STUDI LITERATUR: PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif perangkat lunak GeoGebra dalam membantu siswa memahami konsep matematis. Penelitian literatur dilakukan dengan meninjau sepuluh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal nasional yang relevan dari tahun 2018 hingga 2023. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan GeoGebra secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Pemanfaatan GeoGebra meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperdalam pemahaman konsep matematika, serta mempermudah visualisasi konsep-konsep abstrak. Seluruh artikel yang dianalisis mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbasis GeoGebra terbukti valid, praktis, dan efektif dalam berbagai konteks pengajaran matematika. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa GeoGebra merupakan alat yang sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematis.
References
Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449–460. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1878
Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503
Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13414
Arbain, Sirad, L. O., & Halidin. (2024). Efektivitas video pembelajaran berbasis geoGebra dalam kelas virtual terhadap pemahaman konsep bangun ruang. Mathema Journal, 6(1), 11–21.
Choerunnisa, R. N. (2020). Pengaruh Model Process Oriented Guided.
Fadilah, R. R., Sumarni, & Adisatuty, N. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17–30.
Iswara, L., & Cahdriyana, R. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Berbantuan Geogebra pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2073
Julita, J., Sucipto, L., & Nasrullah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Geogebra Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Dimensi 3. Journal of Math Tadris, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i1.38
Kilpatrick, J. (2010). Helping Children Learn Mathematics. Academic Emergency Medicine (Vol. 17).
Mayadi, S. (2021). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Dengan Implementasi Media Geogebra Pada Siswa SMA. Educatio, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.2691
Mendes, E., Wohlin, C., Felizardo, K., & Kalinowski, M. (2020). When to update systematic literature reviews in software engineering. Journal of Systems and Software, 167. https://doi.org/10.1016/j.jss.2020.110607
Nada, N. Q., & Erita, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Bentuk Aljabar. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 132–148. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.303
Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194.
Novitasari, D., Trisnowali, A., Hamdani, D., Junaidi, & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 7(1), 1–16.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nursanti, R., Sugiatno, & Hartoyo, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dalam materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1–11.
Pirdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individually untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 104–122.
Rahmah, A., & Yahfizham. (2024). Studi Literatur : Penggunaan Software GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Atika Rahmah matematika adalah GeoGebra . Ini biasanya digunakan sebagai alat bantu untuk mengonstruksi ,. Journal of Student Research (JSR), 2(4), 24–40.
Rangkuti, R. K., Suprihatiningsih, S., Rahayu, S., & Razy, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 5(1), 29–44. https://doi.org/10.38114/riemann.v5i1.294
Sartika, F. F., Maizora, S., & Siagian, T. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Smp Kota Bengkulu Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 394–404. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.394-404
Septian, A., Setiawan, E., Noersapitri, Y., & Artikel, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1), 1–9.
Shaffitri, N., Siagian, T. A., Yensy, N. A., Utari, T., & Agustinsa, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Lkpd Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 351–361. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.351-361
Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351
Sumarni, Darhim, Fatimah, S., Widodo, S. A., & Riyadi, M. (2018). Mathematics Content Knowledge Prospective Teachers Through Project-Based Learning Assisted By Geogebra 5.0. In ICSTI 2018 (pp. 1–11). https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281289
Sumarni, S., & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan Visual-Spatial Thinking Dalam Geometri Ruang Mahasiswa Universitas Kuningan. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(2). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.349
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Geogebra dan pemahaman konsep. Prisma, 9(1), 108–117.
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan GeoGebra dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 610–616.
Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12
Yildiz, A. (2016). The Geometric Construction Abilities of Gifted Students in Solving Real-World Problems: A Case from Turkey. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 4(4), 53–67.
Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3413
Copyright (c) 2024 Vicky Mentari Aprilian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.