PERSEPSI GURU SUMATERA SELATAN TERHADAP ASESMEN KOMPETENSI MINIMAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Nurhayati, Nurhayati, Ernalida Ernalida, Nurulanningsih Nurulanningsih, Izzah Izzah, Yanti Sariasih, Hani Atus Solikhah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Sumatera Selatan terhadap Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional design. Instrumen pengumpulan data adalah angket melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83% guru setuju dan menyambut positif terhadap kebijakan pemerintah mengenai pemberlakuan AKM di sekolah, 85% guru senang mengajarkan siswa dengan menggunakan konsep pembelajaran HOTS, 96% guru semakin termotivasi memberikan dorongan kepada siswa untuk berpikir kritis, 91% guru suka mengunduh materi berkaitan dengan AKM, dan 92% guru senang memberikan pelatihan soal kepada siswa untuk menghadapi AKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah siap menerima penerapan AKM di sekolah. Pada sisi lain, penelitian menyimpulkan bahwa belum semua guru yang menjadi responden dapat mengidentifikasi soal-soal AKM. Dengan demikian, walaupun penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan AKM, penelitian ini belum mengungkapkan apakah guru dapat mengembangkan soal-soal yang meminta siswa berpikir kritis. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui kemampuan guru mengembangkan soal-soal yang menuntut siswa berpikir kritis atau soal-soal bertipe AKM. Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan ialah pelatihan menyusun soal-soal AKM khususnya yang berkaitan dengan soal-soal literasi membaca dan numerasi. Perlu juga dilakukan penelitian lanjutan apakah dengan diberlakukannya AKM, guru akan mengubah “gaya mengajarnya” yang menginisiasi kemampuan berpikir siswa.

KATA KUNCI: asesmen kompetensi minimum, berpikir kritis; literasi membaca; literasi numerasi; persepsi guru

 

THE PERCEPTIONS OF SOUTH SUMATRAN TEACHERS OF MINIMUM COMPETENCY ASSESSMENT IN THE EFFORT TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL THINKING.

 

ABSTRACT: This study aims to describe the perception of South Sumatran teachers on the Minimum Competency Assessment (MCA). This study uses a cross-sectional design method. The data collection instrument is a questionnaire through Google Form. The results show that 83% of the teachers agreed and responded positively to the government's policy regarding the implementation of MCA in the school, 85% of the teachers liked to teach students using HOTS learning concepts, 96% of the teachers were increasingly motivated to encourage students to think critically, 91% of the teachers liked to download materials related to MCA, and 92% of the teachers were happy to provide question training for the students to face MCA. The results of this study indicate that the teachers were ready to accept the application of MCA in the schools. On the other side, this study concludes that not all the teachers who were respondents can identify MCA questions. Thus, although this study shows that the teachers had positive perceptions of the MCA implementation, this research has not revealed whether the teachers could develop questions that asked students to think critically. Therefore, further study is needed to determine the teachers’ abilities to develop questions that require students to think critically or questions with MCA-type. The next activity that can be carried out is training in compiling MCA questions, especially those related to reading and numeracy literacy questions. It is also necessary to do further study on whether with the implementation of MCA, the teachers will change their "teaching styles" which initiate students' thinking skills.

KEYWORDS: minimum competency assessment; critical thinking; reading literacy; numeracy literacy; teachers’ perceptions.

References


Ahmad, D. N., Setyowati, L., & Ati, A. P. (2021). Kemampuan guru dalam asesmen kompetensi minimum (AKM) untuk mengetahui kemampuan literasi dan numerasi peserta didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan MATEMATIKA, (58), 129–134.

Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi kebijakan asesmen memampuan Minimum (AKM): analisis implementasi kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 128–135. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/

Akbar, R. F. (2015). Analisis persepsi pelajar tingkat menengah pada sekolah tinggi agama islam negeri kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Albushairi, A., Aliyati, S., Huda, N., & Rifani, A. (2018). Perilaku konsumen: teori dan aplikasi pada riset pemasaran. Depok: Rajawali Pers.

Andikayana, D. M., Dantes, N., & Kertih, I. W. (2021). Pengembangan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi membaca level 2 untuk siswa kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622

Asrori. (2020). Psikologi pendekatan multidisipliner. Pena persada.

Bohner, G., & Wanke, M. (2002). Attitudes and attitude change. Psychology Press.

Familiyana, L., Harjono, H. S., & Suryani, I. (2022). Persepsi guru terhadap soal asesmen kompetensi minimum ( AKM ) literasi membaca di SMP abstrak teachers ’ perceptions on the assessment of minimum competency reading literature in SMP abstract A . pendahuluan perubahan dan inovasi kebijakan yang sifatnya. SILAMPARI Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(1), 74–85.

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis pemahaman guru sekolah menengah pertama (SMP) mengenai asesmen kompetensi minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608

Frimpong, S. O. (2021). The role of teaching and learning materials and interaction as a tool to quality early childhood education in Agona East District of the Central Region of Ghana. African Educational Research Journal, 9(1), 168–178.

Kartina, K., Missriani, M., & Fitriani, Y. (2022). Peningkatan kemampuan asesmen kompetensi minimum (AKM) literasi siswa melalui pendekatan saintifik SMP negeri 2 payaraman. Wahana Didaktika, 20(1), 128–139.

Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu komunikasi. Yogyakarta: Samudera Biru.

Kurniawan, G. (2020). Perilaku konsumen dalam membeli produk beras organik melalui ecommerce. Surabaya: Penerbit Mitra Abisatya.

McKenzie, R. M. (2010). The social psychology of English as a global language: attitude, awareness and identity in the Japanese context. New York: Springer.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen nasional (AN): pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568

Nurhikmah, N., Hidayah, I., & Kadarwati, S. (2021). Persepsi dan kesiapan guru dalam menghadapi asesmen kompetensi minimum. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 78–83. https://e-journal.my.id/cjpe

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis kesiapan peserta didik dan guru pada asesmen nasional (asesmen kompetensi minimum, survey karakter, dan survey lingkungan belajar). JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71.

Rokhman, F. (2013). Sosiolinguistik suatu pendekatan pembelajaran bahasa dalam masyarakat multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saleh, A. A. (2018). Pengantar psikologi. Makassar: Aksara Timur.

Simbolon, M. (2008). Persepsi dan kepribadian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 52–66. https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/516

Tarmiji, T., Basyah, M. N., & Yunus, M. (2016). Persepsi siswa terhadap kesiapan guru dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 182–184.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.6870



Copyright (c) 2023 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]