STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS IKLAN DALAM MATERI AJAR BAHASA INDONESIA SMP KELAS VIII
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelengkapan struktur dan kaidah kebahasaan teks iklan yang terdapat dalam buku teks BSE Bahasa Indonesia kelas VIII SMP. Pendekatan dalam penelitian adalah kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode padan, yaitu dengan cara memadankan objek penelitian dengan kategori struktur dan kaidah kebahasan teks iklan yang telah ditetapkan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan teks iklan yang terdapat pada dalam buku sekolah elektronik bahasa Indonesia SMP kelas VIII. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data, bahwa tingkat kesesuaian struktur teks iklan sebesar 73 (tinggi) dengan rincian pada pengenalan produk sebesar 88%, pernyataan perusatif 72%, slogan 64%, gambar-gambar produk 72%, dan nama atau logo perusahaan sebesar 68%. Rata-rata kesesuaian dari dari segi kebahsaan adalah sebasar 73 (tinggi), yaitu dengan rincian aspek persuasif 72%, imperatif 48%, berirama 8%, berkesan positif 76%, ringkas 84%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu informasi untuk mengetahui mengenai tingkat kualitas materi ajar teks iklan yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia.
KATA KUNCI: kaidah kebahasaan struktur; teks iklan
STRUCTURE AND LANGUAGE RULES OF ADVERTISING TEXT IN TEACHING MATERIALS OF INDONESIAN LANGUAGE IN CLASS VIII JUNIOR HIGH SCHOOL
ABSTRACT: This study aims to describe the suitability of the structure and linguistic rules of the advertising text contained in the Indonesian Language BSE textbook for class VIII SMP.. The approach in research is qualitative. The method used is the matching method, namely by matching the object of research with the structure category and linguistic rules of the ad text that has been determined. The source of data in this study is a collection of advertising texts contained in Indonesian electronic school books for SMP class VIII. Based on the research that has been done, the data obtained, that the level of conformity of the ad text structure is 73 (high) with details on product introduction of 88%, persuasive statements 72%, slogans 64%, product pictures 72%, and company name or logo of 68%. The average suitability in terms of linguistics is 73 (high), with details of the persuasive aspect 72%, imperative 48%, rhythmic 8%, positive impression 76%, concise 84%. The results of this study can be used as information to determine the quality level of advertising text teaching materials contained in Indonesian textbooks.
KEYWORDS: ad text; linguistic rules; structural
References
Adhi, W. (2018). Efektivitas iklan televisi “Yuk nabung saham” versi putar koin pada masyarakat di Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 6(1), 1–12. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/8243
Al-Subhi, A. S. (2022). Metadiscourse in online advertising: Exploring linguistic and visual metadiscourse in social media advertisements. Journal of Pragmatics, 187, 24–40. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2021.10.027
Andriani, Y., & Putri, K. Y. S. (2020). Pengaruh slogan “cobain kuy!” Pada iklan neo coffee versi lucas wong terhadap pembentukan brand awareness khalayak. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.30656/lontar.v8i2.2675
Belani, A., & Pramiyanti, A. (2022). Pengaruh iklan gojek versi ‘solv, logo baru gojek’di instagram terhadap brand image. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 8(1), 751–762. https://dx.doi.org/10.52434/jk.v8i1.1194
Camden, M., Smith, R., Turturici, M., Arnold, L., & Kelley-Baker, T. (2018). Countermeasures to Prescription and over-the-Counter Drug-Impaired Driving: Pharmacy & Medical and Education & Advertising. Journal of Transport & Health, 9(June), S43. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jth.2018.05.026
Claria, D. A. K. (2021). Sosialisasi penggunaan kalimat imperatif sebagai strategi pemasaran UMKM pada masa pandemi Covid-19 di Desa Pejeng Gianyar. Jurnal Abdidas, 2(3), 472–482. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.300
Claria, D. A. K., & Rajistha, I. G. N. A. (2019). Struktur iklan parfum eclat for men pada katalog oriflame. SPHOTA: Jurnal Linguistik Dan Sastra, 11(1), 13–19. https://doi.org/10.36733/sphota.v11i1.1148
D’Ambra, J., Akter, S., & Mariani, M. (2022). Digital transformation of higher education in Australia: Understanding affordance dynamics in e-textbook engagement and use. Journal of Business Research, 149(Ocober), 283–295. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.05.048
De la Torre-Sierra, A. M., & Guichot-Reina, V. (2022). The influence of school textbooks on the configuration of gender identity: A study on the unequal representation of women and men in the school discourse during the Spanish democracy. Teaching and Teacher Education, 117, 103810. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103810
Delmelle, E. C., & Nilsson, I. (2021). The language of neighborhoods: A predictive-analytical framework based on property advertisement text and mortgage lending data. Computers, Environment and Urban Systems, 88(July), 101658. https://doi.org/10.1016/j.compenvurbsys.2021.101658
Fikri, K. (2018). Analisis pengaruh penggunaan teks di gambar iklan terhadap jangkauan dan interaksi konsumen. Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 46–57. https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1444
Japutra, A., Septianto, F., & Can, A. S. (2022). Feeling grateful versus happy? The effects of emotional appeals in advertisements on self-made products. Journal of Retailing and Consumer Services, 69(November), 103091. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103091
Jubaedah, S., Setiawan, H., & Meliasanti, F. (2021). Analisis kalimat imperatif pada pidato nadiem makarim rekomendasi sebagai bahan ajar teks pidato persuasif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3808–3815. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1246
Kim, W., Shin, J., & Cho, Y. (2022). Is a “6-second” advertisement reasonable? Acceptable mobile advertisement length for consumers. Telematics and Informatics, 74(November), 101875. https://doi.org/10.1016/j.tele.2022.101875
Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2020). Jenis-Jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan (2nd ed.). Yrama Widya.
