ANALISIS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS IX

Masta Hutajulu, Wina Agustiana, Nadia Putri Ayu Ningrum, Vivian Yulianti, Paulani Sucahya Br Aritonang, Dewi Sintia Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa ketika menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran Discovery learning berbantuan canva, khususnya dalam materi transformasi geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan memberikan soal tes mengenai materi transformasi geometri. Subjek PDA penelitian ini ialah siswa kelas IX D di SMP Negeri 3 Cimahi yang berjumlah 38 siswa. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mulanya 65 meningkat menjadi 76.

Keywords


Scientific; Discovery learning, Canva, Geometry Transformation

Full Text:

PDF

References


’Ashri, H. Z., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Transformasi Geometri Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3191

Akbar, K. (2015). KURIKULUM 2013 DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC.

Anggraeni, A., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.4646

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Kurniawan, A. P. (2015). STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA Government of Indonesia (GoI) and Islamic Development Bank (IDB).

Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113-128.

Mahmudi, A. (2015). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 1, 561–566.

Meliyanti, M., Nahdi, D. S., & Yonanda, D. A. (2018). Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(2), 196–204. https://doi.org/10.31949/jee.v1i2.1511

Melly, M. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Media Audiovisual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Novita, N., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analysis In Number Pattern Material During Distance Learning (DL): Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Materi Pola Bilangan Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19-39.

Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14(2), 104-117.

Prabandari. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 4 Genengadul. FKIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1.

Sahrudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1–12.

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Sofyan, Y., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 129-142.

Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Siswa? Journal of Instructional Mathematics, 2, 21–35. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.905

Sumarni, S., Darhim, D., & Fatimah, S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah berdasarkan tahapan polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396-1411.

Sumarni, S., Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH NON RUTIN MAHASISWA PADA TOPIK SEGIEMPAT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 563-576.

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer.(Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Euclid, 2(1).

Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8.

Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2020). Penerapan Dan Pemahaman Siswa Smp Kelas Viii Terhadap Materi Pembelajaran Matematika Dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 85–89. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1819




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.7404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wina Agustiana, Nadia Putri Ayu Ningrum, Vivian Yulianti, Paulani Sucahya Br Aritonang, Dewi Sintia Rahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.