EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SLICE FRACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL HOTS

IIn Lestari, Anwar Ardani

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai siswa. Namun, permasalahan muncul terkait rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan model PBL berbantuan Slice Fraction. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan Slice Fraction lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kaliwadas. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling yaitu cluster sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, yang kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan Slice Fraction lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF

References


Abduh. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thingking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Alman, & Purwanty, W. N. I. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas IV SD Ypk Lahairoy Yensawai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 55–61.

Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56–69.

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55.

Arends, R. I. (2012). Learning To Teach (Edisi 9). New York: McGraw-Hill.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 297-303.

Beşaltı, M., & Kul, Ü. (2021). Effects of a Game-Based app on Primary Students’ Self Efficacy and Achievements in Learning Fractions During Distance Education. Turkish Psychological Counseling and Guidance Journal, 11(63), 505–520.

Dewantari, O., & Djami, C. B. N. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Grocery Shopping Dalam Meningkatkan Kemampuan Materi Pecahan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 40–49.

Farida, I. (2022). Model Missouri Mathematics Project. Bekasi: Penerbit Mikro Media Teknologi.

Gresalfi, M. S., Rittle-Jhonson, B., Loehr, A., & Nichols, I. (2017). Design Matters: Explorations of Content and Design in Fraction Games. Education Tech Research Dev, 66, 579–596.

Hanifah, M., & Indarini, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2571–2584.

Hasriyani, A., Baharullah, & Agustan, S. (2022). Perbedaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Dengan Model Project Based Learning ( PBL ) Mengacu Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas V SD Wilayah II Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1173–1184.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jenah, R., Wahdah, N., & Syar, N. I. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Secara Daring pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(2), 178–184.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Nugraha, M., & Basuki, B. (2021). Ujian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do: Vol. I. Paris: OECD.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Bardasarkan Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.

Widyastuti R.T; Airlanda, G. . (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.8530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IIn Lestari, Anwar Ardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.