MENULIS TEKS DESKRIPSI BERTEMAKAN LINGKUNGAN SOSIAL

Risnandar Sudarman, Gusti Yarmi, Siti Ansoriyah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembelajaran menulis teks deskripsi bertemakan lingkungan sosial di kelas V sekolah dasar. Menulis sebagai salah satu wujud penggunaan bahasa dengan bermediakan bahasa tulis. Untuk itu, belajar menulis suatu belajar berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tulis, sehingga menulis suatu kemampuan seseorang menuangkan hasil pikirannya menjadi suatu ungkapan dan perasaan dituangkan dalam bentuk tulisan. Teks deskripsi sebagai suatu untuk menggambarkan, melukiskan dan mendeskripsikan objek dengan kata-kata. Lingkugan sosial sebagai suatu faktor individu (peseta didik) dalam menuangkan gagasan atau ide kedalam bentuk tulisan. Menulis teks deskripsi bertemakan lingkungan sosial dipandang sebagai pembelajaran berbahasa diajarkan dan dilatihkan untuk menghasilkan bahasa tulis, sehingga pembelajaran menulis menjadi penambahan pengetahuan, pembentukan sikap dan pengembangan keterampilan pada aktivitas ruang maupun waktu. Metode penelitian ini menggunakan sistematika literature review. Sebanyak 25 jurnal direview, dari empat database dicari untuk pembelajaran menulis di sekolah dasar, pembelajaran bahasa berbasis genre teks, menulis teks deskripsi, lingkungan sosial dan model pembelajaran. Hasil review ini akan memberikan informasi tentang menulis teks deskripsi bertemakan lingkungan sosial di kelas V sekolah dasar, sehingga dapat mengembangkan pembelajaran apa saja dapat dikembangkan dalam konteks pembelajaran menulis di sekolah dasar.

KATA KUNCI: Pembelajaran Menulis; Teks Deskripsi; Lingkungan Sosial; Model Pembelajaran

 

WRITE SOCIAL ENVIRONMENT-THEMED DESCRIPTION TEXTS

 

ABSTRACT: Study this aim for explain learning write text description themed social environment in grade V elementary school. Write as one form use language with mediate language write. For that, learn write something study communicate with use language write so that write something ability somebody pour results his mind Becomes something expressions and feelings poured in written form. Description text as something for describe, describe and describe object with words. environment social as something factor individuals (students) in pour idea or ideas in written form. Write text description themed environment social seen as learning speak taught and trained for produce language write, so that learning write as addition knowledge, formation attitude and development skills on activity room nor time. Method study this use systematic literature review. As much 25 journal reviewed, from four databases searched for learning writing at elementary school, learning language text based genre, writing text description, social environment and learning model. The results of this review will provide information about writing descriptive texts with the theme of social environment in grade V elementary school, so that any kind of learning can be developed in the context of learning to write in elementary school.

KEYWORDS: Writing Learning; Description Text; Social environment; Learning model

 


References


Akhyar, F. (2019). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya Di Era Digital,” 77–90.

ALJATILA, L. O. R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kulisusu Barat. Humanika, 3(15).

Amanda, S. (2018). Metafungsi Bahasa Dan Genre Pada Pidato Walikota Tanjungbalai. 5(3), 878–888.

Ariyanfar, S., & Mitchell, R. (2020). Teaching Writing Skills through Genre : Applying the Genre-based Approach in Iran. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(1), 242–257.

Ahmad, Susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Agung Tri Haryanta. 2012. Kamus Kebahasaan dan Kesusastraan. Surakarta: Aksara Sinergi.

Britton, G. 1995. Structure and properties of carotenoids in relation to function. The FASEB Journal, 9 : 1551-1558.

