EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI SE-DESA LANGKAP BUMIAYU

Vina Listiani, Sofri Rizka Amalia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan teori Van Hiele terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan quasi  experimental design sebagai pendekatan penelitiannya, bentuk Quasi experimental design yang digunakan adalah the nonequivalent posttest-only control group design.  Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan teori Van Hiele dapat tuntas KKM, rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual.


Keywords


Model Pembelajaran kontektual, Teori Van Hiele, dan Hasil Belajar

References


Ahmadi, I.K dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu “ Pengaruhnya terhadap Konsep Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri”. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Aisyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta:Depdiknas.

Jihad, A & Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Nurma, M. (2011). Pengaruh Penerapan Teori Van Hiele terhadap Hasil Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas VII MTs Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulung Agung.

Pitadjeng. (2015). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prayitno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Siregar, E dan Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soemantri. (2004). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya .

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i2.1451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.