REFLEKSI BERKEBINEKAAN GLOBAL PADA CERITA ANAK “SEPASANG MATA” KARYA VERONICA W

Eva Mizkat, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar

Abstract


ABSTRAK: Bahan bacaan merupakan sumber informasi yang harus digali oleh para pembaca. Di masa yang serba digital ini, sumber bacaan tidak harus berbentuk cetak, banyak platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh bahan bacaan dengan menyesuaikan tingkat kebutuhan/jenjang pembaca. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan paltform Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikburistek yang menyediakan bahan bacaan dengan berbagai tema versi digital yang sudah terseleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi dari salah satu bahan bacaan yang telah ditetapkan sebagai bahan bacaan literasi yang sesuai dengan tema Gerakan Literasi Nasional sebagai refleksi salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka yaitu berkebinekaan global, juga untuk memperkenalkan budaya Nusantara kepada pembaca khususnya anak-anak dengan sajian cerita anak yang menarik disertai ilustrasi yang berwarna. Sumber data diperoleh dari cerita anak berjudul “Sepasang Mata” karya Veronica W. dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh bahwa refleksi berkebinekaan global yaitu mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan, dimensi itu terefleksi pada karakteristik tokoh Kinan, Hanna, Edita, dan keluarganya. Dengan demikian, sebelum memberikan bahan bacaan kepada anak-anak, hendaknya peran orang tua, guru, ataupun orang dewasa perlu mengetahui terlebih dahulu isi buku tersebut, agar dapat disesuaikan dengan kondisi anak. Hasil refleksi berkebinekaan global pada penelitian ini diharapakan mampu meningkatkan daya tarik untuk mengenal dan menghargai budaya Nusantara yang beraneka ragam sebagai pengembangan bahan ajar.

KATA KUNCI: refleksi; berkebinekaan global; bahan bacaan literasi; cerita anak; budaya Nusantara.

 

REFLECTION ON GLOBAL DIVERSITY

IN THE CHILDREN'S STORY "A PAIR OF EYES" BY VERONICA W

 

ABSTRACT: Reading material is a source of information that readers must explore. In this digital era, reading sources do not have to be in printed form, there are many digital platforms that can be used to obtain reading material to suit the needs/level of the reader. One of them is by utilizing the platform of the Ministry of Education and Technology's Language Development and Development Agency which provides selected digital versions of reading materials with various themes. The aim of this research is to explore information from one of the reading materials that has been designated as literacy reading material in accordance with the theme of the National Literacy Movement as a reflection of one of the dimensions of the Pancasila Student Profile in the Merdeka Curriculum, namely global diversity, as well as to introduce Indonesian culture to readers, especially children with interesting children's stories accompanied by colorful illustrations. The data source was obtained from a children's story entitled "A Pair of Eyes" by Veronica W. using a qualitative descriptive method. The results obtained are reflection on global diversity, namely knowing and appreciating culture, intercultural communication skills in interacting with others, reflection and responsibility for experiences of diversity, these dimensions are reflected in the characteristics of the characters Kinan, Hanna, Edita, and their families. Thus, before giving reading material to children, parents, teachers or adults should first know the contents of the book, so that it can be adapted to the child's condition. It is hoped that the results of the reflection on global diversity in this research will be able to increase the attractiveness of getting to know and appreciate the diverse cultures of the archipelago as an open materials development.

KEYWORDS: reflection; global diversity; literacy reading materials; children stories; Indonesian culture.


References


Agustina, Indriya Mella. Nuvitalia, Duwi. Listyarini, Ikha, Hanum, Arfanny. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Berkhebinekaan Global pada Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia di Kelas IV SDN Peterongan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2),4795-4807. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1121. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1121

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320

Hayun, Muhammad. Haryati, Tuti. (2020) Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab. School FIP UMJ. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1), 79-89. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6687.

Himawan, Deden. (2014). Pengantar Literasi Informasi. Pelatihan Literasi Informasi di Perpustakaan Institut Pertanian Bogor; 25 April 2014. https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/81255/1/LITERASI%20INFORMASI%20PENGANTAR.doc

Jamalulail, Qodri, Yuniharto, Bonifatius Sigit, Zulfiati, Heri Maria. (2023). Membangun Profil Siswa Berkebinekaan Global Melalui Ajaran Tamansiswa Ngandel, Kandel, Kendel, dan Bandel. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2), 109-115. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/13972/5574.

Jivanca, Viola. (2021). Berkebinekaan Global bersama Globalisasi. https://sman1manggar.sch.id/read/685/berkebinekaan-global-bersama-globalisasi. Diakses: 24 Desember 2023. Pukul: 01:21 WIB.

Kemendikbud. (2017). Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Maghfirani, Raudya Tuzzahra. Romelah, Siti. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5). 100-108. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/327. DOI: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.327

Maghfiroh, Nurun. Umam, Nanang Khoirul. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Berkebinekaan Global Melalui metode Bercerita Untuk Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21009/jpd.v14i01.37471. 14(01), 75-83. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/37471.

Mariska, Anggi. (2022). Analisis Nilai Sosial dan Nilai Edukatif Pada Anak Usia 6-10 Tahun dalam Cerita Pendek “Lima Sahabat” Karya Idiana Setyaningsih. Prosiding SAMASTA: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 444-453. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/454-463.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nabila, Alif Okta, Wulandari, Murfiah Dewi. (2022). Elemen Berkebhinnekaan Global pada Buku Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 788-797. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/2607. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2607.

Rahayu, Triwati. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Publikasi Ilmiah UMS. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7644.

Sadiana, M., & Yulidesni. (2016). Penerapan Metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini. TRIADIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 15(2), 9– 16.

Simbolon, Marlina Eliyanti. Marini, Arita. Nafiah, Maratun. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532-542. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/2449/1514. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Sugiyono. (1992). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih. Tri, Maksum. Arifin, Marini Arita. (2023). Membentuk Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global melalui Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3), 1027-2042. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/viewFile/79594/43344.

Wijayanti, Deni Nur. Muthali’in, Achmad. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan. 18(1), 172-184. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc.

Admin. (2017). Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Gerakan Literasi Nasional. Badan Bahasa Kemdikbud. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/berita-detail/1747/sayembara-penulisan-bahan-bacaan-gerakan-literasi-nasional

Admin. (2020). Sekilas Gerakan Literasi Nasional (GLN): Tugas Masih Berat. Balai Bahasa Provinsi Aceh. https://bbaceh.kemdikbud.go.id/2020/02/22/sekilas-gerakan-literasi-nasional-gln-tugas-masih-berat/

Admin. (2022). Nilai Profil Pelajar Pancasila Berkebinekaan Global. SMAN 12 Banda Aceh. http://sman12bna.sch.id/2022/06/21/nilai-profil-pelajar-pancasila-berkebinekaan-global/

Admin. (2023). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Pusat Informasi Guru Kemdikbud. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar Belakang-Kurikulum-Merdeka

Rahayu, T. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Publikasi Ilmiah UMS. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7644

W, V. (2022). Cerita Cerita Veronica. Ceritaveronica. https://www.ceritaveronica.com/




DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v20i1.9130



Copyright (c) 2024 Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

e-ISSN 2614-7718 | p-ISSN 2086-0609

 Creative Commons License

View My Stats

Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Cijoho-Kuningan

Pos. 45513 | [email protected]