PENGEMBANGAN MATERI AJAR EJAAN BERBASIS APLIKASI CERBASIA MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 10

Audrey Sagita Purnomo, Liliana Muliastuti, Siti Ansoriyah

Abstract


ABSTRAK: Teknologi dalam bidang pendidikan dimanfaatkan oleh guru sebagai media untuk membuat materi ajar menjadi lebih menarik dan efektif sehingga dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Namun pada kenyataannya, guru belum memanfaatkan teknologi dalam membuat media pembelajaran secara optimal karena belum memiliki kemampuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran berbasis TIK. Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring suite 10 pada siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data diperoleh melalui obervasi, wawancara, dan angket. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.  Pengujian kelayakan produk diuji oleh ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru bahasa Indonesia, serta tanggapan peserta didik kelas VII SMP Diponegoro 1 Jakarta. Hasil penelitian ini berupa materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII yang dapat diakses menggunakan gawai atau perangkat komputer yang terhubung dengan internet. Kelayakan produk materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,5. Sementara itu, penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,5. Selanjutnya, aspek yang diperoleh dari uji coba kelayakan guru bahasa Indonesia mendapatkan skor 5. Serta uji coba kelompok kecil oleh peserta didik mendapatkan skor rata-rata 9,7. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa materi ajar ejaan berbasis aplikasi Cerbasia menggunakan iSpring Suite 10 pada siswa kelas VII sangat layak untuk proses pembelajaran.

KATA KUNCI: Materi Ajar; Ejaan; iSpring Suite 10

 

DEVELOPMENT OF SPELLING TEACHING MATERIAL BASED ON CERBASIA APLLICATION USING ISPRING SUITE 10

 

ABSTRACT: Technology in the field of education is utilized by teachers as a tool to make teaching materials more engaging and effective to capture students' attention throughout the learning process. However, in reality, teachers have not fully maximized the use of technology in creating optimal learning media due to lacking the ability to develop TIK-based learning materials. This research aims to develop spelling teaching materials based on the Cerbasia application using iSpring Suite 10 for seventh-grade students. The study employed the Research and Development (R&D) method, utilizing the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The data are collected through observations, interviews, and questionnaires. Data processing techniques encompassed both qualitative and quantitative methodologies. Product feasibility testing involved subject matter experts, media experts, Indonesian language teachers, and feedback from seventh-grade students at SMP Diponegoro 1 Jakarta. The research yields spelling teaching materials based on the Cerbasia application using iSpring Suite 10 for seventh-grade students, accessible via devices or computers connected to the internet. The product's feasibility assessment falls into the category of excellent. Subject matter expert evaluations obtained an average score of 4.5, while media expert assessments yielded an average score of 4.5. Furthermore, the evaluation by Indonesian language teachers scored 5, and the small-group trial by students received an average score of 9.7. Based on these assessments, it can be concluded that the spelling teaching materials based on the Cerbasia application using iSpring Suite 10 for seventh-grade students are highly suitable for the learning process.

KEYWORDS: Teaching Materials; Spelling; iSpring Suite 10


Keywords


Materi Ajar; Ejaan; iSpring Suite 10

References


Abdullah, A. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Literasi Nusantara Abadi.

Aini, N., Zainuddin, & Mahardika, A. I. (2018). Pengembangan Materi Ajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 264–277.

Akrim. (2022). Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Umsu Publisher.

Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. KWANGSAN, 1(1), 1–15.

Ansoriyah, S., Chaniago, S. M., & Bayu, N. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Blended Learning pada Mata Kuliah Menulis Populer Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, 1, 36–43.

Anto, P., Andrijanto, S., & Akbar, T. (2017). Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran Ejaan di Sekolah. Jurnal Desain, 4(2), 92–99.

Arum, W. S. A. (2006). Pengembangan Bahan Ajar di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 14(7), 66–75.

Azya, Q. N., Nuroso, H., & Kurniawan, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Ispring Suite 10. Lontar Physics Today, 1(3), 125–132.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Media Akademi.

Herlinah, & Musliadi. (2019). Pemograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. PT Elex Media Komputindo.

Hidayat, A., Muliastuti, L., & Dewanti, R. (2022). Poetry Appreciation Teaching Material Design Based on Contextual Approach. ENGLISH REVIEW: Journal of English Education, 10(3), 975–982.

Indah, S. R., & Saleh, N. (2018). Analisis Materi Ajar Membaca dalam Buku Deutsch Ist Einfach. Erlingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 35–44.

Juraev, A. R. (2019). Using the Ispring Suite Software to Evaluate Future Teachers’ Professional Competencies. Science and Education Central Asian Problems of Modern Science and Education, 4(2), 755–762.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan.

Lestari, D. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan yang Disempurnakan pada Karangan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tapung. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Mana, L. H. A., Yusandra, T. F., Atmazaki, & Ramadhan, S. (2020). Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Menyimak Berbasis Contextual Teaching and Learning. Jurnal Kependidikan, 4(1), 152–164.

Maulida, H. F. (2022). Pengembangan Materi Ajar Interaktif Berbasis Flip Builder pada Teks Persuasi Kelas VIII SMP. Universitas Negeri Jakarta.

Mijianti, Y. (2018). Penyempurnaan Ejaan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 113–126.

Samudro, G. D., Shodikin, A., & Aini, K. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Ispring Suite 10 pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. JEP: Jurnal Eksakta Pendidikan, 6(2), 161–169.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pembelajarannya. Remaja Rosdakarya. https://doi.org/978-602-446-221-5

Suyanto, E. (2015). Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar: Kajian Historis-Teoritis dan Praktis Tulis. Graha Ilmu.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, Research and Development (R&D). Bumi Aksara.

Wuryaningtyas, E. T., & Setyaningsih, Y. (2020). Urgensi Pengembangan TPACK bagi Guru Bahasa Indonesia. Bahastra, 40(2), 134. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i2.16898




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.8931



Copyright (c) 2024 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]