PENGARUH GAYA BELAJAR MATA KULIAH ARITMATIKA (JARI MATIKA DAN SEMPOA) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

  • Anwar Ardani Universitas Peradaban
  • Dian Purwaningsih Universitas Peradaban

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bersifat konklusif bertujuan menjelaskan pengaruh antar variabel yang dibedakan menjadi variabel independen sebagai variabel penyebab dan variabel dependen sebagai variabel yang menjadi akibat. Dalam penelitian ini dilakukan analisis untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis, dan uji analisis regresi untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa.

References

De Potter, B, dan Hernacki, M. (2007). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics, Reston, Virginia.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: Authur.

Prastyo, D., S. dkk. (2009). Memahami Jarimatika untuk Pemula. Jakarta: Diva Press.

Prasetyono, D., S. (2009). Yuk Belajar Jarimatika. Yogyakarta: Power Books.

Ramlah, D., F., dan Hamzah, Z. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi Vol.1 No. 3 September - Nopember 2014: 68-75

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar.Research Report at Indonesia University of Education . Unpublished

Suprapto, T. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress

Published
2018-10-31