PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MELALUI LESSON STUDY KOLABORATIF

Ribut Wahyu Eriyanti, Yus Mocamad Cholily, Abdulkadir Rahardjanto, Masduki Masduki, Andriyana Andriyana

Abstract


ABSTRAK: Perkembangan teknologi di era revolusi industry 4.0 ditandai dengan diterapkannya teknologi digital dan kecerdasan artifisial dalam berbagai sektor kehidupan manusia. Kondisi tersebut dipercepat oleh munculnya pandemi covid-19 yang secara tiba-tiba dan penyebarannya sangat cepat. Dalam bidang pendidikan diterapkan kebijakan pembelajaran dilaksanakan dari rumah. Kebijakan tersebut menimbulkan respon yang bervariasi oleh guru, terutama yang belum menguasai teknologi komunikasi dan informasi (TIK) untuk pembelajaran. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kreativitas guru dalam pemanfaatan media digital untuk meningkatkan capaian pembelajaran siswa dalam pembelajaran daring (online). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menerapkan lesson study di satu sekolah.  Subjek penelitian ini guru matapelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Biologi. Data penelitian ini berupa tuturan dan perilaku guru dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan studi dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melaksanakan lesson study, guru-guru menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran digital untuk meningkatkan capaian pembelajaran siswa. Guru-guru dapat memilih dan memanfaatkan sumber belajar yang tersedia di internet, mampu memanfaatkan media pembelajaran media internet melalui platform google classroom, google meet, google form, dan google drive, zoom meeting, youtube, dan whatsapp sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik bahan ajar, dan sesuai dengan kondisi kemampuan siswa. Guru-guru juga kreatif memanfaatkan google form untuk melaksanakan penilaian pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran yang dilaksanakan guru menjadi bervariasi dan memudahkan siswa untuk melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (online).  Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk terus melaksanakan lesson study kolaboratif untuk meningkatkan profesionalitasnya secara berkelanjutan.

KATA KUNCI: inovasi pembelajaran; kreativitas; media digital; google classroom; google form.

 

IMPROVEMENT OF TEACHER CREATIVITY IN THE UTILIZATION OF DIGITAL LEARNING MEDIA  THROUGH COLLABORATIVE LESSON STUDY

 

ABSTRACT: Technological developments in the era of the industrial revolution 4.0 are marked by the application of digital technology, artificial intelligence in various sectors of life. This condition was accelerated by the COVID-19 pandemic which came suddenly and spread very quickly. In the field of education, learning is carried out from home. The policy elicited varied responses from teachers, especially those who had not mastered communication and information technology (ICT) for learning. This paper aims to describe the increase in teacher creativity in the use of digital media to improve student learning outcomes in online learning. The method used is classroom action research by applying lesson study in one Islamic senior high school or known as Madrasah Aliyah. The subjects of this study were teachers of Indonesian, Mathematics, and Biology subjects. The data of this research are in the form of teacher's speech and behavior in learning. Data was collected through learning observation methods and documentary studies. The results of this study indicate that by implementing lesson study, teachers become more creative in utilizing digital learning media to improve student learning outcomes. Teachers can choose and take advantage of learning resources available on the internet, able to use internet media through the google classroom platform, google meet, google form, and google drive, zoom meeting, youtube, and WhatsApp according to learning objectives, characteristics of teaching materials, and in accordance with student abilities. Teachers are also creative in using google forms to carry out learning assessments. Thus, the learning carried out by the teacher becomes varied and makes it easier for students to carry out online learning. Based on the results of this study, it is recommended that teachers continue to carry out collaborative lesson studies to improve their professionalism on an ongoing basis.

KEYWORDS: learning innovation; creativity; digital media; google classroom; google forms.

References


Agrasadya, A., Sunarto, A., Kencana, P. N., Munadjat, B., & Sicillia, M. (2020). Membangun karakteristik peserta didik di era Revolusi Industri 4.0 yang dilandasi dengan Imtaq. Jurnal Lokabmas Kreatif : Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 1(2). https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v1i2.p56-61.6375

Arianto, A. (2018). Model Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyinak dan Berbicara. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 48.

Azzahra, R. (2017). Analisis Pembuatan Video Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pembelajaran Menyimak 0leh Mahasiswa Kelas A Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Khairun Ternate. Widyabastra, 05(1).

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. In Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.

BNSP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Dipendiknas.

