PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amridawati, N. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Kontekstual Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Efendi, A., & Maskar, S. (2022). Studi Pendahuluan: Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Islam Adiluwih. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 50-53. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1825
Fhatulloh, M. R., & Yusup, M. (2017). Implementasi Guru dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 133-139. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.2790
Fortuna, I. D., Yuhana, Y., & Novaliyosi, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1308-1321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.617
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40-55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5
Hasibuan, F. A., Subakti, H., Harizahayu, H., Salamun, S., Siallagan, T., Saftari, M., & Chamidah, D. (2022). Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Deepublish.
Mustafidhah, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Flipped Classroom Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika).
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389
Sasongko, D. B., & Fatirul, N. (2019). Pengembangan e-learning dengan video conference untuk pendukung pembelajaran informatika terapan di politeknik kelautan dan perikanan sidoarjo. Jurnal Education and Development, 7(2), 236-236. https://doi.org/10.37081/ed.v7i2.1001
Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi Aksara.
Siskawati, E. (2018, February). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Discovery Learning berbasis Adiwiyata Materi Aljabar. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 105-113).
Sukri, H., & Fatah, D. A. (2020). Rancang Bangung Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Solusi Peningkatan Daya Belajar Mandiri Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 6(2), 52-60. https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.6171
Wartoyo, A. T. (2019). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, Vol 11 No 1, Hal 313–330.
Wulandari, H. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom Dan Diskusiterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri Di Kabupaten Klaten (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Wulandari, N. C., Dwijanto, D., & Sunarmi, S. (2015). Pembelajaran Model REACT Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9054
Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped classroom: Model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21 sesuai kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372-384. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209
DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.7462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Rizal Usman, Usman Mulbar, Sri Wahyuni
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
--------------------------------
JES-MAT INDEXING:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.