EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP MINAT DAN PRESTASI PESERTA DIDIK

  • Wikan Budi Utami Universitas Pancasakti Tegal
  • Devi Ratnasari
  • Ponoharjo Ponoharjo
Keywords: Aplikasi Whatsapp, Minat, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Minat dan prestasi belajar matematika  peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp dengan materi lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp tanpa materi. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen . populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X TKRO SMK Negeri 2 Slawi. Sedangkan sampelnya diambil dua kelas, yaitu kelas X TKRO 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas X TKRO 2 menjadi kelas kontrol.instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah 20 item angket dan 10 soal tes berbentuk pilihan ganda yang mengukur minat dan Prestasi belajar peserta didik. Cara mengetahui minat dan Prestasi belajar itu lebih baik maka sebelumnya dilakukan uji kesetaraan sampel yaitu menggunakan uji analisis ragam satu arah.kemudian data Prestasi postes diolah dengan dengan langkah uji normalitas univariat dan normalitas multivariat,uji homogenitas univariat dan homogenitas multivariat dan uji 𝜏2-Hotelling.Berdasarkan analisis Prestasi pengolahan data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Minat belajar dan Prestasi belajar matematika  peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp dengan materi lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp tanpa materi.

Published
2020-09-30