PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Â
Eksperimen kontrol grup pretes postes untuk mengetahui kemampuan penalaran dan disposisi matematis. Penelitian melibatkan 72 orang siswa kelas VII SMP di Ciamis. Penelitian menemukan bahwa siswa yang belajar menggunakan pembelajaran MI lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan penalaran. MI meningkatkan kemampuan penalaran siswa, peningkatannya lebih baik dari pada yang konvensional. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis pada siswa yang menggunakan MI berdasarkan kategori KAM. Penemuan lainnya adalah mengajar dengan MI lebih baik dari pada konvensional terhadap disposisi siswa.
Â
Kata Kunci : MI, Penalaran Matematis, Disposisi.Copyright (c) 2017 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.