Chen, Y. C., Hand, B., & Mcdowell, L. (2013). The effects of writing-to-learn activities on elementary students’ conceptual understanding: Learning about force and motion through writing to older peers. Science Education, 97(5), 745–771. https://doi.org/10.1002/sce.21067

Dastgeer, G., & Afzal, M. T. (2015). Improving English Writing Skill: A Case of Problem Based Learning. American Journal of Educational Research, 3(10), 1315–1319. https://doi.org/10.12691/education-3-10-17

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 19–25.

Dhiya’ulhaq, R. (2019). Urgensi Model Menulis Berbasis Genre Pada Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar. 1415–1426.

Dirgeyasa, I. W. (2016). Genre-Based Approach : What and How to Teach and to Learn Writing. English Language Teaching, 9(9), 45–51. https://doi.org/10.5539/elt.v9n9p45.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Emig, J. 1977. The Composing Processes of The Twelfth Graders. Urban

Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Gunadi, A. A. (2017). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Imajinasi Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1215.

Galbraith, D. 1999. Writing as a knowledge-constituting process. In D. Galbraith & M. Torrance (Ed.), Knowing what to write: Conceptual processes in text production (pp. 139 – 159). Amsterdam: Amsterdam University Press

Graves, D. H.1975. An examination of the writing process of seven-year-old children. Research in The Teaching of English, 9, 227-41.

Gerot, Linda dan Peter Wignell. 1995. Making Sense of Functional

Grammar. Australia: Gerd Stabler Antipodean Educational Enterprises.

Hyland, K. 2004. Genre And Second Language Writing. State Of America: University Of Michagan Press.

Hyland, K. (2004). Diskursus disipliner, Michigan classics ed.: Interaksi sosial dalam penulisan akademik. Michigan: Pers Universitas Michigan. https://doi.org/10.3998/mpub.6719

Hyland, K. (2007). Pedagogi Genre: Bahasa, literasi dan instruksi menulis L2. Jurnal Penulisan Bahasa Kedua, 16(3), 148-164. https:// doi.org/10.1016/j.jslw.2007.07.005.

Halliday dan Ruqaiya Hasan. 1992. Bahasa Konteks dan Teks. Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. (edisi terjemahan oleh Asrudin Barori Tou) Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hakim, A. 1993. Karangan Deskripsi. Bandung: Angkasa.

Hadyanti, P. T. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis Permulaan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 886–893.

Halidjah, S. (2018). Implementasi Pendekatan Proses dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek. Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 31–40.

Hermaditoyo, S. (2018). Teks deskriptif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 267–273.

Hermansson, C., Jonsson, B., Levlin, M., Lindhé, A., Lundgren, B., & Shaswar, A. N. (2019). The (non) Effect of Joint Construction in a Genre Based Approach to Teaching Writing. The Journal of Educational Research, 112(4), 483–494. https://doi.org/10.1080/00220671.2018.1563038

Herwanis, D., & Susidamaiyanti. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Berbahasa Inggris Melalui Teknik Clustering Pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris Di Stain Gajah Putih Takengon. Jurnal As-Salam, 4(2), 216–230. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.185

Hijria, F. R., & Damayanti, M. I. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi di Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–9.

Imawati, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. E-Jurnal Literasi, 1(1), 53–63.

Indihadi, D. (2018). Pembelajaran Menulis Berbasis “Brainstorming” Dian. Indonesian Journal of Primary Education Pembelajaran, 2(2), 90–95.

Kasupardi, E. (2012). Model Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Lingkungan. Semantik, 1(1), 1–14.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra ( BASASTRA ) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81–97.

Kusniarti, T., Mujianto, G., & Sudjalil. (2016). Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 2(1), 309–318.

Kosasih, E. 2020. 22 Jenis Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI. Bandung: Yrama Widya.

Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah.

Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Kristiyani, Ary. 2016. Teks Deskripsi Berbasis Pendekatan Kontekstual. Yogyakarta:_____.

Littlejohn, A. 2005. Writing students book 2. Cambridge: Cambridge University Press.

