ANALISIS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Wiwit Damayanti Lestari

Abstract


Media menjadi alat untuk menyampaikan suatu konsep dalam pembelajaran dengan lebih mudah. Pembelajaran berbasis multimedia dapat melibatkan perhatian, menumbuhkan pemikiran, meningkatkan pemahaman, dan memberikan pengalaman belajar mahasiswa secara luas. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis prestasi belajarmahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah perkembangan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester IIA tahun akademik 2016/2017. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes perkembangan peserta didik, portofolio, observasi, dan wawancara. Seluruh data yang diperoleh kemudian dianalisis sesuai dengan langkah yaitu mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester IIA tahun akademik 2016/2017 melalui penerapan pembelajaran berbasis multimedia pada mata kuliah perkembangan peserta didik berada pada kategori sangat baik.


Keywords


Prestasi Belajar, Pembelajaran Berbasis Multimedia, Perkembangan Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Aloraini, S.(2012). The Impact of Using Multimedia on Students’ Academic Achievement in the College of Education at King Saud University. Languages and Translation, 24, 75-82.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Elfrindi, Rumengan, J., Wello, M. B., Tobing, P., Yanti, F., Zein, Eriyani, E., & Indra, R.(2010). Soft Skillss untuk Pendidik. Tanpa kota: Baduose Media.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Edisi Keempat). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Pramono, G. (2008). Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi DEPDIKNAS.

Nurhusain, M., & Nurhaeni. (2016). Komparasi Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Model Pembelajaran Langsung. Pedagogy, Vol.1 No.2, 10-27.

Sugiyono. (2011).Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.