PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTUAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY PADA SISWA EKSTROVERT DAN INTROVERT
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran geometri menggunakan aplikasi mobile Augmented Reality pada siswa ekstrovert dan introvert, untuk mengetahui penguasaan materi kubus dan balok pada siswa ekstrovert dan introvert. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan partisipan siswa kelas VIII SMPIT AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH tahun pelajaran 2019/2020, dari partisipan penelitian tersebut diambil 4 siswa sebagai responden atau partisipan penelitian wawancara. Pemilihan responden tersebut dilakukan berdasarkan tipe kepribadian yang ditentukan melalui angket kepribadian dan informasi dari guru matematika yang sudah mengetahui lebih dulu kepribadian siswanya, dimana dua partisipan mewakili tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: sebaran kepribadian siswa kelas VIII SMPIT AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH didominasi oleh siswa yang memiliki kepribadian introvert. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa ekstrovert dan introvert pada pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dan individu. Hal ini ditunjukkan bahwa dalam pembelajaran secara berkelompok siswa ekstrovert lebih unggul dari siswa introvert. Sedangkan secara individu, siswa introvert lebih unggul dari siswa ekstrovert.References
Alwilsol. 2004 Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Arini, Z. & Rosyidi, A. H. 2016. Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. MATHEdunesa, 5(2), 127-136.
Bajura, M. & Neumann, U. 1995. Dynamic Registration Correction in Augmented-Reality Systems. In Proceedings Virtual Reality Annual International Symposium'95 (pp. 189-196). IEEE.
Banu, S. M. 2012. Augmented Reality System Based on Sketches for Geometry Education. In 2012 International Conference on E-Learning and E-Technologies in Education (ICEEE) (pp. 166-170). IEEE.
Bergig, O., Nate, H., Jihad, El-S., & Mark, B. 2009. In-place 3D Sketching for Authoring and Augmenting Mechanical Systems. In 2009 8th IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality (pp. 87-94). IEEE.
Chinelo, O. E., Francisca, O. N., & Blessing, M. A. 2016. Enhancing mathematics achievement of introverted and extroverted secondary school students through the use of advance organizers. Journal of Educational Research and Review, 4(3), 27-32.
Habibi, A. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP yang Berkepribadian Extrovert dan Introvert Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier. JURNAL EDUCAZIONE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling, 4(1), 61-71.
Hamiti, M & Reka, B. 2012. Teaching with Technology. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1171-1176.
Hung, Y. H., Chen, C. H., & Huang, S. W. 2017. Applying Augmented Reality to Enhance Learning: A Study of Different Teaching Materials. Journal of Computer Assisted Learning, 33(3), 252-266.
Jung, C. G. 1921. Psychological Types. Online. Tersedia di www.Abika.com (diunduh 19 Oktober 2019)
Liao, Y. T., Yu, C. H., & Wu, C. C. 2015. Learning geometry with Augmented Reality to Enhance Spatial Ability. In 2015 International Conference on Learning and Teaching in Computing and Engineering (pp. 221-222). IEEE.
Manurung, R. T., Amalia, A., Vitianingsih, A. V., Rizky, S., & Susanto, E. 2018. Multimedia Flash Basic Mathematic Learning for Primary School. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.13), 464-466.
Putranto, E. D. 2018. Kemendikbud: Hanya 40 Persen Guru Siap dengan Teknologi. Dalam Republika, 4 Desember 2018. Bandung. Tersedia di https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/12/03/pj60ej335-kemendikbud-hanya-40-persen-guru-siap-dengan-teknologi (Diunduh 25 Oktober 2019)
Rahayu, Y. M., & Fauziah, N. M. 2017. Kemampuan Penalaran Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Ditinjau Dari Kepribadian Introvert dan Extrovert Pada Materi Kalor. Pendidikan Sains, 5(02), 138-146.
Rosida & Astuti. 2015. Perbedaan Penerimaan Teman Sebaya Ditinjau dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert. Journal Empati, 4(1), 77-81.
Saha, R. A., Ayub, A. F. M. & Tarmizi, R. A. 2010. The effects of GeoGebra on Mathematics Achievement: Enlightening Coordinate Geometry Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 686-693.
Copyright (c) 2020 Kartini Kartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.