Lin, L. (2015). The impact of problem-based learning on Chinese-speaking elementary school students ’ English vocabulary learning and use. System, 55, 30–42. https://doi.org/10.1016/j.system.2015.08.004

Lo, Y. Y., & Jeong, H. (2018). Impact of genre-based pedagogy on students ’ academic literacy development in Content and Language Integrated Learning ( CLIL ). Linguistics and Education, 47, 36–46. https://doi.org/10.1016/j.linged.2018.08.001

Lunenburg, F. C., & Lunenburg, M. R. (2014). Teaching Writing in Elementary Schools : Using the Learning-to-Write Process. International Journal of Education, 2(1), 1–27.

Lusita, J., & Emidar. (2019). Struktur Dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 30 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 113–120.

Mahmud, H. (2017). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP, 1(2), 32–46.

Maner, F., Halidjah, S., & Abdussamad. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Pemanfaatan Lingkungan sebagi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4), 1–10.

Meimudayanti, L., & Rukmi, A. S. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–12.

Muliawatia, H., Nurzamana, B., & Oktaviania, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Indonesian Language Education and Literature, 3(2), 157–170. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i2.1844

Mursal, & Ramadhan, S. (2018). Development Of Writing Learning Model Using Process Approach In Class III Elementary School. International Conference on Language, Literature, and Education, 263((ICLLE), 106–110.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Martin, J. R. 1992. English text: system and structure. Amsterdam: John Benjamins Publishing.

Mc Crimmon, James M. 1984. Writing With a Purpose. Boston: Houghton Mifflin Company.

Napitupulu, dkk. 2010, Pemahaman Genre Dalam Keterampilan Menulis Mahasiswa Bahasa Inggris. FKIP UNIVERSITAS HKBP Nomenensen Medan. Jurmal VISI.18.3 hlm. 314-328.

Nurwardani, Paristiyanti, dkk. 2016. Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud.

Nagao, A. (2018). A Genre-Based Approach to Writing Instruction in EFL Classroom Contexts. English Language Teaching, 11(5), 130–147. https://doi.org/10.5539/elt.v11n5p130

Ningsih, N. M. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik. Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 31–42.

Nugroho, S. A., Sutaryadi, & Widodo, J. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Penugasan dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2(2), 1–9.

Nuryani, K. E. S. (2016). Pengembangan Siswa Melalui Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 6(1), 54–67.

Pham, V. P. H., & Bui, T. K. L. (2021). Genre-based Approach to Writing in EFL Contexts. World Journal of English Language, 11(2), 95–106. https://doi.org/10.5430/wjel.v11n2p95

Pitaloka, T., Purnamasari, I., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kesalahan Ejaan pada Penyusunan Karangan Teks Deskripsi Sekolah Dasar. Journal of Primary and Children’s Education, 2(1), 10–17.

Purwo, Bambang Kaswanti. 2013. “Kurikulum Bahasa Indonesia”. Surat Kabar Harian Kompas, 20 Maret 2013.

Parera, Daniel. 1981. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Pesona, 3(2), 156-162. doi: 10.26638/jp.444.2080.

Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud No. 24 Tahun 2016

Qur’ani, hidayah budi, Anggraini, P., & Widodo, J. (2018). Pembelajaran Menulis Kreatif Dengan Menggunakan Model Sinektik Berbasis Lingkungan Sosial Di Sma Islam Kota Batu. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(2), 51–56.

Ragilia, N., Ambarita, A., & Rusminto, N. E. (2018). Development of Problem Based Learning Model Learner Worksheet To Improve Critical Thinking Ability. Journal of Research & Method in Education, 8(1), 65–72. https://doi.org/10.9790/7388-0801046572

Ramadhan, S., Asri, Y., & Indriyani, V. (2018). Learning Module Design Writing Argumentative Text Based Problem-Based Learning. International Conference on Language, Literature, and Education, 263((ICLLE), 194–200.

Rasyidi, Waini. (2000). Eksistensi Ilmu Pendidikan. (Makalah). Bandung: Tidak Diterbitkan.

