PENGARUH AKTIVITAS SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Gita Tresna Puspita, Wawan Irmawan, Dina Pratiwi D.S

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa dalam model cooperative script terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Cooperative Script  dengan pembelajaran secara konvensional dan untuk mengetahui respons siswa selama pembelajaran menggunakan model cooperative script. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kelompok eksperimen True Experimenal Design (Eksperimen Murni) dengan pola Posttest Only Control Group Design (Kelompok Kontrol Postest). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mandirancan Kabupaten Kuningan. Sampel dalam penelitian ini, yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah kelas VII-F dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VII-G. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh aktivitas siswa yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model cooperative script dengan siswa yang pembelajarannya dengan metode konvensional. (3) analisis respons siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model cooperative script dengan nilai rata-rata sebesar 79% dengan interpretasi kuat. Jadi, model cooperative script ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, karena dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Cooperative Script , Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Ferdianto, F dan Cahya, F. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Student Facilitator and Explaining Berbantu Domino Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD). Yogyakarta, 27 Desember 2014. ISSN: 9 772407 749004.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Masripah, I. (2016). Pengaruh Metode Quantum Learning terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi Unswagati: Tidak Diterbitkan.

Oktarina, D. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Tanjung Lubuk. [online]. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Rifa’i, R. (2015). Penggunaan Model Cooperative Script Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa. Banten: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 1, No. 1: 28-36.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Winarno. (2009). Teori Presentasi dan Simulasi Peran Fasilitator Berdasarkan Andragogi. Yogyakarta: Diktat Dirjen Peningkatan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.