PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM MEMBUAT KONEKSI MATEMATIS PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH

Anggar Titis Prayitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir mahasiswa dalam membuat koneksi matematis pada soal pemecahan masalah. Koneksi matematis yang dimaksud pada penelitian ini adalah aktivitas yang dilakukan mahasiswa dalam menghubungkan antar konsep matematika dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Tahapan penyelesaian masalah yang digunakan berdasarkan tahapan penyelesaian masalah menurut polya.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini tiga mahasiswa prodi pendidikan matematika UNIKU tingkat I dipilih sebagai subjek penelitian dengan rincian masing – masing satu mahasiswa berkemampuan rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara untuk mengetahui proses berpikir subjek dalam membuat koneksi matematis. Hasil analisis data menunjukkan proses koneksi subjek dengan kemampuan matematika tinggi sangat lengkap dan mampu mengaitkan beberapa konsep dalam matematika. Begitu juga subjek dengan kemampuan matematika sedang cukup lengkap dalam membuat koneksi matematika. Akan tetapi subjek S2 kurang mampu mengaitkan beberapa konsep dalam matematika. Sedangkan subjek dengan kemampuan matematika rendah tidak lengkap dalam membuat koneksi matematika. subjek S3 tidak mampu mengaitkan konsep dalam matematika serta tidak mampu menjelaskan dengan baik hasil jawaban yang diperoleh.


Keywords


Proses berpikir, Kemampuan Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Acosta-Tello, E. (2010). Making mathematics word problems reliable measures of student mathematics abilities. Journal of Mathematics Education, 3(1), 15-26.

Bell, Frederick H. (1978). Teaching and Learning Mathematics in Secondary School. Cetakan kedua. Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers.

Caine, R. N., & Caine, G. (1990). Understanding a brain-based approach to learning and teaching. Educational Leadership, 48(2), 66-70.

Coxford, A. F. 1995. The Case for Connections. Dalam Peggy A. Hourse & Arthur F. Coxford (Eds), 1995 Yearbook, Connecting Mathematics Across The Curriculum (hlm. 3–12). Reston, VA: The National Council of Theachers of Mathematics, Inc.

Eli, J. A., Mohr-Schroeder, M. J., & Lee, C. W. (2011). Exploring mathematical connections of prospective middle-grades teachers through card-sorting tasks. Mathematics Education Research Journal, 23(3), 297.

Gooding, S. (2009). Children's difficulties with mathematical word problems. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 29(3), 31-36.

Hiebert, J. & Carpenter, T. P. 1992. Learning and Teaching with Understanding. Dalam D. A. Grouws (Ed.), Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning, (hlm. 65 – 97). New York: Macmillan Publishing Company.

Kilpatrick, J.,Swafford, J.,& Findel, B. (2001). Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC : National Academy - Press.

Knuth, E. J. (2000). Student understanding of the Cartesian connection: An exploratory study. Journal for Research in Mathematics Education, 500-507.

Marshall, S. P. 1995. Schemas in Problem Solving. New York: Cambridge University Press.

National Council of Teachers of Mathematics [NCTM]. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.

Nordheimer, S. (2011). Mathematical Connections At School:understanding and facilitating connections in mathematics. Diakses dari : http://didaktik.math.hu-berlin.de/files/mathematical_connections_1. pdf.[4 Juni 2017]

Pirasa, N. (2016). The Connection Competencies of Pre-Service Mathematics Teachers about Geometric Concepts to Daily-Life. Universal Journal of Educational Research, 4(12), 2840-2851.

Sepeng, P., & Sigola, S. (2013). Making sense of errors made by learners in mathematical word problem solving. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 325.

Slavin, R. E. (1991). Synthesis of research of cooperative learning. Educational leadership, 48(5), 71-82.

Stanic, G. M. A., & Kilpatrick, J. (1988). Historical perspectives on problem solving in mathematics curriculum. In R. I. Charles & E. A. Silver (Eds.), Research agenda for mathematics education: The teaching and assessing of mathematical problem solving (pp. 1-22). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say?. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 142-151




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.