Rusman. 2009. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ruby and Diamond. (2001). Writing and Grammar. New Jersey: Prentice Hall. Sudijono.

Saputra, E. (2014). Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia. AL – IRSYAD, 4(1), 70–89.

Sarwat, S., Ullah, N., Anjum, H. M. S., & Bhuttah, T. M. (2021). Problems and Factors affecting students English writing skills at elementary level. XIlkogretim, 20(5), 3079–3086. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.05.332

Suhardiana, I. P. A. (2019). Pengaruh Teknik Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Bahasa Inggris Mahasiswa. Media Edukasi, 3(1), 11–20.

Suratmi. (2020). Mind and Map Method: Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa MTs Negeri 4 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 159–164. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-18

Susanti, N. D., & Mulyani. (2013). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar dengan Tema Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1–11.

Syafi’ie Iman. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Skinner, B. F. 1953. Science and Human Behavior. New York : Free Press.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudarman, Risnandar. 2018. Pendekatan Saintifik pada Kegiatan Menulis Teks Fiksi Sejarah di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi UPI: Tidak Diterbitkan.

Sinar, Tengku Silvana. 2010. Teori dan Analisis Wacana. Medan : Pustaka Bangsa Pers.

St.Y. Slamet. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Syatriana. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karan.

Suwarna, Dadan. 2012. Trik Menulis Puisi, Cerpen, Resensi Buku,

Opini/Esai. Tangerang: Jelajah Nusa.

Suratmi. (2020). Mind and Map Method: Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa MTs Negeri 4 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 159–164. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-18

Suhardiana, I. P. A. (2019). Pengaruh Teknik Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Bahasa Inggris Mahasiswa. Media Edukasi, 3(1), 11–20.

Sulastri, Eti. 2019. 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Cibubur: Guepedia.Com.

Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan Di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Di Sd, 1(1), 1–37. Http://Repository.Ut.Ac.Id/4122/1/Pdgk4403-M1.Pdf.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tompkins, et. al. 2002. Facilities Planning Second Edition. Jhon Willey and Sons Inc, New York.

Tompkins, Gail E. 1994. Teaching Writing : Balancing Process and Product. New York : Mac Millan College Publisher.

Troyan, F. J. (2016). Learning to mean in Spanish writing : A case study of a genre-based pedagogy for standards-based writing instruction. Foreign Language Annals, 49(2), 317–334. https://doi.org/10.1111/flan.12192

Ueasiriphan, T., & Tangkiengsirisin, S. (2019). The Effects of Genre- Based Teaching on Enhancement of Thai Engineers ’ Technical Writing Ability. International Journal of Instruction, 12(2), 723–738.

Ulfa, N., Amir, J., & Daeng, K. (2018). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Makassar Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Universitas Negeri Makassar, 1–9.

Venturaa, A. C., Scheuer, N., & Pozo, J. I. (2020). Elementary school children ’ s conceptions of teaching and learning to write as intentional activities. Learning and Instruction, 65, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.101249

Wibowo, I. S. (2017). Penilaian Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar. Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 310–328.

Widyastanti, M. Y., & Hariani, S. (2014). Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SDN Mojokumpul 1 Mojokerto. JPGSD, 2(3), 1–8.

Wulandari, G., & Indihadi, D. (2021). Analisis Teks Deskripsi melalui Media Gambar Tunggal di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2345–2354.

Wardiman, Artono, et.al. 2008. English in Focus: for Grade VIII Junior High School (SMP/MTS). Jakarta: Pusat Perbukuan.

Wiratno, Tri. 2018. Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiratno, T. 2003. Kiat menulis karya ilmiah dalam bahasa Inggris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiratno, T. 2009. Makna metafungsional teks ilmiah dalam bahasa Indonesia pada jurnal ilmiah: Sebuah analisis sistemik fungsional (Dissertation). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Yulmainar. (2016). Penggunaan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 65–72.

Zaenurrahman. 2011. Menulis Hingga Teori Hingga Praktek (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.6298



Copyright (c) 2023 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]