PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Devinra Devinra, Oman Hadiana, Sofhian Fazrin Nasrulloh, Sutarja Fahrudin, Casnan Casnan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian penilaian formatif yang tercermin dari prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat penilaian yang dapat berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran digital berbasis Quizizz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Quizizz memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 24 siswa, di mana 12 siswa dari kelas V menjadi kelompok eksperimen dan 12 siswa dari kelas VI menjadi kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelompok, baik eksperimen maupun kontrol, memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Uji-t digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan Uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif hasil belajar matematika siswa dari penerapan media pembelajaran digital berbasis Quizizz pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.


References


Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika Artikel info Abstrak. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11. www.quizizz.com

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1376

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

BAB II KAJIAN TEORI. (n.d.).

Fauzan Alan, U. (n.d.). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION DAN PROBLEM BASED LEARNING (Studi Penelitian di SMP Negeri 1 CisurupanKelas VII).

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Irma Rismala, A., Hadiana, O., Muhamad Zaenal, R., Heriyana, T., Muhammadiyah Kuningan, S., Soepomo No, J., & Cigugur Kuningan, B. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL “NUMERASI MATEMATIKA (QUIZIZZ)” MATERI BILANGAN BULAT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN AMPANG MALAYSIA. In JES-MAT (Vol. 9, Issue 2).

Jurnal Formatif 3(2): 115-125. (n.d.).

Nuri Rahmawati, D., Fitrotun Nisa, A., & Astuti, D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. 2(1), 2962–746. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i1.335

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.-a). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.-b). Pengertian Pendidikan (Vol. 4). http://repo.iain-

Rohani, O. :, S Ag, & Pd, M. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN.

Rosiyanti, H., Widiyasari, R., Adriansyah, A. F., & Istiqomah, S. (n.d.). Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit E-Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Labschool FIP UMJ. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Sabda Kusumantara, K., Saindra Santyadiputra, G., & Sugihartini, N. (2017). PENGARUH E-LEARNING SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 126. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/716

Salehudin, M., Arifin, A., & Napitupulu, D. (2021). Extending Indonesia Government Policy for E-Learning and Social Media Usage. Pegem Journal of Education and Instruction, 11(2), 14–26. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00

Utama Rizal Isma Nastiti Maharani Nizar Ramadhan Dwi Wisuda Rizqiawan Jodi Abdurachman Damayanti CV Nurani, S. M. (2016). Media Pembelajaran Penulis. www.penerbit-nurani.com




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v10i1.9292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devinra Devinra, Oman Hadiana, Sofhian Fazrin Nasrulloh, Sutarja Fahrudin, Casnan Casnan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.