KETERAMPILAN BERPIKIR ARAS TINGGI ASESMEN STANDARDISASI PENDIDIKAN DAERAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Arifatul Hikmah, Ardhea Ayu Samhayatma, Muhammad Alfian Hermawan, Sarwiji Suwandi

Abstract


ABSTRAK: Pembelajaran kurikulum 2013 berorientasi pada ketercapaian kemampuan penguasaan kompetensi dan berpikir aras tinggi. Kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif dan kreatif merupakan suatu keterampilan berpikir aras tinggi atau Higher Order Thinking Skills. Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) merupakan salah satu asesmen yang digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi. ASPD dilakukan sebagai asesmen kelulusan pada peserta didik kelas 9 Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas butir soal HOTS soal ASPD mata pelajaran bahasa Indonesia Tahun 2021 di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Teori yang digunakan merupakan teori tingkat kognitif Anderson dan Krathwohl. Anderson dan Krathwohl membagi level kognitif menjadi 6 kategori. level C1 dan C2 merupakan level kognitif rendah atau LOTS, C3 merupakan level kognitif berpikir sedang atau MOTS, dan C4, C5, C6 merupakan level kognitif tinggi atau HOTS. Hasil penelitian dari 40 soal ASPD di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat disimpulkan (1) terdapat 9 butir soal LOTS, 8 butir soal MOTS, dan 23 butir soal HOTS; (2) soal HOTS yang berjumlah 23 butir terdiri atas 15 butir soal C4, 7 butir soal C5, dan 1 butir soal C6; dan (3) persentase soal HOTS dalam soal ASPD perlu ditingkatkan sebab ASPD harus mampu mengukur dan memberikan gambaran secara akurat kemampuan serta ketercapain kompetensi peserta didik.

KATA KUNCI: Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD); Higher Order Thinking Skills (HOTS); Penilaian.

 

HIGH ORDER THINKING SKILLS IN STANDARDIZATION ASSESSMENT

OF REGIONAL EDUCATION IN INDONESIAN LEASSONS

 

ABSTRACT: Curriculum 2013 learning is oriented to the achievement of the ability to master competence and high-level thinking. Critical, logical, reflective, metacognitive and creative thinking skills are Higher Order Thinking Skills. Assessment of Regional Education Standards (ASPD) is one of the assessments used to assess competency achievement. ASPD is carried out as a graduation assessment for grade 9 junior high school students. This study uses a qualitative research method with a content analysis approach. The purpose of this research is to describe the quality of HOTS question items about ASPD for the Indonesian language subject in 2021 in the Special Region of Yogyakarta. The theory used is Anderson's and Krathwohl's cognitive level theory. Anderson and Krathwohl divide the cognitive level into 6 categories. C1 and C2 levels are low cognitive levels or LOTS, C3 are moderate cognitive thinking levels or MOTS, and C4, C5, C6 are high cognitive levels or HOTS. The results of the research from 40 ASPD questions in the Special Region of Yogyakarta can be concluded (1) there are 9 LOTS items, 8 MOTS items, and 23 HOTS items; (2) 23 HOTS questions consisting of 15 C4 items, 7 C5 items, and 1 C6 item; and (3) the percentage of HOTS questions in ASPD questions needs to be increased because ASPD must be able to measure and provide an accurate description of students' abilities and competence achievements.

KATA KUNCI: Regional Education Standards Assessment (ASPD); Higher Order Thinking Skills (HOTS); Assessment.


References


Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Tresnayanti, P. I. (2017). Talking stick sebagai inovasi dalam aktivitas mengomunikasikan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 147-154.

Aji, U. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 377. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7440

Anderson, L. W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning. Teaching, and Assesing; A revision of Bloom's Taxonomy of Education.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D, R., (2017) Kerangka Landasan untuk. Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Aviory, K., & Susetyawati, E. (2021). Kualitas Soal Hots (High Order Thinking Skill) Pada Siswa Smp Kelas Vii. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 639. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3087

Chandra, D., Heryadi, D., & Keguruan, F. (2020). Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Dalam Membuat Soal Tes Berbasis Higher Order Thingkig Skills. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16, 22–28. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/index

Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Himawan, R., & Suyata, P. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Soal HOTS dalam Pembelajaran Teks Pidato Persuasif di MGMP SMP Wilayah Kabupaten Bantul. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan …,117–128. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5399

Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., & Prameswari, D. H. (2021). Higher Order Thinking Skills (Hots) Dalam Materi Dan Soal Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemendikbud RI. Prasi, 16(02), 128. https://doi.org/10.23887/prasi.v16i02.40671

Inderasari, E., Oktavia, W., Agustina, T., & Fajriyani, N. (2019). Higher Order Thingking Skill (HOTS) Taksonomi Pada Analisis Kebahasaan Butir Soal Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tingkat SMA/MA. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra (Konnas Basastra0 V, 5, 110–114.

