PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PENGAJARAN SASTRA

rahma dewi, nursalim nursalim, aida farida, isma ayurani, ahmad syukri sitorus

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini membahas tentang pembentukan karakter siswa Sekolah Dasar (SD) dengan pengajaran sastra. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami siswa pada saat ini, yaitu terkait dengan menurunnya moral, kreativitas serta interaksi siswa baik di lingkungan sekolah dan masyarakat. Langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah penguatan pemahaman siswa terkait pengajaran sastra tersebut mempunyai muatan kajian antara manusia dengan lingkungan kehidupannya. Hal tersebut tentutnya ditanamkan sejak siswa masih duduk di bangku pendidikan Sekolah Dasar (SD). Adapun bentuk langkah-langkah yang harus di pahami tersebut adalah, (1) Pengaplikasian pembentukan karakter siswa SD, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga, (2) Pengaplikasian pengajaran sastra siswa SD, dan (3) optimalisasi pembentukan karakter siswa SD dengan pengajaran sastra. Dengan memahami pelaksanaan tersebut, maka diharapkan terciptanya kehidupan siswa yang berkarakter, sehingga generasi yang berkarakter tersebut dapat membangun bangsa pada kehidupan yang lebih baik.

KATA KUNCI: Pembentukan Karakter, Siswa Sekolah Dasar, Pengajaran Sastra.

 

CHARACTER ESTABLISHMENT OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS WITH LITERATURE TEACHING

 

ABSTRACT: This study discusses the character building of elementary school students by teaching literature. This is motivated by the problems experienced by students at this time, which is related to the decline in morale, creativity and student interaction both in the school environment and in the community. The steps that can be taken are strengthening students' understanding regarding the teaching of literature that has a study content between humans and their environment. This is of course instilled since students are still sitting on the elementary school (SD) education bench. The forms of the steps that must be understood are, (1) the application of character building for elementary school students, both in the formal education environment and in the family environment, (2) the application of teaching literature to elementary school students, and (3) optimizing the character formation of elementary school students by literature teaching. By understanding this implementation, it is hoped that the life of students with character will be created, so that a generation with such character can build the nation for a better life.

KEYWORDS: Character Building, Elementary School Students, Literature Teaching.

References


Armia & Nursalim. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Indo-nesia. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (November), 5(2), 19-27.

Artika, I Wayan. (2015). Teori dalam Pengajaran Sastra. Prasi: Jurnal Bahasa, seni, dan Pegajarannya. (Januari-Juni), 10(19), 18-27.

Burhan, Nurgiyantoro. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE.

Herfanda, Ahmadun Y. (2018) Membentuk Karakter Siswa Dengan Pengajaran Sastra. Jurnal Tuturan 1(1), 1-13.

Huck, Charlotte. dkk. (1987). Children Literature in the Elementary School, Chicago: Rand McNally College Publishing Company.

Isnanda, R. (2015). Peran Pengajaran Sastra dan Budaya dalam Pe-mbentukan Karakter Siswa Se-kolah Dasar. Jurnal Gramatika: Jurnal pe-nelitian bahasa dan sastra Indonesia. 1(2), 174-182.

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Ke-terampilan Bersastra. Bandung: Yrama Wedy.

Mulyasa, E.(2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Norton, Donna E. 1988). Through the Eyes of a Child: An Introduction to Children Literature, Columbus: Charles Merrill Publishing.

Oemarjati, Boen S. (2006). Pengajaran Sastra pada Pendidikan Menengah di Indonesia: Quo Vadis. Susastra 3. Jakarta: HISKI, 2(3).

Putra, E., & Nursalim. (2021). Pengajaran Sastra di Madrasah Ibtidaiyah. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 7(1), 83-92.

Saiman. (2008) “Mengekspresikan Diri Lewat Puisi”, Jakarta: Horison, XLIII, No. 8/ Agustus.

Saryono, Djoko. (2009). Dasar Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.6207



Copyright (c) 2024 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]