EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SLICE FRACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL HOTS
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abduh. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thingking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Alman, & Purwanty, W. N. I. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas IV SD Ypk Lahairoy Yensawai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 55–61.
Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56–69.
Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55.
Arends, R. I. (2012). Learning To Teach (Edisi 9). New York: McGraw-Hill.
Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 297-303.
Beşaltı, M., & Kul, Ü. (2021). Effects of a Game-Based app on Primary Students’ Self Efficacy and Achievements in Learning Fractions During Distance Education. Turkish Psychological Counseling and Guidance Journal, 11(63), 505–520.
Dewantari, O., & Djami, C. B. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Grocery Shopping Dalam Meningkatkan Kemampuan Materi Pecahan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 40–49.
Farida, I. (2022). Model Missouri Mathematics Project. Bekasi: Penerbit Mikro Media Teknologi.
Gresalfi, M. S., Rittle-Jhonson, B., Loehr, A., & Nichols, I. (2017). Design Matters: Explorations of Content and Design in Fraction Games. Education Tech Research Dev, 66, 579–596.
Hanifah, M., & Indarini, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2571–2584.
Hasriyani, A., Baharullah, & Agustan, S. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Dengan Model Project Based Learning ( PBL ) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1173–1184.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jenah, R., Wahdah, N., & Syar, N. I. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Secara Daring pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(2), 178–184.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Nugraha, M., & Basuki, B. (2021). Ujian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do: Vol. I. Paris: OECD.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Bardasarkan Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.
Widyastuti R.T; Airlanda, G. . (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.
DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.8530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 IIn Lestari, Anwar Ardani
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
--------------------------------
JES-MAT INDEXING:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.