ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI PRASYARAT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Mulyati, & Yunansah. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Makalah disajikan dalam PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Malang, Malang.
Kasma. (2019). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kajuara. Skripsi ridak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kholifasari, R dkk. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(2), 117-125.
Komala, E. & Qintani, S. N. S. (2017). Pembelajaran dengan Pendekatan Metacognitive Guidance (MG) Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), Vol 3(2), 155-166.
Kusniati, I. (2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Melalui Penyelesaian Soal-soal Ekspresi Aljabar Di SMP Negeri 1 Lambu Kibang. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intang Lampung.
Manoy, J.T. & Sari, M.R. (2020). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Programme for Internasional Student Assesment (PISA). JUMADIKA: Jurnal Magi ster Pendidikan Matematika, 1(2), 67-72.
Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis Penguasaan Materi Prasyarat Aljabar Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26-39.
Nurani, M. dkk. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(4), 336-347.
Putra, Y.Y. & Vebrian, R. (2019). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: Budi Utama.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.
Sari, R.H.N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Septianti, Y. dkk. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 131-143.
Sumarni. (2014). Learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis serta self-regulated learning matematika siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumarni. (2020a). Kemampuan Matematis: Tujuan dalam Pembelajaran Matematika. Eulim Publisher.
Sumarni. (2020b). LC5E Learning Cycle 5E (Teori dan Implementasinya: Meningkatkan Kemampuan Koneksi, Komunikasi Matematis dan Self-regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika) (1st ed.). Cirebon: CV. Eulim Publisher.
Sumarni, S. (2016). Tinjauan Korelasi Antara Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self-Regulated Learning Matematika Siswa Yang Pembelajarannya Melalui Learning Cycle 5E. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(1), 83–98. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.283
Wafa. (2017). Pengaruh Pemberian Materi Prasyarat Pada Pemebelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA MAN Kapuas Tahun Pelajarn 2017/2018. Skrpisi tidak diterbitkan. Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari.
Widiyanto. (2019). Perhatian Orang Tua dan Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(1), 45-56.
Yarmayani A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 6(2), 12–19.
Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3413
DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Muhammad Rizal Usman, Kristiawati Kristiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View MyStat
--------------------------------
JES-MAT INDEXING:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.