PENGARUH METODE CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS (CPTT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE

Dian Purwaningsih, Anwar Ardani, An Nur Ami Widodo, Sofri Rizka Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Ceramah Plus Tanya jawab dan Tugas (CPTT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Subyek Penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Universitas Peradaban semester II Tahun Akademik 2022/2023 yang berjumlah 15 mahasiswa. Tempat penelitian dilakukan di Universitas Peradaban. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes dan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian dijelaskan bahwa salahsatu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor keaktifan dalam pembelajaran menggunakan metode Ceramah Plus Tanya jawab dan Tugas (CPTT). Hasil yang dapat dilihat pada tabel hasil interpretasi self-confidence mahasiswa memperoleh hasil yang paling banyak berada dalam kategori sedang.

Keywords


metode CPTT, keaktifan, pemahaman konsep, self-confidence.

Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03 (02).

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika,2 (2), 147-153.

Diana, F., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Metode Ceramah plus Demonstrasi dan Latihan dalam Meningkatkan Pemahaman Ubudiyah Santriwati pada Program Kuliah Subuh. FAKTA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (2), 78-87.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center .

Eha, E., Sumarni, S., & Nurhayati, N. (2019, March). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA YANG MEMPEROLEH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1).

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, S. H. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTU ALAT PERAGA BONGPAS. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1), 14-20.

Fajar, A. P., Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 229-239.

Faisal, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 5(1), 31-48.

Febrianti, Y. (2019). Profil Self Confidence (Kepercayaan Diri) Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMA N 7 Pekanbaru. Pekanbaru: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BERGAMBAR PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 4 (2), 32-44.

Habibah, A., & Purwaningsih, D. (2022). EFEKTIVITAS PENDEKATAN DIFFERENTIATE INTRUCTION (DI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Dialektika Pendidikan Matematika, 9 (2), 630-645.

Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kartika, Y. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2 (4), 777-785.

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). METODE CERAMAH PLUS DISKUSI DAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1 (2), 65-76.

Muhaimin, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode CPDL (Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan) pada Siswa Kelas VIII G SMPN 5 Mandai. EQUALS, 3 (1), 1-9.

Novita, N., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analysis In Number Pattern Material During Distance Learning (DL): Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Materi Pola Bilangan Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19-39.

Octamela, K. S., Suweken, G., & Ardana, I. M. (2019). Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3 (2), 305-315.

Pratiwi, S. (2018). PENGARUH PRESTASI BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MLAT. Yogyakarta: PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Purnomo, R. W., & Wahyudi. (2021). PERAN SELF CONFIDENCE BAGI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 5 (2).

Radiusman. (2020). STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (1), 1-8.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Ratnasari, R. T. (2022). HUBUNGAN ANTARA SELF CONFIDENCE DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SAWANGAN 02. Jakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah .

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 275-290.

Saif, L. (2022). PENGARUH SELF CONFIDENCE DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI MA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

Sholiha, & Aulia, L. A.-A. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi, 7 (1), 41-55.

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer.(Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Euclid, 2(1).

Wahidi, F., & Wirdati. (2022). PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PLUS TANYA JAWAB DAN TUGAS (CPTT) PADA MATERI MEYAKINI HARI AKHIR DAN MENGAKHIRI KEBIASAAN BURUK MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP NEGERI 13 PADANG. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4 (4), 885-896.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Meda: Widya Puspita.

Yunita, A., Sovia, A., & Hamdunah. (2020). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Elemen, 6 (1), 56–67.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.8638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dian - Purwaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.