EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DAN MISTAR PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS RENDAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan penggunaan media pembelajaran antara siswa yang mendapatkan penggunaan media pembelajaran wordwall dan media pembelajaran mistar pintar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain Non-Ekuivalen. Populasi penelitian adalah siswa kelas rendah di Sanggar Bimbingan Sentul, Kuala Lumpur, Malaysia dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa.(2) Terdapat Perbedaan Efektivitas penggunaan media pembelajaran, (3) Persentase rata-rata menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall lebih efektif dibandingkan dengan media pembelajaran mistar pintar pada hasil pembelajaran siswa kelas rendah.
References
Aryani, W., & Mansur. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Primary, 09(01), 55–78.
Casnan, C., Mahpudin, A., & Puadi, E. F. W. (2018). Penerapan Permainan Interaktif Geocaching Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Sebagai Inovasi Baru Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2028
Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38
Casnan, Mahpudin, & Puadi. (2019). Penerapan Permainan Interaktif Geocaching Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Sebagai Inovasi Baru Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, July 2020. https://doi.org/10.17509/edusentris.v4i2.374
Elisa, R. S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Jurnal perseda. Jurnal Persada, III(3), 115–120.
Ilma, R. (2013). Implementasi Alat Peraga Operasi Bilangan Bulat Bagi Guru Sekolah Dasar (Sd) Se-Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.823.
Imanulhaq, R., & Pratowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33–41. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/639/429
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. In JPK (Vol. 4, Issue 1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Maryati, I., & Parani, C. E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 143–156. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i2.4253
Muhsetyo, & Gatot. (2008). Penerapan Media Manik-Manik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dalam Materi Bilangan Bulat. Primary, 7(01), 133–155. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/2985%0Ahttp://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/download/2985/2174
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
Novita, R., Kurnia, A. B., & Yukan, S. S. (2014). Pembelajaran Penjumlahan Pecahan Dengan Menggunakan Media Penjumlahan Pecahan Kertas (Pencak) Di Kelas IV Sekolah Dasar. 1(April 2014), 1–11.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Oktavia, B., Zainul, R., Guspatni, & Putra, A. (2018). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang. INA-Rxiv, 1–9.
Rahayu, G., Kurniati, D., Jatmiko, D. D. H., Lestari, N. D. S., & Ambarwati, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 207–216. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.6372
Rahayu, P., Rizkia Pangestika, R., Anjarini, T., Kunci, K., & Belajar, H. (n.d.). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. 4.
Sumarni. (2019). Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Model Mind Mapping Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak. 5(1), 30–42.
Sumarni, S., Darhim, D., Fatimah, S., Priatna, N., Anjelita, A., & Taufik, A. (2018, November). The students’ mathematical concept understanding ability through cooperative learning type jigsaw assisted visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1132, No. 1, p. 012051). IOP Publishing
Sumarni, S. (2018). Profil keterampilan mengembangkan media pembelajaran matematika mahasiswa calon guru matematika.
Venni Herli Sundi, Herwina Bahar, R. I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Puzzle Rumah Perkalian Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 3(2), 54–62.
Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101-112
Copyright (c) 2023 Putri Shela Oktaviani, Casnan Casnan, Oman Hadiana, Tio Heriyana, Tati Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.