PENGARUH MODEL PEER TUTORING COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 KASOKANDEL

Pipih Khoeriah

Abstract


Koneksi matematis merupakan kemampuan mengaitkan konsep matematika dengan dengan bidang lain, termasuk hubungannya dengan aktivitas sehari-hari. Pada kenyataannya koneksi matematika siswa cukup lemah. Upaya untuk meningkatkan konektivitas matematis tersebut memerlukan model pembelajaran yang lebih aktif, salah satunya adalah model peer tutoring cooperative learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis antara kedua kelas. Penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Jenis penelitian eksperimen semu yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kasokandel dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa terdiri dari 28 siswa di kelas eksperimen dan 28 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data melalui tes berupa posttest kemudian dilakukan analisis menggunakan uji T. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada penelitian ini kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Kasokandel menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan model peer tutoring cooperative learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, hal tersebut terlihat dari nilai sig. sebesar 0,033 < 0,05.

Keywords


Kemampuan Koneksi Matematis, model Peer Tutoring Cooperative Learning



DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.8333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pipih Khoeriah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.