PRODUK TUTUR ANAK REMAJA USIA 18 TAHUN DENGAN KELAINAN DENGAR KONDUKTIF

Marti Marganingsih, Odien Rosidin

Abstract


ABSTRAK: Proses tutur bahasa seseorang akan berjalan baik dan lancar jika berbagai organ yang terdapat pada tubuhnya dalam kondisi normal. Gangguan pendengaran sebagai salah satu faktor yang dapat menyebabkan terhambatnya proses komunikasi seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berbicara anak remaja yang mengalami kelainan dengar konduktif dan menjelaskan kesalahan pengucapan kata maupun kalimatnya. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif  deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode merekam, menyimak dan mencatat. Teknik catat merupakan cara lanjutan yang dilakukan saat menerapkan metode simak. Di saat melakukan teknik rekam, peneliti melakukan teknik simak- catat.  Subjek penelitian yaitu anak remaja usia 18 tahun. Pada penelitian ini, produk tutur yang dihasilkan mengalami hambatan yaitu terdapat 5 substitusi, 3 adisi, 2 distorsi, 2 pemanjangan, dan 6 omisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak remaja yang mengalami kelainan mendengar konduktif mampu melafalkan kata dan kalimat dengan cukup baik meskipun dengan suara sengau. Terjadi gangguan artikulasi di antaranya substitusi yaitu terjadinya penggantian fonem, omisi yaitu terjadinya penghilangan fonem, distorsi yaitu terjadinya kekacauan pengucapan, dan adisi yaitu terjadinya penambahan fonem. Persamaan dengan penelitian sebelumnya bahwa aspek omisi atau penghilangan banyak ditemukan juga pada penelitian ini. Sedangkan kebaruan pada penelitian ini adalah ditemukannya aspek pemanjangan.

KATA KUNCIproduk tutur; fonologi; artikulasi; kelainan dengar

 

SPEAKING PRODUCTS FOR ADOLESCENTS WITH CONDUCTIVE HEARING DISORDERS

 

ABSTRACT: A person's speech process will run well and smoothly if the various organs in his body are in normal condition. Hearing loss is one of the factors that can cause delays in a person's communication process. This study aims to describe the speaking ability of adolescents with conductive hearing disorders and to explain the mispronunciation of words and sentences. This study uses a descriptive qualitative approach with a case study approach. The method used in this research is the method of recording, listening and taking notes. The note-taking technique is an advanced method used when applying the listening method. When doing the recording technique, the researcher uses the note-taking technique. The research subjects were 18 year old teenagers. In this study, the resulting speech product experienced obstacles, namely there were 5 substitutions, 3 additions, 2 distortions, 2 elongations, and 6 omissions. The results showed that adolescents with conductive hearing disorders were able to pronounce words and sentences quite well even though they had a nasal voice. There are articulation disorders, including substitution, namely the replacement of phonemes, omission, which is the omission of phonemes, distortion, namely the occurrence of pronunciation confusion, and addition, namely the addition of phonemes. Similarities with previous research that aspects of omissions or disappearances were also found in this study. While the novelty of this research is the discovery of the aspect of prolongation.

KATA KUNCI: speech product; phonology; articulation; disorder


References


Andriyana, A. (2020). Analisis Gangguan Fonologi Dan Variasi Pelafalan Fonem/R/Pada Penderita Cadel. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 16(2), 57-64.

Anggaira, A. S. (2016). Pemerolehan fonologi dan metatesis: Studi kasus pada anak usia 2 tahun 10 bulan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 16(2), 213-224.

Cahyantini, I. D., Supriyana, A., & Putradi, A. W. A. (2018). Gangguan Fonologi pada Anak Penyandang Afasia Perkembangan di Klinik Bina Wicara Jakarta: Kajian Neurolinguistik. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 35-47.

Fadhilasari, I. (2022). GANGGUAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGIS PADA TUTURAN PENDERITA STROKE ISKEMIK: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 152-165.

Hayati, R. (2022). Pengertian Studi Kasus, Jenis, Tujuan, dan Contohnya. https://penelitianilmiah.com/studi-kasus/ diakses pada 11 Juli 2022.

Indah, Nurrohmani I. (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. Malang: UIN Maliki Press (Anggota IKAPI).

Kuntarto, E. (2017). Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Sangaji, Supiah S D. “Apa itu gangguan artikulasi?”, https://www.sehatq.com/forum/apa-itu-gangguan-artikulasi, diakses pada 21 Mei2022 pukul 7.20.

Prasetiawan, D. (2017). Pemerolehan bahasa pada anak suku Sasak dalam perspektif Psikolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 72-80.

Putriani, I. (2016). Teknik Simak dan Teknik Cakap. http://teknikcakap dansimak.blogspot.com/2016/03/teknik-simak-dan-cakap-metoba.html diposting 24 Mare2016.

Susanti, M. (2015). Gangguan Fonologi Bahasa Anak Studi Kasus Pada Alvin. Perpustakaan Universitas Pasundan: Bandung Jawa Barat.

Suharti, S., dkk. (2021). Kajian Psikolinguistik. Aceh: Yayasan penerbit Muhammad Zaini.

Sundari, H. (2016). Pengaruh input bahasa orang tua terhadap kompleksitas bahasa anak: studi kasus pada anak usia 5 tahun melalui interactive shared reading. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 110-121.

Triadi, B. R. dan Emha, J. R. (2021).

Fonologi Bahasa Indonesia.

Pamulang: Unpam Press.

Ting, Y. (2011). Bunyi Konsonan Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin: Analisis Kontrastif. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 7(2), 126-136.

Ulfa, Maria. (2020). Disartria Gangguan

Berbicara. Bengkulu: Penerbit

Elmarkazi Anggota IKAPI.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.5910



Copyright (c) 2023 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]