STRATEGI DISKUSI TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK
Abstrak
ABSTRAK: Penerapan metode diskusi dan tanya jawab harus disesuaikan dengan kondisi dan kesiapan belajar siswa. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendesain sintak pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi dan tanya jawab terhadap hasil belajar siswa. penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa nilai hasil pre tes dan pos tes siswa, serta uraian yang dihasilkan dari observasi. Teknik pengumpulan data, melalui pree tes dan post tes, observasi, simak dan catat. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XII jurusan Asisten Keperawatan dan jurusan Multimedia. Teknik analisis data secara statistik dengan melakukan uji Paired T tesh dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XII jurusan asisten keperawatan dan jurusan Multimedia juga mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Kenaikan hasil belajar pada siswa jurusan asisten keperawatan terlihat dari hasil Pret es memperoleh nilai rata-rata 55,8 dan rata – rata tersebut naik pada hasil pos tes mereka memperoleh nilai 75,2. Kenaikan hasil belajar pada siswa jurusan Multimedia juga terlihat pada hasil pree tes memperoleh nilai rata-rata 53,3 dan rata-rata tersebut naik pada hasil pos tes memperoleh nilai 73,3. Selain itu juga, uji Paired T tes pada hasil pree tes dan pos tes pada hasil belajar di kedua jurusan menunjukkan Sig.(2tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolah dan Ha diterima. Artinya ada peningkatan hasil belajar siswa jurusan asisten keperawatan dan jurusan Multimedis setelah belajar dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab.
KATA KUNCI: Metode Pembelajaran; Diskusi; Tanya Jawab; Kemampuan abad 21
ANIMATION MEDIA ASSISTED QUESTION AND ANSWER DISCUSSION STRATEGY TO IMPROVE 21ST CENTURY CAPABILITIES
ABSTRACT: Application of the discussion and question and answer method must be adapted to the conditions and readiness of student learning. Therefore this study aims to design learning syntax using the discussion and question and answer method, as well as to determine the effect of using the discussion and question and answer method on student learning outcomes. This research includes experimental research using a quantitative descriptive approach. The research data is in the form of student pre-test and post-test results, as well as descriptions resulting from observations. Data collection techniques, through pre-test and post-test, observation, observe and record. Sources of research data are students of class XII majoring in Nursing Assistant and Multimedia majoring. Statistical data analysis technique by conducting a Paired T test using the SPSS application. The results of the study showed that the results of learning Indonesian for class XII students majoring in nursing assistants and majoring in Multimedia also experienced a very significant increase. The increase in learning outcomes for students majoring in nursing assistants can be seen from the results of the Pretest obtaining an average score of 55.8 and this average increases in the results of the post test they obtain a value of 75.2. The increase in learning outcomes for students majoring in Multimedia was also seen in the results of the pre-test obtaining an average score of 53.3 and the average increased in the results of the post-test obtaining a score of 73.3. In addition, the Paired T test on the results of the pre-test and post-test on learning outcomes in both majors shows Sig.(2tailed) of 0.00 <0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. This means that there is an increase in the learning outcomes of students majoring in nursing assistants and multimedical majors after studying using the discussion and question and answer method.
KEYWORDS: Learning Methods; Discussion; Questions and Answers; 21st Century Capabilities
Referensi
Abdul, Karim Zuhartri Yunanto dkk. (2020). Proses Penguatan Karakter Percaya Diri pada Siswa Melalui Metode Diskusi Tanya Jawab pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN Cilaku. Journal of Elementary Education, 4(2), 2614–1752. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/
Akbar, Iliyyil. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini - Google Books. Jakarta: Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Belajar_Anak_Usia_Dini/MYP1DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+tanya+jawab&pg=PA37&printsec=frontcover
Anisah, Nur. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipsdengan Metode Diskusi Terbimbing dan Tanya Jawab Melalui Alat Peraga Gambar Pahlawan Pada Siswa Kelas V. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(2), 92–102.
Ardiana, Dewa Putu Yudhi dkk. (2022). Metode Pembelajaran Guru - Google Books. In 2022. Medan: Yayasan kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Pembelajaran_Guru/MkoyEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=tujuan+metode+pembelajaran+diskusi&pg=PA13&printsec=frontcover
Budhianto, Yanto. (2018). Pembelajaran Bahasa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13.
Fikri, Asyrul dkk. (2021). Kolaborasi Metode Diskusi dan Tanya Jawab untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah di Ma Bahrul Ulum Kecamatan Dayun. Riau Education Journal (REJ), 1(1).
Firdaus.F. (2018). Metedologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS. In Malang : Penerbit IRDH. Riau: CV. DOTPLUS Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_KUANTITATIF_DILENG/lJ8hEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Hariyanto. (2021). Metode Diskusi Tipe Kokok Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Prestasi Bel... - Google Books (Vol. 1). Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Diskusi_Tipe_Kokok_Meningkatkan_M/3TKXEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+diskusi&printsec=frontcover
Hasibuan, Ferawati Artauli. (2022). Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran - Google Books. Medan: Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Media_dan_Teknologi_Pembela/qDFtEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=tujuan+metode+pembelajaran+diskusi&pg=PA65&printsec=frontcover
Juliana, Friska Purba dkk. (2022). Strategi-Strategi Pembelajaran (Vol. 1). Medan: Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=8f1ZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=pembelajaran+metode+diskusi+2022&ots=lqKp7YsEsY&sig=ya9bKfZbcReKXleQcmM2CpJgNxQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Khasanah, Ulfatun. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dan Tanya Jawab Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipsdi Smpn 1 Jenangan Ponorogo [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Manullang, Juanda dkk. (2021). Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 502–509. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3
Masrukin, Ahmad dan Arba’i Ahmad. (2018). Metode Diskusi dan Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Ski untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Vii-H Mts Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(3).
Mawati, Arim tentrem dkk. (2021). Strategi Pembelajaran - Google Books (1st ed., Vol. 1). Medan: Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Pembelajaran/AIIwEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pengertian+strategi+pembelajaran&printsec=frontcover
Mukhid, Abd. (2019). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya: Jakad Media Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_PENDEKATAN_KUANTIT/lQ4lEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+kuantitatif&printsec=frontcover
Musfirah, Imron dkk. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Solok: Insan Cendekia Mandiri ,. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=3pSbEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=melakukan+pengamatan+terhadap+fakta+(fenomena),+melakukan+identifikasi+masalah,+serta+berusaha+mengumpulkan+data+baik+melalui+kajian+teoritis+dengan+mengkaji+literatur+maupun+mela
Rahman, Taufikur. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas - Google Books. Semarang: CV Pilar Nusantara. https://www.google.co.id/books/edition/Aplikasi_Model_model_Pembelajaran_dalam/2CenDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+pembelajaran+diskusi&pg=PA36&printsec=frontcover
Ramadhani, Yulia Rizki dkk. (2022). Pengantar Strategi Pembelajaran - Google Books. Medan: Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Strategi_Pembelajaran/Pd9sEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=strategi+pembelajaran&printsec=frontcover
Suriasumantri, Jujun S. (1995). Filsafat ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. https://www.google.co.id/books/edition/Filsafat_ilmu/kEgEkAEACAAJ?hl=id
Syarbini, Muhammad. (2019). Pendekatan Saintifik Metode Diskusi dan Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 1 pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Sidorejo Approach. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 23–26. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/neraca
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##Penulis yang menerbitkan artikel dalam Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta artikel dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA atau The Creative Commons Attribution - Share Alike Licence.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.