MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING

Asri Adi Putri, Wulan Rindawanti, Masta Hutajulu, Heris Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematis siswa SMP dengan menggunakan pendekatan reciprocal teaching. Kurangnya kemampuan komunikasi dan motivasi belajar matematis di dalam kelas mempengaruhi hasil belajar siswa dikarenakan penggunaan metode mengajar yang tidak sesuai atau kurang tepat, untuk mengatasi hal tersebut peneliti mengambil pendekatan reciprocal teaching yang diharapkan memiliki peluang untuk mengatasi hal tersebut, dan diupayakan dapat membuat siswa aktif serta berkomunikatif dalam proses belajar-mengajar pada mata pelajaran matematika, dan kemampuan komunikasi matematis serta motivasi belajar matematika siswa akan dapat terlatih dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan skala motivasi belajar matematis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Cimahi tahun pelajaran 2017/2018 semester genap. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diambil kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, dan Motivasi Belajar Matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan reciprocal teaching lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar, Pendekatan Reciprocal Teaching

References


Abdul, A.W. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Armiati. (2003). Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Disajikan dalam Semnas Matematika Universitas Katholik Parahyangan. Bandung.

Asikin, M. (2002). Daspros Pembelajaran Matematika I. (Online) Tersedia: https://www.scribd.com/document/13425097/Diktat-Kuliah-DasprosPemb-Mat1. (Diakses 15 Juni 2018).

Effendi, N. (2013). Pengaruh Pembelaaran Reciprocal Teaching dipadukan Think Pair Share terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMABerkemampuan Akademik Berbeda di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan. Vo;. 3, No. 2.

Hamalik. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamzah, B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, Z.N. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Teams Aschievement Division Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Subpokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP 2 JATEN Tahun Pelajaran 2016/2017. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Hendriana, H & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis Dengan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Infinity, 1(1), 90103.

Hendriana, H., Rohaeti, E., Sumarmo, U. (2017). Hardskills dan Softskills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendriana, H & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 3545.

Hudojo, H. (1988). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Hutajulu, M. (2017). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dengan Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA, Jes-Mat. 3(1), 2132.

Hutajulu, M., & Minarti, E. D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Advanced Mathematical Thinking Dan Habits Of Mind Mahasiswa Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif. Jes-Mat, 3(2).

Kamaruddin, I., Roshidah, A. R., Mubin, M., N. & Nurul, A. S. (2010). Pengaruh Gaya Pembelajaran terhadap Motivasi dan Pencapaian akademikPelajar pra Ijazah Sarjana Muda Perguruan Institut Pendidikan Guru Kampus Ipoh. Jurnal Penyelidikan Dedikasi, 2, 141-153.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 20, No.4, 441-451.

Sardiman. (1986). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Surya, M. (2015). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Uno, H.B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B.(2008). Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: Dikat.

Wahyudin, (2012), Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mandiri.

Wirantiwi, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa 74 SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia: tidak dipublikasikan.

Zannati, G. N. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matemtis Siswa pada Materi Bangun Datar di MTs Al-Musyahadah. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (pp. 15851593). Bandung: STKIP Siliwangi.

Zhanty, S.L. (2011). Peningkatan Pemahaman Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Virtual Manipulative dalam Contextual Teaching and Learning (CTL). (Tesis). Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia: tidak dipublikasikan.

Trianto. (2007). Mendesain Model Pembelajan Inovatif Progresif. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.