MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI STATISTIKA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LIMBOTO

Siska Abdulah, Evi Hulukati, Nurwan Nurwan, Yamin Ismail, Siti Zakiyah

Abstract


This study aims to increase students' understanding of concepts using interactive video learning media on statistical material. The type of research used is classroom action and is carried out at SMP Negeri 4 Limboto in the even semester of the 2021-2022 academic year. The subjects of this study were 28. The assessments used in the study were teacher and student observation sheets and concept understanding tests. This research was conducted in 2 cycles. The average percentage of teacher observations from cycles I and II reached 70.8% and 80.8%, resulting in an increase of 10%. Furthermore, the average percentage of student observations reached 67.5% and 81.25% so that there was an increase of 13.75%. The results of the student's concept understanding test also increased from 64.29% to 82.14%. In cycle II, all aspects assessed have reached the indicators of learning success by using interactive video learning media

Keywords


Concept Understanding, Interactive Video, Statistics

Full Text:

PDF

References


A. Wagiyo, Sri Mulyono, Susanto. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Amanda, F D. 2021. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Tekanan Siswa Sman 2 Sungai Penuh Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Video.” Journal Evaluation in Education (JEE) xxx(2): 55–58. https://cahaya-ic.com/index.php/JEE/article/download/152/126.

Arikunto, D. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Diu, Arianto A. et al. 2020. “Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung.” Jambura Journal of Mathematics Education 1(2): 83–89.

Eha, E., Sumarni, S., & Nurhayati, N. (2019, March). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG MEMPEROLEH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1).

Erika, E., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2022). Didactic Design Analysis Of Quadrilateral Learning In The Term Of Interactive Media Based On Adobe Flash Through Contextual Teaching And Learning Approach: Analisis Desain Didaktis Pembelajaran Segiempat Berupa Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 167-184.

Febriyanto, Budi, Yuyun Dwi Haryanti, and Oom Komalasari. 2018. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 4(2): 32.

Habibah, Siti. 2020. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran.” Kompasiana: 1. https://www.kompasiana.com/sihaasiaherman/5e9426af097f36097871e462/penggunaan-media-audio-visual-dalam-pembelajaran.

Handayani, M., and W. Wardani. 2015. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas VIIID SMP N I Kasihan.” Jurnal Derivat 2(1): 68–75.

Novita, N., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analysis In Number Pattern Material During Distance Learning (DL): Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Materi Pola Bilangan Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19-39.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoristik Dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Puluhulawa, Indra, Evi Hulukati, and Ali Kaku. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Dan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jambura Journal of Mathematics Education 1(1): 32–40.

Rochim, Abdur, Tutik Herawati, and Nurwiani Nurwiani. 2021. “Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra Dan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10(2): 269–80.

Sanapiah, Sanapiah, and Yuntawati Yuntawati. 2020. “Peningkatan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik.” Media Pendidikan Matematika 8(2): 118–27.

Sanjaya, W. 2009. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Setiana, Ferna, Theresia Sri Rahayu, and , Wasitohadi. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sd.” Jurnal Karya Pendidikan Matematika 6(1): 8.

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer.(Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Euclid, 2(1).

Suseno, Putri Utami, Yamin Ismail, and Sumarno Ismail. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif Berbasis Multimedia.” Jambura Journal of Mathematics Education 1(2): 59–74.

Susilawati, T., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019, March). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PRODUK MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN RELASIONAL MATEMATIS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1).

Yasri, Randa Avito, Ambiyar Ambiyar, and Mulianti Mulianti. 2019. “Penerapan Video Media Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding.” Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan 2(1): 31–38.

Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101-112.

Zakaria, Perry, Nurwan Nurwan, and Frendy Dermawan Silalahi. 2021. “Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Segi Empat.” Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi 9(1): 32–39.

Zakiyah, Siti, Dinda Nur, Syifa Halawatul I, and Gustiani Rahayu. 2018. “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Di Smp Negeri 1 Ngamprah.” Pembelajaran Matematika Inovatif 1(4): 539–46.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.6665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siska Abdulah, Evi Hulukati, Nurwan Nurwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.