Niya, K., & Syahida, A. R. (2019). Pengaruh Slogan “Aku, Jadi Duta Shampo Lain” Pada iklan pantene versi Anggun C. Sasmi terhadap pembentukan brand awareness khalayak. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(3), 31–38. https://doi.org/10.33366/jisip.v7i3.1406
Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-pendekatan persuasif pada riset komunikasi pemasaran: Iklan melibatkan penciptaan dan penerimaan pesan komunikasi persuasif mengubah perilaku pembelian. Jurnal The Messenger, 8(1), 1–16. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.313
Rahmayanti, I., & Fajar, A. (2020). Sosiopragmatik imperatif iklan pada media sosial. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 79–86. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.37
Rizky, F. U., & Syam, N. (2021). Komunikasi persuasif konten youtube kementerian agama dalam mengubah sikap moderasi beragama. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 16–33. https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33
Safi’i, I., & Wahdini, L. (2021). Communicative and collaborative aspects in indonesian bse evaluation instruments. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 168–175. https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.33146
Seddighi, H., Sajjadi, H., Yousefzadeh, S., López, M. L., Vameghi, M., Rafiey, H., & Khankeh, H. R. (2021). Representation of disasters in school textbooks for children with intellectual disabilities in Iran: a qualitative content analysis. International Journal of Disaster Risk Reduction, 53, 101987. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101987
Seddighi, H., Yousefzadeh, S., & López, M. L. (2021). Qualitative content analysis as a research method to investigate hazards information in school textbooks. MethodsX, 8, 101559. https://doi.org/10.1016/j.mex.2021.101559
Setyawati, N. (2018). Struktur kebahasaan teks iklan layanan masyarakat. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 531–539. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/119
Siraj, N., Nurfalah, F., Listiana, R. A., & Santika, R. N. (2021). Pengenalan beretika komunikasi dalam sosial media di kalangan remaja sma windu wacana Kota Cirebon. Altruis: Journal of Community Services, 2(2). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i2.16546
Sriyanto, N. F. N. (2016). Pemanfaatan unsur lokal dalam ragam bahasa iklan. Kibas Cenderawasih: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 13(2), 123–138. https://doi.org/10.26499/kc.v13i2.107
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Duta Wacana University Press.
Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa secara online pada pelajaran animasi 2d melalui strategi komunikasi persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 9–15. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.143
Takau, N. A. W. (2020). Pengaruh gambar dan profil instagram terasrumahmu terhadap kesadaran merek. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 1–17. http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/3227/2828
Tugiati, T., & Kuntoro, K. (2019). Teks iklan naratif (Analisis: isi, struktur, butir kebahasaan dan implikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP). Prosiding Seminar Nasional LPPM UMP, 342–350. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/59
Uzum, B., Yazan, B., Zahrawi, S., Bouamer, S., & Malakaj, E. (2021). A comparative analysis of cultural representations in collegiate world language textbooks (Arabic, French, and German). Linguistics and Education, 61, 100901. doi.org/10.1016/j.linged.2020.100901
Widiyanto, H. (2020). Analisis fungsi teks iklan di sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa,162–168. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1341
Yuliastuti, M. (2018). Pengaruh slogan, model, dan repetisi lklan terhadap keputusan pembelian kendaraan bermotor pada ibu dalam keluarga. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 2(2), 80–89. https://doi.org/10.33508/jk.v2i2.1684
Copyright (c) 2023 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA.