KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
Abstract
Dalam memahami pelajaran siswa mempunyai gaya belajar tersendiri untuk dapat menguasainya. Akan tetapi setiap siswa pasti terdapat kesulitan dalam memahami pelajaran. Tujuan peneliti adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan dalam belajar matematika yang dihadapi siswa karena gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review. dari hasil pencarian ditemukan sebanyak 49 artikel yang terbit dari tahun 2013-2023, kemudian diseleksi secara ketat menghasilkan 9 artikel yang relevan dengan topik kesulitan belajar matematika ditinjau dari perbedaan belajar para siswa, dibuktikan dari 9 artikel yang relevan dapat menunjukkan hasil 1) Gaya belajar visual mengalami kesulitan memahami konsep 2) kesulitan yang dialami gaya belajar auditori yaitu dalam pemecahan masalah 3) Pemahaman konsep sulit dicerna oleh siswa merupakan kesulitan belajar gaya kinestetik.
References
Amalia Zulvia Widyaningrum, M. P. (2016). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKANSOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 METRO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Iqra’, 147(March), 11–40.
Azizi, F. M., Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 43–52. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1275
Benavides-Varela, S., Zandonella Callegher, C., Fagiolini, B., Leo, I., Altoè, G., & Lucangeli, D. (2020). Effectiveness of digital-based interventions for children with mathematical learning difficulties: A meta-analysis. Computers and Education, 157(July 2019). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103953
Buyung, M., Angkotasan, N., & Jalal, A. (2023). KESULITAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 3(2), 148–157.
Darmono, P. B., Wijayadi, M., Kurniasih, N., Studi, P., Matematika, P., Purworejo, U. M., & Belajar, G. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Sma Dengan Gaya Belajar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2), 168–173.
Derici, R. M., & Rahmi, S. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas X Sma Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal Of Education, 9(1), 414–420.
Dewi, N., & Bahar, E. E. (2021). Analisis kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 247–256.
Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 95–110. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8055
El-Sabagh, H. A. (2021). Adaptive e-learning environment based on learning styles and its impact on development students’ engagement. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00289-4
Fadilah, R. R., Sumarni, & Adisatuty, N. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17–30.
Faizah, N., Indah Febriani, P., Elga Saputri, N., Imamuddin, M., & Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, U. M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Yang Berorientasi Pada Nilai-Nilai Moral. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(2), 2828–6863.
Fajar Rizqi, A., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Fitriani, E. N., & Hadi, S. (2023). Diagnostik Kesulitan Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Polorejo. Jurnal Ilmiah AL Thifl, 3(1), 292–304.
Fitriyanah, N. N., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal open ended materi sistem persamaan linier dua variabel. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (SENDIKSA-3) (pp. 123–138).
Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128
Indirwan, I., Suarni, W., & Priyatmo, D. (2021). Pentingnya Self-Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Sublimapsi, 2(1), 61. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v2i1.13055
Irfan, M. M., Safaria, S. A., & Sangila, M. S. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 6(2), 122–134. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4824
Kunwar, R., Shrestha, B. K., & Sharma, L. (2021). Are teachers aware of mathematics learning disabilities? Reflections from basic level schoolteachers of Nepal. European Journal of Educational Research, 10(1), 367–380. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.367
Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–128.
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Novita, N., Sumarni, & Riyadi, M. (2022). Student Concept Understanding Analisys In Number Pattern Material During Distance Learning (Dl). Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19–39.
Rihana, Sumarni, & Riyadi, M. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi pecahan ditinjau dari gaya belajar. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14(1), 24–32.
Rihanah, Sumarni, & Riyadi, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelessaikan Soal Opersi Pecahan Ditinjau dari Gaua Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 77–88.
Rosada, U. (2016). Diagnosis of Learning Difficulties and Guidance Learning Services To Slow Learner Student. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 61. https://doi.org/10.24127/gdn.v6i1.408
Rosalinda, R., & Hasanudin, C. (2023). Peran Matematika Dalam Membentuk Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1639–1645.
Rusmana, I. M., & Wulandari, D. S. (2020). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 76–81. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18
Sari, S. W., Untari, M. F. A., Haryati, T., & Saputro, S. A. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V untuk Menentukan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 N, 2021–2024.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290
Soleha, S., Rasiman, R., & Purwosetiyono, F. D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMK. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 138–147. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4460
Susanti, E., Andreyanto, F., Faizah, R. S. N., Indriani, R., & Afifah, N. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas x sma n 1 tengaran ditinjau dari gaya belajrnya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 345–352.
Trizulfianto, T., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.30738/.v5i2.1229
Usman, M. R., & Kristiawati, K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Penguasaan Materi Prasyarat. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika ….
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Wites, R., Rahmi, & Delyana, H. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Sal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8, 150–158.
Zahro, R. F., Sugiyanti, & Supandi. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(3), 194–200.
Copyright (c) 2024 Alya Yusrul Hana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.