ANALISIS KESALAHAN SISWA SMPN 2 TELUKJAMBE TIMUR DALAM MENJAWAB SOAL TIMSS BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Defa Imanudin, Sutirna Sutirna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja yang jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS dengan menggunakan metode analisis kesalahan Newman. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-J SMPN 2 Telukjambe Timur. Jenis penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, lalu menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis kesalahan Newman menunjukan bahwa terdapat 18% kesalahan dalam jenis membaca soal, 13% kesalahan memahami soal, 15% kesalahan transformasi, 16% keterampilan proses dan 26% kesalahan dalam menuliskan/menyimpulkan jawaban. Faktor terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah siswa kurang telitinya dalam menjawab soal, siswa tidak mencermati pertanyaan soal sehingga siswa tidak dapat menangkap maksud dari soal, kurangnya penguasaan konsep  oleh siswa, siswa juga terkadang ceroboh dan terburu-buru dalam menjawab soal sehingga mereka tidak melakukan pengecekan kembali terhadap jawabannya. Sebaiknya guru dapat mengajarkan siswa untuk lebih teliti dalam menjawab soal-soal sehingga tidak terjadi lagi kesalahan yang diakibatkan dari kecerobohan dan kurang teliti.

Keywords


Kesalahan, Analisis Kesalahan Newman, TIMSS

Full Text:

PDF

References


Abad, K. (n.d.). Ringkasan Hasil-hasil Asesmen.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17

Alfiani, H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Soal TIMSS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 55–60. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.

Amir, M. F. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, 1(2), 131.

Bahrudin, S., & Isnani, I. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Prosedur Newman. THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics), 7(2), 110–117. https://doi.org/10.36665/theorems.v7i2.598

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508

Fadilah, R. R., Adiastuty, N., & Sumarni, S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Segiempat Ditinjau dari Self-Regulated Learning. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17-30.

Fitriyanah, N. N., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 3, No. 1).

Hadi, H. S., & Susanti, E. (2022). Struktur Berpikir Siswa Terhadap Kesalahan Membaca Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Defragmentasi. 06(03), 3326–3341.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA, 8(1l), 37–51.

Lestari, A. R. A., Minggi, I., & Qadry, I. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Mtematika), 11(2), 122–129. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3513

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Novita, N., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analysis In Number Pattern Material During Distance Learning (DL): Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Materi Pola Bilangan Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19-39.

Nurani, N. I., Uswatun, D. azwar, & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50–56. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.

Paisa, F. Y., Sulangi, V. R., & Tilaar, A. L. F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1107

Rachmat Kriyantono, S.Sos., M. S. (2007). Teknik Praktis Riset komunikasi (2nd ed.). Kencana.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Rihana, R., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI PECAHAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14(1), 24-32.

Riwayati, S., & Andarini, H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Math-UMB.EDU, 9(2), 60–68. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v9i2.2437

Saparwadi, L. (2022). Kesalahan Siswa Smp Dalam Memahami Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12.

Sari, D. C. (2015). Karakteristik Soal TIMSS. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 303–308.

Sari, D. N., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2019, March). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN SOAL OPEN ENDED. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1).

Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660

Suardi, S., EL Hakim, L., & Aziz, T. A. (2022). Kesalahan-Kesalahan Siswa pada Materi Pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418–428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Pembelajaran. In Alfabeta (Vol. 1, Issue 1).

White, & Leslie, A. (2010). No Title. Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis, 20.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.6518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Defa Imanudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.