PENERAPAN TEKNIK “PASAR” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Evi Yesifina Dumarista

Abstract


Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap respon dan minat mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Hasil angket atau kuesioner menyebutkan bahwa pengajaran dosen yang konvensional menjadi faktor utama mahasiswa kurang menyukai pembelajaran bahasa Indonesia. Di samping itu, materi yang kurang menarik atau tidak penting juga menjadi faktor pelengkap kurangnya kesadaran atau minat mahasiswa dalam menyikapi pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan demikian, perlu adanya intervensi berupa suatu teknik agar pembelajaran bahasa Indonesia dapat menyenangkan dan efektif.

Adapun tujuan penelitian dari penerapan teknik “pasar” adalah untuk meningkatkan kemandirian, kecerdasan emosional, aspek kognitif, saling ketergantungan, multi sensasi, kesenangan, dan artikulasi. Sedangkan elemen yang diperoleh dalam aktivitas pembelajaran yaitu berupa kerja individu/kelompok, keterampilan berbicara, mendengarkan, membaca, menulis, dan melihat.

Peneliti menggunakan metode penyelidikan (inquiry learning) dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil data kuantitatif dan deskriptif dapat menjelaskan sintaks pembelajaran secara rinci. Dengan demikian berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan teknik “pasar” efektif dalam meningkatkan tidak hanya minat, tetapi kreativitas mahasiswa untuk menentukan suatu pendekatan sampai media pembelajaran yang akan digunakan di kelas.


References


Abimanyu dkk. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ginnis.2008. Trik dan Taktik Mengajar. Jakarta: PT Indeks

Saadie. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka

Sanjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Subana dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya Offset.

Tarigan. 2009. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Angkasa




DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.714



Copyright (c) 2017 FON



Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]