STUDI ETNOMATEMATIKA: AKTIVITAS MATEMATIS PADA PROSES PEWARNAAN BENANG TENUN TROSO

Keywords: etnomatematika, aktivitas matematis, pewarnaan, tenun troso

Abstract

ABSTRACT

One type of learning where a creative approach is necessary to improve student understanding is mathematics. Given the tight connection between mathematics and culture in this instance, ethnomathematics is among the best answers to the issue. Among the numerous regional cultures that are connected to the study of mathematics is Troso. The purpose of this study is to elucidate the mathematical ideas and actions involved in dying the thread. An ethnographic approach is used in this study's qualitative description methodology. Three methods are utilized to acquire data: documentation, interviews, and observations. The research revealed that there were three types of mathematical activity: calculating, measuring, and calculating.

ABSTRAK

Matematika adalah salah satu jenis pembelajaran di mana pendekatan kreatif diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dalam hal ini etnomatematika menjadi salah satu solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut karena faktanya, terdapat hubungan erat antara matematika dengan budaya. Tenun Troso adalah satu dari sekian banyaknya budaya lokal yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aktivitas dan konsep matematis yang terdapat pada proses pewarnaan benang Tenun Troso. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas matematis yang ditemukan sebagai hasil dari penelitian ini meliputi membilang, mengukur dan menghitung.

References

Azizah, D., Fitri, A., Aulia, H. R., & Ilmi, M. A. (2021). Etnomatematika pada Proses Pewarnaan Batik Pekalongan. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 7(2), 191–200.

Bishop, A. J. (1988). Mathematical Enculturation (A Cultural Perspective on Mathematics Education). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Cahyanti, E. D., Sugiarti, T., Monalisa, L. A., Susanto, & Yudianto, E. (2020). Etnomatematika pada Aktivitas Pembuatan Batik Motif Tembakau di Rumah Produksi Batik Nhora Pengestu Ambulu Sebagai Bahan Paket Soal Tes. KadikmA, 11(2), 9. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19797

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5, 44–48.

Destiana, O., Sumarni, & Adiastuti, N. (2020). Developing Geometry Side Flat Learning Devices With a Contructivist Appoarch Base on Mathematical. M A T H L I N E JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 128–145.

Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111–118. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.146

Fadilah, R. R., Sumarni, & Adisatuty, N. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17–30.

Fadlilah, U., Trapsilasiwi, D., & Oktavianingtyas, E. (2018). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Padi pada Masyarakat Jawa di Desa Setail. Jurnal Kadikma, 6(3), 45–56.

Farida, Y., Susanto, S., & Setiawan, T. B. (2020). Etnomatematika pada Pembuatan Batik di Perusahaan Tatsaka Cluring Banyuwangi Sebagai Lembar Kerja Siswa. KadikmA, 11(1), 60. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i1.17946

Hartoyo, A. (2013). Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v2i1.2180

Maisaroh, D., & Permatasari, D. (2024). ETNOMATEMATIKA DALAM TENUN TROSO : KONTEKS PEMBELAJARAN UNTUK TRANSFORMASI GEOMETRI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta PENDAHULUAN Etnomatematika pertama kali diperkenalkan oleh D ’ Ambrosio , seorang matematikawan Brazil , pada tahun 1977 . Secara etimologi , 12, 79–93. https://doi.org/10.35706/judika.v12i1.11076

Manan, A. (2018). Metode Penelitian Etnografi. Analytical Biochemistry (Vol. 11).

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.

Prayitno, A. T., Sumarni, Syafari, R., Basir, M. A., Febrianti, D., Putri, A., … Agung, S. (2023). Instrumen tes kemampuan literasi numerasi berbasis budaya lokal Kabupaten Kuningan Jawa Barat. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 789–801.

Rachmawati, I. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(2), 562–573. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p562-573

Sekarndary, H., Mirza, A., & Ahmad BS, D. (2022). Kajian Etnomatematika pada Pembuatan Tenun Ikat Kabupaten Sintang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(7), 519. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i7.55986

Sintauri, B. D., Puspitasari, A. D., & Noviyanti, H. (2020). Kajian Etnomatematika pada Permainan Gasing yang Dijual di Malioboro Yogyakarta. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 419–428.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S. (2016). Tinjauan Korelasi Antara Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Regulated Learning Matematika Siswa Yang Pembelajarannya Melalui Learning Cycle 5E. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(1), 83–98. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.283

Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3413

Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Etnomatematika (Studi Kasus Pembelajaran Matematika di China) (I). Semarang: UNNES Press.

Published
2024-09-12