EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL “NUMERASI MATEMATIKA (NUMET)” MATERI BILANGAN BULAT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI SB AMPANG MALAYSIA

Ade Irma Rismala, Oman Hadiana, Reza Muhamad Zaenal, Casnan Casnan, Tio Heriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bilangan bulat antara kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran berbasis digital Numerasi Matematika (NuMet) dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SB Ampang dan mengambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas V sebagai kelas eksperimen dan kelas VI sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman matematis berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat perbedaan pengaruh positif dan keefektivitasan penerapan media pembelajaran berbasis digital NuMet yang diterapkan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


Media pembelajaran berbasis digital, Numerasi matematika, Pemahaman matematis

Full Text:

PDF

References


Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1).

Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika SD. Mimbar PSGD Undiksha, 7(2), 65–71.

Arnidha, Y. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jpgmi, 3(1), 53–61.

Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83.

Dalam, T., & Masalah, M. (2015). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD)

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85.

Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving numeracy education in rural schools : a professional development approach. 129–148.

Marlena, N., Dwijayanti, R., & Edwar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 6(1), 45–51.

Ruseffendi, E. T. "Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya." Bandung: Tarsito (2005).

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360.

Sumarni, S., Adiastuty, N., Riyadi, M., Nisa, D. K., Restu, A. M., & Lestari, I. T. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENGERJAKAN SOAL PISA UNCERTAINTY AND DATA CONTENT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).

Sumarni, S. (2018). Profil keterampilan mengembangkan media pembelajaran matematika mahasiswa calon guru matematika.

Sumarni, S., Darhim, D., Fatimah, S., Priatna, N., Anjelita, A., & Taufik, A. (2018, November). The students’ mathematical concept understanding ability through cooperative learning type jigsaw assisted visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1132, No. 1, p. 012051). IOP Publishing.

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer.(Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Euclid, 2(1).

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71.

Wibisono, Dermawan. "Panduan penyusunan skripsi, tesis & disertasi." Yogyakarta: PenerbitAndi (2013).

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508.

Wulaningsih, S. A., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA ANDROID. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 101-114

Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101-112.

Zaenal, R. M., Suryaman, O., & Sutisna, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING “NUMET” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2725.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Irma Rismala, Oman Hadiana, Reza Muhamad Zaenal, Casnan Casnan, Tio Heriyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.