ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEMIRSA PADA TAHAPAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERBAHASA USIA 6-7 TAHUN
Abstract
ABSTRAK: Keterampilan memirsa atau dikenal juga sebagai keterampilan makro ke-5, menjadi bagian yang saling melengkapi dari keterampilan lain dalam pengajaran Bahasa Indonesia, untuk tantangan para guru dalam mengimplementasikannya. Hal ini merupakan bagian dari persyaratan dalam Kurikulum Merdeka untuk mengatasi krisis pembelajaran. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kualitatif di SD Muhammadiyah Borobudur Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan yaitu observasi alami (natural observation), wawancara, dan catatan lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan keterampilan memirsa di kelas 1 selama satu bulan (20 hari kerja). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa keterampilan memirsa hanya diterapkan sebanyak 50% (10 hari kerja) dalam kelima mata pelajaran yang diajarkan di kelas tersebut, yaitu P5, Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Karakter, dan SBK. Selama proses pembelajaran, guru kelas menggunakan media visual seperti gambar benda dan media audio visual berupa video penjelasan dan film animasi pendek yang dirancang untuk meningkatkan literasi visual dan keterampilan memirsa kritis peserta didik.
KATA KUNCI: keterampilan memirsa; model pembelajaran; pendidikan dasar; keterampilan makro kelima
ANALYSIS OF VIEWING LEARNING MODEL IMPLEMENTATION AT THE STAGE OF LANGUAGE COGNITIVE SKILLS AGED 6-7 YEARS
ABSTRACT: Viewing skill, also known as the 5th macro skill, is a complementary part of other skills in teaching Indonesian, which challenges teachers to implement. This is part of the requirements in the Independent Curriculum to overcome the learning crisis. Researchers are interested in conducting qualitative research at SD Muhammadiyah Borobudur, Magelang Regency. The methods used are natural observation, interviews, and field notes. The purpose of this study was to analyze the application of viewing skills in grade 1 for one month (20 working days). Based on the research results, it was found that viewing skills were only applied as much as 50% (10 working days) in the five subjects taught in the class, namely P5, Mathematics, Indonesian, Character Education, and SBK. During the learning process, the class teacher uses visual media such as pictures of objects and audio-visual media in the form of explanatory videos and short animated films designed to improve students' visual literacy and critical viewing skills.
KEYWORDS: viewing skills; learning model; primary education; fifth macro skillsReferences
Andari, I. Y. (2019). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK SISWA JURUSAN IPS TINGKAT SMA SE-BANTEN. 2(1), 263–275.
Annisya, S., & Baadilla, I. (2022). Analisis Nilai Karakter melalui Media Animasi Fabel dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7888–7895. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3648
Awliyah, R., Suyadi, S., Jannah, F. R., & Mustofa, A. (2021). Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 99–106. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1045
Azzahra, I. S. S., Sobari, T., & Suhara, A. M. (2022). PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING BERBANTUAN GATHER TOWN DALAM MATA KULIAH PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA MEMIRSA. 5(6), 383–392. https://doi.org/10.22460/p.v5i6p%25p.10744
Begoray, D. L. (2001). Through a Class Darkly: Visual Literacy in the Classroom. Canadian Journal of Education / Revue Canadienne de l’éducation, 26(2), 201. https://doi.org/10.2307/1602201
Faloye, B. O., Obateru, O. T., & Alonge, S. G. (2021). Language Teachers and Digital Literacy: Assessing Viewing and Representing as Language Skills. SSRN Electronic Journal, 9(3), 1–10. https://doi.org/10.2139/ssrn.3814763
Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI SD NEGERI WOTAN 02 KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI. 8(4), 1–10.
Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 1 SDN 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 31–41. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.04
Kay Yong, K. (2016). Educational Technology & Society. 19(2), 378–390.
Kebijakan Pemerintah Terkait Kurikulum Merdeka. (2023, Februari). Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824815789465-Kebijakan-Pemerintah-Terkait-Kurikulum-Merdeka
Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. (2022, Februari 21). Kemdikbud. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/
Mardison, S. (2016). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI). 6(2), 635–643.
Mulyadi, Y., & Wikanengsih, W. (2022). IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERBAHASA MEMIRSA DALAM CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM PROTOTIPE MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK. Semantik, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p47-60
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. 19(2), 251–262.
Pantaleo, S. (2005). “Reading” Young Children’s Visual Texts. 7(1), 1–13.
Praditya, A., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI VISUAL PESERTA DIDIK SD. 1–6.
Puspita, L., Soetopo, S., & Susanti, A. (2016). PEMBELAJARAN SENI RUPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 262 PLAJU. 3(2), 121–130.
Rosyid, M. (2016). PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ILUSTRASI MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN NGANCAR. 27(5), 1–8.
Sayekti, O. M. (2022). Pendidikan Karakter melalui Digitalisasi Cerita Anak Bermuatan Budaya: Analisis pada Aplikasi Literacy Cloud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 200–210. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51222
Sidhartani, S. (2016). LITERASI VISUAL SEBAGAI DASAR PEMAKNAAN DALAM APRESIASI DAN PROSES KREASI VISUAL. 3(3), 155–163. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i03.709
Sulistiyaningrum, T. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. 9(2), 121–128.
Wann Nurdiana Sari, Wawan Shokib Rondli, Ummi Khoirun Nisa, & Isyti Nihayati. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 130–134. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1348
Webb, S., Massey, D., Goggans, M., & Flajole, K. (2019). Thirty‐Five Years of the Gradual Release of Responsibility: Scaffolding Toward Complex and Responsive Teaching. The Reading Teacher, 73(1), 75–83. https://doi.org/10.1002/trtr.1799
Woottipong, K. (2014). Effect of Using Video Materials in the Teaching of Listening Skills for University Students. International Journal of Linguistics, 6(4), 263–275. https://doi.org/10.5296/ijl.v6i4.5870
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. 51(2), 76–87.
Zyam, N. S. S., & Umam, N. K. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN MEMIRSA PADA VIDEO PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT MELALUI WHATSAPP. 05(04), 645–652.
Copyright (c) 2023 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons CC-BY-SA.