EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Lutfiyatul Amanah, Anwar Ardani, Dian Purwaningsih

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET Simulation lebih baik dari model pembelajaran konvensional jika dalam kemampuan pemecahan masalah siswa, dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dengan setelah menggunakan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET Simulation. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dua SD Negeri se-Desa Mlayang, dengan sampel siswa kelas IV SD Negeri Mlayang 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Mlayang 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu independent sample t test dan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  yaitu , (2)  yaitu , sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET Simulation lebih baik dibandingkan dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dengan setelah menggunakan model pembelajaran simulasi berbantuan PhET Simulation.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Simulasi, Media PhET Simulation, Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Amri, D. R., & Isnaini, R. L. (2022). Implementasi Model Simulasi dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas V di MIN 1 Bantul Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Arabic Studies and Teaching, 45–59.

Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran PPS (Problem Posing & Solving). Sukabumi: CV Jejak.

Handayani, K. (2017). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. SEMNASTIKAUNIMED.

Hasmira, N. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis. Journal of Matematics Education, 1(1), 18-24.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Herawati, N. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Simulasi. Manajer Pendidikan, 11(6), 560–568.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Sutabaya.

Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontribusi Model Simulasi TIK untuk Menumbuhkan Berfikir Logis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 88–94.

Labibah, U. N., & Jumadi. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Simulasi Berbantuan PhET pada Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Aspek Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 211–222.

Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113-128

Mardhatilla, Z. M. (2021). PhET Simulation Sebagai Penunjang Pembelajaran IPA Secara Online Selama Pandemi Covid-19. PISCES: Proceeding of Integrative Science Edycation Seminar, 1, 441–448.

Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14(2), 104-117.

Oktapyanto, R. R. Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. JPSD, 2(1), 96–108.

Polya, G. (2004). How to Solve It. United States of America: Princeton University Press.

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142.

Pusat Penelitian Pendidikan Badan Penelitian dan Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Puspendik Kemdikbud.

Rahayu, N. P., & Dwikoranto. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Simulasi Berbantuan PhET untuk Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 104–110.

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rini, E. S., & Hidayati, K. (2021). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembelajaran RME. Jurnal Kajian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 25–32.

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sofyan, Y., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 129-142.

Sumarni, S., Darhim, D., & Fatimah, S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah berdasarkan tahapan polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396-1411.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Susilawati, A., Yusrizal, Halim, A., Syukri, M., Khaldun, I., & Susanna. (2022). The Effect of Using Physics Education Technology (PhET) Simulation Media to Enhance Students’ Motivation and Problem-Solving Skills in Learning Physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1157–1167.

Utami, D. S. P., & Setiyawati, E. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Academia Open, 7, 6-11.

Wulansari, A., & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3762–3768.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.8527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lutfiyatul Amanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.