ANALISIS LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP

Indira Novelia Nurinayah, Iyan Rosita Dewi Nur

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling berjumlah 3 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes tulis PISA dan wawancara mengenai literasi matematis. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa secara keseluruhan ketercapaian literasi matematis siswa memiliki presentase 29,62%. Berdasarkan kategori literasi matematis maka disimpulkan bahwa 1) siswa dengan kategori tinggi mampu menuntaskan 2 indikator kemampuan literasi matematis; 2) siswa dengan kategori sedang mampu menuntaskan 2 indikator kemampuan literasi matematis, tetapi siswa masih kesulitan dalam menafsirkan permasalahan soal; dan 3) siswa dengan kategori rendah hanya mampu menuntaskan 1 indikator kemampuan literasi matematis.

Keywords


Literasi Matematis, PISA, Change and Relationship

Full Text:

PDF

References


Aulia, A. (2020). Minat Literasi Mahasiswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 593–596.

Aynul, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ayuningtyas, N. (2017). Profil Literasi Matematis Konten Change and Relationship Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Edukasi, 3(1), 99–109.

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Pustaka Belajar.

Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 127–131.

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe PISA Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815.

Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape Ditinjau dari Level Kemampuan Spasial Matematis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 859–868.

Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung , 30–11.

Hikmaturrahman. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Takalar dalam Menyelesaikan Soal Pisa (Program For International student Assessment). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam menghadapi Abad ke-21. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 905–910.

Kafifah, A., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pelevelan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Kadikma, 9(3), 75–84.

Miles, H. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Penerbit Universitas Indonesia (UI-PESS).

Nariyati, R. Y., Halini, & Ahmad, B. D. (2017). Literasi Matematis Siswa pada Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1–9.

Nasution, R. S., Fauzi, M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Space and Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10.

Ngatno. (2015). Buku Ajar Metodologi Penelitian Bisnis. CV. Indoprinting.

Novitasari, E. D. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Konten Change and Relationship pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Puhpelem. Universitas Muhammadiyah Sukarta.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.

OECD. (2019). PISA 2018 Insight and Interpretations. OECD Publishing.

Qadry, I. K., Dassa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Infinity: Jurnal Matematika Dan Aplikasinya (IJMA), 2(2), 78–92.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press.

Santika, A., & Khotimah, R. P. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Ditinjau dari Self-Regulation. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1103–1107. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2359

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–345.

Sukiati. (2016). Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar. CV. Manhaji.

Sumarni, S., Adiastuty, N., Riyadi, M., Nisa, D. K., Restu, A. M., & Lestari, I. T. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MENGERJAKAN SOAL PISA UNCERTAINTY AND DATA CONTENT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1).

Sumarni, S., Adiastuty, N., & Syafari, R. (2022). PELATIHAN PEMANFAATAN KALKULATOR ONLINE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMTIKA BAGI GURU-GURU DI KABUPATEN CIREBON. Al-Khidmat, 5(1), 56-66.

Teresa, H., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2020). Kemampuan Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Change and Relationship. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(2), 60–68.

Ulyah, S. M., Sediono, S., Ana, E., Sholihah, N., & Niswatin, K. (2021). Improving the competency of high school teachers in understanding and designing questions based on minimum competency assessment in Babat Lamongan district. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 55–64.

Usman, M. R., & Kristiawati. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat. Jes-Math: Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 8(1), 79–94. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5463

Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajaran, 199–209.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indira Novelia Nurinayah, Iyan Rosita Dewi Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.