PRAKTIK PENILAIAN GURU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING)

Pesta Junita Simamora, Erikson Saragih, Dian Syahfitri

Abstract


ABSTRAK: Salah satu dampak yang sangat nampak yang disebabkan oleh Covid-19 adalah di dunia pendidikan, saat sekolah diliburkan, namun pembelajaran harus wajib dilaksanakan, dimana lembaga pendidikan diwajibkan menyelesaikan evaluasi online. Hal ini juga mempengaruhi kegiatan belajar online. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan persiapan assessmen guru SMP mata pelajaran bahasa Indonesia pembelajaran secara online.  Mendeskripsikan praktik asessmen kemampuan membaca dalam pembelajaran daring, mendeskripsikan hasil asesmen yang dilaksanakan oleh guru terhadap kemampuan membaca peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kemudian mengumpulkan data dengan cara mensurvei lokasi penelitian dan berbagai bahan kepustakaan yang berasal dari, majalah terkait, artikel, buku yang berkaitan dengan sumber penelitian. Tehnik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Tehnik tersebut digunakan untuk mengumpulkan informasi dari suatu fenomena secara objektif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian terbagi atas tiga. Ketiganya meliputi persiapan pelaksanaan penilaian guru SMP dalam pembelajaran daring, praktik asesmen kemampuan membaca dalam pembelajaran daring, dan terakhir hasil penilaian asesmen yang dilaksanakan oleh guru terhadap kemampuan membaca peserta didik.

KATA KUNCI: Kemampuan Membaca Siswa; Penilaian; Pembelajaran Daring

TEACHER ASSESSMENT PRACTICES ON STUDENTS' READING ABILITY IN NETWORK LEARNING (ONLINE)

 

ABSTRACT One of the very visible impacts caused by Covid-19 is in the world of education, when schools are closed, learning must be carried out, where educational institutions are required to complete online evaluations. This also affects online learning activities. This research was conducted to describe the preparation of online learning for junior high school teacher assessments of Indonesian language subjects. Describe the practice of assessing reading ability in online learning, describing the results of the assessment carried out by the teacher on students' reading ability. This research method uses qualitative research, using a descriptive approach. Then collect data by surveying research locations and various library materials originating from related magazines, articles, books related to research sources. Descriptive techniques were used to analyze the data. The technique is used to collect information from a phenomenon objectively. The results obtained in the study are divided into three. These three include preparing for the implementation of junior high school teacher assessments in online learning, practice assessment reading ability in online learning, and finally the results of the assessment carried out by the teacher on students' reading abilities.

KEYWORDS: Student Reading Ability; Evaluation; Online Learning


References


Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasisi Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Adiitama.

Agung Danarto. (2020). Daftar Hadis Shahih dan Dha’if tentang Wabah COVID-19. Diambil dari https//republikacoid/berita/q7iy6m63571849323000/ini-daftar-hadistshahih-dan-dhaiftentang-wabah-COVID-19

Ahmad, I. F. (2020). Alternative in Distance Learning Emergencies Spread of Coronavirus Disease (Coavid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(1), 195–222.

Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Arikonto, S. (2016). Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. DEEPUBLISH.

Hakim, M. N. (2021). STUDI TINGKAT LITERASI MEMBACA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112

Harjasujana, A. S., & dkk. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. Diambil dari https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.671

Iqbal, F. A. (2020). Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jaraj Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia. Jurnal Peagogik, 07, No 1.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: SPs UPI dan PT Rosda Karya.

Kusaeri, & Suprananto. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Meidawati, & Dkk. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.

Mudyahardjo, R. (2008). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad, H. (2020). Kemendikbud Sebut PJJ Tak Sama Dengan Pembelajaran Daring Dan Luring. Diambil dari Artikel Pendidikan website: Jawapos.com

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Negoro, R. A. (2014). Persepsi Siswa Kelas XI tentang Program Full Day School (Sekolah Sehari Penuh) di SMA Negeri 2 Sawahlunto. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1). Diambil dari padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sumatera Barat.

Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.

Pohan, A. E. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elemntary School, 7(2), 297–302.

Pohan, A. F. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah (Sarnu Untung, Ed.). CV.

Puji Santoso, & Dkk. (2007). Matero dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. UT: OP. Cit.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, A., Ahlung, N., & Hartanto, A. (2013). Sistem informasi pengolahan nilai raport pada siswa smp negeri 1 Yogyakarta berbasis web. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 14(3), 135640.

Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Soedarso. (2006). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Somadaya, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, A. (2001). Pengantar Ealuasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Surapranata, S. (2009a). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan interpretasi Hasil Tes Implemetasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Surapranata, S. (2009b). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan interpretasi Hasil Tes Implemetasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suryani, & Agung. (2018). Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Syafriatna, I., & Yushita, A. N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah 1 62 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 16–26.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widyastono, H. (2014). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerahdari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v19i2.8045



Copyright (c) 2023 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]