PENGEMBANGAN SILABUS DAN MATERI AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERBASIS LITERASI KOMPREHENSIF

Maria Botifar, Ifnaldi Ifnaldi, Ummul Khair

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk silabus dan materi ajar mata kuliah Bahasa Indonesia berbasis literasi komprehensif. Mahasiswa membutuhkan pembelajaran bahasa Indonesia dalam tataran aplikasi yang tinggi untuk pengembangan kompetensi kebahasaan, sementara silabus dan materi ajar terdahulu lebih memfokuskan pada pengembangan aspek kognitif saja. Untuk itu penelitian silabus dan materi ajar ini menjadi penting dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan yang mengadopsi pengembangan Borg dan Gall dengan implementasinya  pada tiga tahap pengembangan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap analisis dokumen yang ada, dan tahap pengembangan produk. Setiap tahap pengembangan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta analisis data deskriptif kuantitatif berupa rerata skor dan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) kebutuhan dosen yaitu a)kebutuhan yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu dan penghela ilmu pengetahuan, b)materi yang berkaitan dengan pengembangan teks, eksplorasi dunia pustaka, desain proposal dan hasil serta artikel jurnal dan aplikasi mendeley, OJS dan google scholar, c)metode dan pembelajaran berbasis literasi dan kecakapan abad 21, dan d) evaluasi yang berbasis kelas. 2)kebutuhan mahasiswa pada pengembangan pembelajaran yang meningkatkan aspek kompetensi kognitif, psikomotorik dan afektif. 3) Pengembangan produk berupa silabus dan materi ajar yang diimplementasikan dalam tujuan yang memuat aspek kognitif, psikomotorik dan afektif, materi yang berbasis pada pengembangan kompetensi menulis akademik, metode dan pendekatan yang berbasis pada teks, dan evaluasi yang berbasis kelas.

.

KATA KUNCI: bahasa Indonesia; literasi komprehensif ; materi ajar; silabus  

DEVELOPMENT OF SYLLABUS AND TEACHING MATERIALS FOR COMPREHENSIVE LITERATION-BASED INDONESIAN COURSES

 

ABSTRACT: This research aims to produce syllabus products and teaching materials for comprehensive literacy-based Indonesian courses. Students need learning Indonesian at a high level of application for the development of linguistic competence, while the syllabus and previous teaching materials focused more on developing cognitive aspects only. For this reason, it is important to carry out research on the syllabus and teaching materials. This research was conducted using a development method that adopted the development of Borg and Gall with its implementation in three stages of development, namely the needs analysis stage, the existing document analysis stage, and the product development stage. Each stage of development uses data collection techniques in the form of observation techniques, interviews and questionnaires. Data analysis used qualitative data analysis, namely data reduction, data presentation and verification as well as quantitative data analysis in the form of average scores and percentages. The research results obtained are 1) lecturers' needs, namely a) needs related to learning objectives that make Indonesian a unifying and knowledge-traveling tool, b) material related to text development, exploration of the world of literature, proposal design and results as well as journal articles and Mendeley, OJS and Google Scholar applications, c) 21st century literacy and skills-based methods and learning, and d) class-based evaluation. 2) the needs of students in the development of learning that improves aspects of cognitive, psychomotor and affective competence. 3) Product development in the form of a syllabus and teaching materials implemented in objectives that include cognitive, psychomotor and affective aspects, material based on the development of academic writing competence, text-based methods and approaches, and class-based evaluation.

KEYWORDS: Indonesian; comprehensive literacy; teaching materials; syllabus


Keywords


bahasa Indonesia; literasi komprehensif ; materi ajar; silabus

References


Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction, (Seven Edit). Boston: Allyn and Bacon.

Brian Tomlinson. (2013). Developing Materials for Language Teaching. New York: Bloomsbury publishing.

Botifar, Maria. (2015). Problem Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PGMI Angkatan 2010-2011. Skripsi.

Buku Sumber bagi Dosen LPTK Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK (Jakarta: USAID, 2014).

Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Panduan Program Insentif Bahan Ajar dan Pedoman Pembelajaran (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2006), h.3-4

Eithne Kennedy, et.al. (2012). Literacy In Early Childhood and Primary Education (3-8 years) Dublin,

Frydenberg, M., & Andone, D. (2011). Learning for 21 st Century Skills, 314–318.

Irwin S. Kirsch, , Ann Jungeblut, Lynn Jenkins, & Andrew Kolstad. 1993. Adult Literacy in America. (Washington, D.C.: National Center for Educational Statistics.

John W. Creswell. (2008). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluatin, Qualitative and Quantitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Jack C. Richards. (2005). Curriculum Development in Language Teaching. USA:Cambridge University Press.

Magdahalena Tjalla dkk, The Analysis of EFL Students’ Needs for Writing Materials Development, International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 Index Copernicus Value (2015): 78.96 | Impact Factor (2015): 6.391 Volume 6 Issue 8, August 2017 www.ijsr.net Licensed Under Creative Commons Attribution CC BY. DOI: 10.21275/ART20175922. h. 313

Nasution,S. (2008). Asas-asas Kurikulum. Jakarta:Bumi Aksara.

Richard Kern. (2000). Literacy and Language Teaching.(Oxford: Oxford University Press.

Seyedeh Maryam Meraji, Mustafa Zamanian, Incorporation of L1 culture into second language materials development: Benefits vs Risks (Elsevier: Procedia ocial and Behavioral Sciences, 2014)

Sanjaya,Wina. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tashakkori, Abbas dan Charles Teddlie. (2010). Mixed Methodology. Pustaka pelajar: Yogyakarta.

Walter Dick, Carey Lou. (1996). The Systematic Design of Introduction, New York: Longman

Wagner, T. (2010). Overcoming The Global Achievement Gap(online). Cambridge, Mass., Harvard University

Westberg, L., McShane, S., & Smith, L. (2006). Matriks Literasi Rentang Hidup Verizon: Hasil, Pengukuran, dan Praktik dan Strategi Berbasis Penelitian yang Relevan. Washington D.C.

Arifin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.8451



Copyright (c) 2024 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]