Burns, A. (n.d.). Doing Action Research in Eng Lang Teaching. https://doi.org/10.1016/j.system.2010.06.005

Cholily, Y. M. dkk. (n.d.). Google Apps & E- Learning.

Coenders, F., & Verhoef, N. (2019). Lesson Study: professional development (PD) for beginning and experienced teachers. Professional Development in Education, 45(2). https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1430050

Damanik, F. N. S. (2012). Menjadi Masyarakat Informasi. JSM (Jurnal SIFO Mikroskil), 13(1), 73–82.

Darojat, O. D. (2019). Pendidikan Jarak Jauh: Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia; Buku Orasi Ilmiah. In Vokasi.Ui.Ac.Id (p. 20). http://vokasi.ui.ac.id/web/wp-content/uploads/2019/07/buku-orasi-ilmiah_A5.pdf

Ellitan, L. (2020). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657

Faulinda, E. N., & Aghni Rizqi Ni’mal, ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631–6638. https://doi.org/10.35940/ijrte.d8855.118419

Fujiastuti, A., Wulandari, Y., & Suwartini, I. (2019). Pengembangan Media Flash Berbasis Komik Dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Rakyat. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3). https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.12914

Hrastinski, S. (2021). Digital tools to support teacher professional development in lesson studies: a systematic literature review. International Journal for Lesson and Learning Studies, 10(2). https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2020-0062

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1). https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842

Laksono, K. (2018). Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Satgas GLS Ditjen Dikdasmen Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–51. http://repositori.kemdikbud.go.id/11419/1/15. Modul Literasi.pdf

Lase, D. (2019). Education and Industrial Revolution 4.0. Handayani Journal PGSD FIP Unimed, 10(1). https://doi.org/10.24114/jh.v10i1.14138

Lestari, S., & Santoso, A. (2019). The Roles of Digital Literacy, Technology Literacy, and Human Literacy to Encourage Work Readiness of Accounting Education Students in the Fourth Industrial Revolution Era. KnE Social Sciences, 3(11), 513. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4031

M. EL HADI, M. (2017). What are the 21st-Century Skills Every Student Needs? مجلة الجمعیة المصریة لنظم المعلومات وتکنولوجیا الحاسبات, 18(18), 12–12. https://doi.org/10.21608/jstc.2017.117920

Melati, H. A., Junanto, T., & Lestari, I. (2014). Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran English for Chemistry I. Seminar Nasional, 72–84.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Novita, Y., Cantika, A., & Afnita, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Dongeng Berbasis Strategi Metakognitif Siswa Smpn 1 Tarusan Kelas Vii. Caraka, 6(1), 72. https://doi.org/10.30738/.v6i1.6592

Ogegbo, A. A., Gaigher, E., & Salagaram, T. (2019). Benefits and challenges of lesson study: A case of teaching physical sciences in South Africa. South African Journal of Education, 39(1). https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1680

Rochintaniawati, D., Riandi, R., Kestianty, J., Kindy, N., & Rukayadi, Y. (2019). The analysis of biology teachers’ technological pedagogical content knowledge development in lesson study in West Java Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19303

Simsek, E., & Simsek, A. (2020). New Literacies for Digital Citizenship. Contemporary Educational Technology, 4(2). https://doi.org/10.30935/cedtech/6097

Sudrajat, A. (2008). Tiga Karakter Utama Revolusi Industri 4.0. Https://Akhmadsudrajat.Wordpress.Com/2008/02/22/Lesson-Study-Untuk-Meningkatkan-Pembelajaran/.

Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–21.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 102. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Tate, G. (2002). Teaching writing: landmarks and horizons. 333(October 2009), 301. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/j.tree.2013.01.009

Tovani, C. (2000). I Read It, but I don’t get it: comprehension strategies for adolescent readers. http://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=awCIngtgu4oC&pgis=1

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Universitas Negeri Makassar.

Yi Min Lim, D., Yap, C. E. L., & Lee, J.-J. (2021). Datastorming: Crafting data into design materials for design students creative data literacy. 13th Conference on Creativity and Cognition, C and C 2021. https://doi.org/10.1145/3450741.3465246

Yoko. (2019). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 (Vol. 1).

Zubaidah, S. (2010). Lesson Study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesonalisme Guru. Pendidikan Dan Pelatihan Nasional, 1–14.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.5724



Copyright (c) 2022 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]