NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS

  • Yanti Sariasih Universitas Tidar
  • Sri Musdikawati Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Manjene, Jl. BLK Kel. Totoli Kec. Banggae
  • Fachria Yamin Marasabessy Universitas Terbuka

Abstrak

ABSTRAK: Novel sebagai sebuah karya sastra selalu mengandung nilai-nilai yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca. Melalui nilai-nilai tersebut diharapkan para pembaca dapat menjadikannya sebagai media refleksi bagi diri untuk berbenah ke arah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel “Hati Suhita” karya Khilma Anis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kalimat-kalimat yang menggambarkan nilai pendidikan karakter Sumber data penelitian adalah novel “Hati Suhita” karya Khilma Anis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat, sedangkan nalisis data dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel “Hati Suhita” karya Khilma Anis. mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, seperti nilai: (1) religius, (2) tanggung jawab, (3) gemar membaca, (4)kerja keras, (5) komunikatif, (6) peduli sosial, (7) kreatif, dan (8) cinta damai. Nilai-nilai tersebut menyatu padu dengan serangkaian cerita di dalam novel dan dimunculkan pengarang secara tersurat dan tersirat.

KATA KUNCI: nilai; pendidikan karakter; novel

 

THE VALUE OF CHARACTER EDUCATION IN THE NOVEL HATI SUHITA BY KHILMA ANIS

 

ABSTRACT: Novel as a literary work always contains values that the author wants to convey to the reader. Through these values, readers are expected to be able to make it a medium of reflection for themselves to improve in a better direction.  This study aims to describe the value of character education in the novel "Hati Suhita" by Khilma Anis. This study used descriptive qualitative method. Source of research data is the novel "Hati Suhita" by Khilma Anis. The data was collected using the reading-note technique, while the data analysis was carried out using the descriptive technique. The results showed that the novel "Hati Suhita" by Khilma Anis. contains character education values, such as: (1) religious, (2) responsibility, (3) fond of reading, (4) hard work, (5) communicative, (6) social care, (7) creative, and (8) peace-loving. These values are integrated into a series of stories in the novel and the authors appear implicitly and explicitly.KEYWORDS: values, character education, novel

Referensi

Anis, K. (2019). Hati Suhita. Yogyakarta: Telaga Aksara.

Badan Penelitian dan Pengembangan Riset Kurikulum. (2009). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Hamdani, S. & Gani, E. (2019). Nilai Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerpen Koran Harian Singgalang Periode Januari April 2019. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (3): 423-429.

Harmanti, M. H., et al. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel “9 Matahari” Karya Adenita. Parole: Jurnal Pendi- dikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (2), 183-194.

Hartono. (2014). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jnana Budaya, 19 (2): 259-268.

Irma, C. N. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Retorika, 11 (1), 14–22.

Jabrohim. (2015). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mirna, W. (2019). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel “Kaki Saya Bulat” Karya Suharyo Widagdo. Jurnal Lingue: Bahasa, Budaya, dan Sastra, 1(2), 113-127.

Murniasih, et al. (2021). Kajian Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(1), 66-71.

Muslimin. (2011). Modernisasi dalam Novel Belenggu Karya Armijn Pane: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1 (1): 126-145).

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Maja Universiti Press.

Nurhayati.(2012). Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.

Pradopo, D. R. (2005). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharso., & Retnoningsih, A. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Lux. Semarang: Widya Karya.

Wellek, R & Warren, A. (1990). Teori Kesusastraan (Terjemahan Melani Budianta). Jakarta: PT Gramedia.

Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra: Teori dan Kajian Terhadap Sastra Indonesia. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Yulianto, A., et al. (2020). Analisis Nilai Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengaja- rannya, 1 (1): 110-124.

.

Diterbitkan
2024-10-30