PILIHAN KODE PELAKU INDUSTRI PARIWISATA DALAM INTERAKSI SOSIAL DENGAN WISATAWAN DI KABUPATEN BANGKALAN, MADURA

Eka Susylowati, Fitriyatuz Zakiyah, Dea Kurnia, Vanya Dwica Cicilia

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pola pilihan kode pelaku industri pariwisata dalam interaksi sosial dengan wisatawan di Kabupaten Bangkalan dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karena penelitian ini menjelaskan sesuai dengan tujuan penelitian. Data penelitian ini berupa tuturan yang mengandung pilihan kode pelaku industri pariwisata dengan wisatawan dalam interaksi sosial. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catat dan interview. Analisis penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pola pilihan kode pelaku pariwisata dalam interaksi sosial dalam layanan wisata yaitu BI (bahasa Indonesia), campuran BI dengan bahasa asing (bahasa Inggris), campuran BI dengan BM (bahasa Madura), campuran BI dengan BAr (bahasa Arab), dan campuran BI dengan BJ (bahasa Jawa), BM (bahasa Madura). Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan kode pelaku industri pariwisata dalam interaksi sosial meliputi partisipan, siapa yang berbicara dan yang diajak berbicara, latar belakang sosial, tema pembicaraan, fungsi pembicaraan, pengaruh teknologi, penyampaian maksud tertentu dan tujuan tertentu, dan kompetensi bahasa.

KATA KUNCI: Pilihan Kode, Pelaku Industri Pariwisata, Sosiolinguistik, Madura

CODE CHOICE OF TOURISM INDUSTRY ACTOR IN SOCIAL INTERACTION WITH TOURISTS IN BANGKALAN REGENCY, MADURA

ABSTRACT: This research aims to determine the code choice patterns of tourism industry actors in social interactions with tourists in Bangkalan Regency and the factors that influence them. This research is considered qualitative research because of this research explains in accordance with the research objectives. This research data is in the form of speech containing code choices from tourism industry actors and tourists in social interactions. Data collection in this research was observation, notes and interviews. This research analysis uses a contextual approach. The results of this research explain that there is a code choice pattern for tourism actors in social interactions in tourism services, namely BI (Indonesian), a mixture of BI and a foreign language (English), a mixture of BI and BM (Madurese), a mixture of BI and BAr (Arabic). ), and a mixture of BI with BJ (Javanese), BM (Madurese). Meanwhile, the factors that influence the choice of code for tourism industry actors in social interactions covers participants, who is speaking and who is being spoken to, social background, theme of conversation, function of conversation, influence of technology, conveying certain aims and objectives, and language competence. KEYWORDS: Code Choice, Tourism Industry Actors, Sociolinguistics, Madura


Keywords


Pilihan Kode, Pelaku Industri Pariwisata, Sosiolinguistik, Madura

References


Aziz, Y.Q Yusuf & Menalisa. (2020). National Language or Ethnic Language? Young Parents’ Language Choice for Their Children in the Acehnese Home. The International Journal of Communication and Linguistics Studies Vol. 18(1): 21-35

Chong Shin, Mangku, Collins. (2018). Pemilihan Bahasa Komuniti Penan Muslim di Sarawak. GEMA Online® Journal of Language Studies Volume 18(4), http://doi.org/10.17576

Fahmee, F dan Yong Mei Fung. (2016). Language Choice in Online Written Communication among Maldivian Professionals. International Journal 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies-Vol 22 (2):49-66

Holmes. (2013). An Introduction to Sociolinguistics. Fourth edition. Essex: Pearson Education Limited.

Lindolof TR. 1995. Qualitative Communication Research Methods. Thousand Oaks: SAGE Publisher

Moleong, L.J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Karya

Prastiwi IM. (2026). Sosiologi Pariwisata Madura. Madura: Pusko Sosio Universitas Trunojoyo Madura

Pradnya Wati AA, Simpen IW, Arnati NW. (2018). Kedwibahasaan Karyawan Pariwisata Kabupaten Gianyar, Bali. Humanis.

Prembayun, M.L. 2019. Struktur, Pilihan Kode, dan Karakteristik Ngrasani oleh Wanita Jawa dalam Interaksi Sosial di Kabupaten Klaten. Disertasi. Surakarta: UNS.

Rijal AS. PENGGUNAAN BAHASA DALAM RANAH PARIWISATA: STUDI DI KAWASAN TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG BULUSARAUNG MAROS, SULAWESI SELATAN. Jurnal Sasdaya. 5(1) hal.37-51

Rosyadi K. (2016). Sosiologi Pariwisata Madura. Madura: Pusko Sosio Universitas Trunojoyo Madura

Sudaryanto. (2015). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Wiryastuti, D. (2017). Pilihan Kode Pada Masyarakat Jawa (Studi Kasus di Wilayah eks-Karesidenan Surakarta). Disertasi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.8841



Copyright (c) 2024 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]