EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP MINAT DAN PRESTASI PESERTA DIDIK

Wikan Budi Utami, Devi Ratnasari, Ponoharjo Ponoharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Minat dan prestasi belajar matematika  peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp dengan materi lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp tanpa materi. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian eksperimen . populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X TKRO SMK Negeri 2 Slawi. Sedangkan sampelnya diambil dua kelas, yaitu kelas X TKRO 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas X TKRO 2 menjadi kelas kontrol.instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah 20 item angket dan 10 soal tes berbentuk pilihan ganda yang mengukur minat dan Prestasi belajar peserta didik. Cara mengetahui minat dan Prestasi belajar itu lebih baik maka sebelumnya dilakukan uji kesetaraan sampel yaitu menggunakan uji analisis ragam satu arah.kemudian data Prestasi postes diolah dengan dengan langkah uji normalitas univariat dan normalitas multivariat,uji homogenitas univariat dan homogenitas multivariat dan uji 𝜏2-Hotelling.Berdasarkan analisis Prestasi pengolahan data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Minat belajar dan Prestasi belajar matematika  peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp dengan materi lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan aplikasi Whatsapp tanpa materi.


Keywords


Aplikasi Whatsapp; Minat; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wikan Budi Utami, Devi Ratnasari, Ponoharjo Ponoharjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.