PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Muhammad Rizal Usman, Usman Mulbar, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran matematika dengan metode Flipped Classroom pada pokok bahasan teorema Pythagoras. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan desain pembelajaran dengan metode flipped classroom adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 20 Bulukumba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi oleh para ahli, angket respon siswa, dan soal tes siswa materi teorema Pythagoras. Hasil penelitian pengembangan desain pembelajaran matematika ini melalui lima tahapan mulai tahapan analisis permasalahan dasar,analisis teori belajar dan materi, menyusun instrumen, angket dan soal, validasi instrumen oleh ahli, revisi instrumen, angket, pemilihan materi, pengembangan desain pembelajaran menggunakan metode flipped classroom, implementasi desain pembelajaran pada subjek sebanyak 25 siswa, hingga tahap evaluasi desain pembelajaran dengan melakukan penyebaran angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain pembelajaran matematika dengan metode flipped classroom yang dikembangkan layak digunakan karena memenuhi kriteria desain pembelajaran seperti valid dengan skor 3,64 dari para ahli. Memenuhi kriteria kepraktisan desain pembelajaran dengan persentase 84,48% untuk angket respon siswa dan memenuhi kriteria keefektifan desain pembelajaran dengan persentase 84% siswa yang memiliki nilai yang memenuhi KKM.

Keywords


desain pembelajaran; flipped classroom; matematika

Full Text:

PDF

References


Amridawati, N. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Kontekstual Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Efendi, A., & Maskar, S. (2022). Studi Pendahuluan: Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Islam Adiluwih. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 50-53. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1825

Fhatulloh, M. R., & Yusup, M. (2017). Implementasi Guru dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 133-139. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.2790

Fortuna, I. D., Yuhana, Y., & Novaliyosi, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1308-1321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.617

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40-55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Hasibuan, F. A., Subakti, H., Harizahayu, H., Salamun, S., Siallagan, T., Saftari, M., & Chamidah, D. (2022). Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar mengajar. Deepublish.

Mustafidhah, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Flipped Classroom Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika).

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1). http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173-179. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Sasongko, D. B., & Fatirul, N. (2019). Pengembangan e-learning dengan video conference untuk pendukung pembelajaran informatika terapan di politeknik kelautan dan perikanan sidoarjo. Jurnal Education and Development, 7(2), 236-236. https://doi.org/10.37081/ed.v7i2.1001

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi Aksara.

Siskawati, E. (2018, February). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Discovery Learning berbasis Adiwiyata Materi Aljabar. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 105-113).

Sukri, H., & Fatah, D. A. (2020). Rancang Bangung Model Pembelajaran Flipped Classroom Sebagai Solusi Peningkatan Daya Belajar Mandiri Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 6(2), 52-60. https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.6171

Wartoyo, A. T. (2019). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui ADDIE Model Untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal PKn Progresif, Vol 11 No 1, Hal 313–330.

Wulandari, H. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom Dan Diskusiterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri Di Kabupaten Klaten (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Wulandari, N. C., Dwijanto, D., & Sunarmi, S. (2015). Pembelajaran Model REACT Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9054

Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped classroom: Model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21 sesuai kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372-384. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.7462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Rizal Usman, Usman Mulbar, Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.