PENGARUH MEDIA ANIMASI DAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP KATOLIK RAJAWALI MAKASSAR

Priskilia Ratu Maraya, Ramly Ramly, Sulastriningsih Djumingin

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan hasil belajar menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Katolik Rajawali dengan memanfaatkan media animasi. (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Katolik Rajawali dengan memanfaatkan media video. (3) Membuktikan ada atau tidaknya pengaruh media animasi atau video terhadap pembelajaran menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Katolik Rajawali. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Katolik Rajawali yang berjumlah 246 siswa yang tersebar ke dalam enam kelas. Mulai dari kelas VII S, VII T, VII U, VII V, VII W, VII X. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen pada kelas VII V dan kelas kontrol pada VII U yang dipilih secara random atau acak. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menulis cerita fantasi kelas VII V SMP Katolik Rajawali dengan menggunakan media animasi termasuk kategori sangat tinggi pengaruhnya dengan nilai rata-rata 87; (2) pembelajaran menulis cerita fantasi kelas VII U SMP Katolik Rajawali dengan menggunakan media video termasuk kategori sangat berpengaruh dengan nilai rata-rata 87; (3) media animasi dan video sangat berpengaruh dalam pembelajaran menulis cerita fantasi kelas VII SMP Katolik Rajawali. Hal ini dibuktikan dengan uji-t pada kelas eksperimen nilai signifikansi adalah 14,678 > ttabel = 1,99. Jadi, H1 diterima dan H0 ditolak, ada perbedaan yang signifikan posttest pada kelas eksperimen. Pada kelas kontrol diperoleh thitung = 14,238 > ttabel = 1,99. Jadi, H1 diterima dan H0 ditolak.

 

KATA KUNCI: Media animasi, menulis cerita fantasi, pengaruh, video 

 

 

THE EFFECT OF ANIMATION AND VIDEO MEDIA IN WRITING FANTASY STORIES AT THE 7TH GRADE STUDENTS OF SMP KATOLIK RAJAWALI MAKASSAR

ABSTRACT: This study aims to (1) describe the results of learning to write fantasy story texts for the seventh grade students of Rajawali Catholic Junior High School by using animation media. (2) Describe the learning outcomes of writing fantasy story texts for the seventh grade students of Rajawali Catholic Junior High School by using video media. (3) prove whether or not there is an influence of animation or video media on learning to write fantasy story texts for the seventh grade students of Rajawali Catholic Junior High School. The population of this research is the entire seventh grade students of Rajawali Catholic Junior High School, totaling 246 students which are divided into six classes. Starting from class VII S, VII T, VII U, VII V, VII W, VII X. The samples in this study were the experimental class in class VII V and the control class in VII U which were chosen randomly. The instrument used is a test instrument. The research data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed that: (1) learning to write fantasy stories for class VII V of Rajawali Catholic Junior High School by using animation media was in the category of very high influence with an average score of 87; (2) learning to write fantasy stories for class VII U of Rajawali Catholic Junior High School by using video media is categorized as very influential with an average score of 87; (3) animation and video media are very influential in learning to write fantasy stories for class VII Rajawali Catholic Junior High School. This is evidenced by the t-test in the experimental class, the significance value is 14.678 > ttable = 1.99. So, H1 is accepted and H0 is rejected, there is a significant difference in the posttest in the experimental class. In the control class obtained tcount = 14,238 > ttable = 1,99. So, H1 is accepted and H0 is rejected.

 

KEYWORDS: Animated media,  influences, videos, writing fantasy stories

References


Akhadiah, Subarti. dkk.1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsini. 2006. Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Asep Ganda Sadikin. 2016. Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Bandung: Grafindo Media Pratama

Brown, H. Douglas. 2008. Terjemahan Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa (edisi kelima). Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Curriculum Planning and Development Division. (2007). Literature in English, teaching syllabus. Ministry of Education: Singapor.

Dalman, 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM

Dola, Abdullah. 2007. Apresiasi Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Evelin, Salam. 2015. Keefektifan Penggunaan Media Animasi Pasir dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMPN 9 Bulukumba. Tesis: UNM

Fadly, Akbar. 2017. Keefektifan Media Animasi Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Anak-Anak Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Tesis: UN

Furoidah, (2009), Animasi Sebagai Media Pembelajaran. Surabaya: Mentari Pustaka.

Hamalik, O., 2015. Kurikulum dan Pembelajaran (cetakan kelima belas). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka. Cipta

Indriani, M.S., 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Cerita. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya 14, 56–64.

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih 2018. Buku Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Pontianak: Yrama Widya.

Lestari, P, Peping; Ernalida. Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Ulang Biograffi Siswa Kelas XI SMA Srijaya Negara Palembang. 2019. PhD Thesis. Sriwijaya University

Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mayer, R. E. &Moreno, R. (2002). Animation As an Aid to Multimedia Learning. Educational Psychology Review; 14,1: 87-99.

Mtholib. 2007. Pengertian Animasi. Artikel, (http://mtholib.wordpress.com/2007/08/21pengertian-animasi)

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi, dkk. 2020. Piawai Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Prasetyo, Bismo, Imam. Pengembangan Media Video Animasi untuk Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2017, 6.2: 41-47.

Priyanto, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesias Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sadiman, Arief. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. D. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A., 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Suryaman, M., 2010. Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Presented at the Makalah disajikan dalam Workshop Pengembangan Kompetensi Guru SMK, Yogyakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa Bandung.

Utama, D.C., n.d. Akhadiah, Subarti. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v18i2.5838



Copyright (c) 2022 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]