Keshta, A. S., & Seif, A. (2013). Evaluating the Higher Order Thinking Skills in Reading of English for Palestine Grade Eight. Asian Journal of Education and E-Learning, 01(01), 2321–2454. http://library.iugaza.edu.ps/thesis/105688.pdf%0Awww.ajouronline.com

Kurniawati, I. D., Wartono, & Diantoro. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10, 36-46. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3049

Krippendorff, K. (1980). Content analysis : An Introduction to its Methodology. SAGE Publications, Inc.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.

Oktarina, N., & Armariena, D. N. (2020). Analisis Soal Tipe Higher Other Thinking Skills (Hots) Pada Tes Objektf Pilihan Ganda Usbn Bahasa Indonesia Sd/Mi. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 146. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4374.

Panggabean, D. R., Angreini, T., Lubis, J. R., & Ansari, K. (2019). Analisis Soal Berbasis Hots (High Older Thinking Skills) dalam Buku Brilian (Buku Ringkasan Materi dan Latihan). Prosiding Seminar Nasional PBSI III, 59, 61–66. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38924

Pardede, O. B., Sinaga, E. A., Br Depari, A. W., & Gultom, R. J. B. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thingking) Siswa Melalui Penggunaan Soal HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 24–41. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22027

Permatasari, I. (2021). Distribusi Pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Kurikulum 2013. Nuances of Indonesian Language, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.51817/nila.v2i1.60.

Purwati, L. M., Arianty, R., Syakilah, D. M., Ridlo, S., & Susilaningsih, E. (2021). Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill menggunakan Aplikasi Anates Windows Versi 4.0.9 For Windows. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 460. https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1287

Rahmawati, A., & Hartati, H. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Oryza (Jurnal Pendidikan Biologi), 10(1), 46–51. https://doi.org/10.33627/oz.v10i1.574.

Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Bahasa Indonesia Dalam Ujian Sekolah SMP Negeri 4 Dumai. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 121–129. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582

Rizqoh, A. N. A., & Wagiran. (2019). REKONSTRUKSI INSTRUMEN PENILAIAN TENGAH SEMESTER KELAS VIII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERMUATAN HOTS DAN ADIWIYATA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

Rohmaniyah, A. (2019). Rekonstruksi Soal USBN Bahasa Indonesia Berbasis HOTS: Studi kasus di SMP Semesta Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 85–91. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Rosdiana, R., Budiana, S., Mahajani, T., & Talitha, S. (2022). Penerapan HOTS pada Soal-soal Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1065. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1065-1074.2022.

Saputro, D., Sabardila, A., Prayitno, H. J., & Markhamah, M. (2021). Integrasi Keterampilan Berpikir Kritis dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Berperspektif HOTS. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(3), 365–374. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.168.

Sianturi, P. (2021). Analisis Kesulitan Guru Bahasa Indonesia Dalam Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (Hots) Di Smk Swasta Pariwisata Prima Sidikalang. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 34–37. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3676

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suhardjanto. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Dalam Menyusun Soal Hots Melalui Workshop. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(4), 107–115.

Sunarti & Selly, R. (2014). Penilaian Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Sutami, Hudiyono, Y., & Ilyas, M. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 102–113. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.24

Suvina, N., & Ramly, R. (2021). Analisis Pertanyaan Hots Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Smk/Mak Kelas X Terbitan Erlangga. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 39. https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i1.19292

Suwandi, S., Sudaryanto, M., Wardani, N. E., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1), 31–44. https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.35457

Wardhani, A., & Saputra, A. A. (2018). Analisis Instru.men Penilaian Buatan Guru Bahasa Indonesia di SMK Swasta PAB 12 Saentis Tahun Pembelajaran 2017/2018. Basastra Unimed.

Wirandani, T., Kasih, A. C., & Latifah. (2019). Analisis Butir Soal Hots (High Order Thinking Skill) Pada Soal Ujian Sekolah Kelas Xii Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smk an-Nahl. Parole: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 485–494.

Wulandari, Wibawa, S., Nisa, A. F., & Arafik, M. (2022). DIGITALISASI ASSESSMEN DI SEKOLAH DASAR DI ERA 4.0. Jurnal UST Jogja, 1(69), 5–24.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.6327



Copyright (c) 2023 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]