231-242.

Semi, M, A. (2003). Menulis efektif. Padang: Angkasa Raya.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, Vol. 16 No. 2.

Setyawati, R, D, Nurina, H , dan Yanuar, H,R. (2017). Instrumen angket self-esteem mahasiswa ditinjau dari validitas dan reliabitas. Phenomenon. Jurnal Phenomenon, 2017, Vol. 07 (No. 2), pp. 174-186

Sudjana, N (2004). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugono, D. (20080. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suparmin, Usman, A, B, Ahmad, F. (2012). Validitas, reliabilitas, dan kepraktisan ujian melalui observasi dan bentuk lisan bagi kelas besar pada prodi pai fakultas tarbiyah dan bahasa IAIN Surakarta. Jurnal Kodifikasia, Volume 6 No. 1 Tahun 2012.

Suratinah, T. (2001). Anak super normal dan program pendidikannya. Jakarta: Bina aksara.

Suryabrata, S. (2000). Pengembangan alat ukur psikologis. Yogyakarta: Andi.

Yuniarti, N dan Soenarto (2016). Validitas konstrak instrumen evaluasi outcome lembaga pendidikan guru vokasional. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 20, No 2, Desember 2016(221-233).

Zainuddin, dkk (2012). Pengembangan modul fisika bumi-antariksa untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan fisika fkip unlam. Jurnal Pendidikan Fisika, (Online), Jilid. 27, No. 1,




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i2.5592



Copyright (c) 2022 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]