KONTRIBUSI PENGGUNAAN SEMPOA DALAM MATAKULIAH ARITMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Anwar Ardani, Dian Purwaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui hubungan penggunaan sempoa dalam matakuliah aritmatika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, b) untuk mengetahui pengaruh penggunaan sempoa dalam mata kuliah aritmatika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanation) dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini dilakukan uji analisis korelasi untuk mengetahui hubungan pengunaan sempoa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan uji analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh penggunaan sempoa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Uji analisis ini menggunakan SPPS. Berdasarkan hasil analisis terdapat koefisien korelasi penggunaan sempoa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis bernilai positif sebesar 0,808. Penggunaan sempoa memberikan pengaruh sebesar 65,2% terhadap kemampuan berbikir kreatif matematis.

Keywords


Sempoa, aktivitas, kemampuan berpikir kreatif matematis

References


Alimuddin. (2009). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Tugas-Tugas Pemecahan Masalah. Tersedia di: http://eprits.uny.ac.id/12261/1/M Pend 5 Alimuddin.pdf

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kiswandono, I. (2000). Berpikir Kreatif Suatu Pendekatan Menuju Berpikir Arsitektual. Universitas Kristen Petra.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Tersedia di: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/166/159

Munandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gransindo.

Ngatyo, dkk. (2012). Peningkatan aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Media Kartu Bilangan Pada Pembelajaran Matematika. Tersedia di: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/831/pdf

Pehkonen, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity, ZDM International Reviews on Mathematical Education. Tersedia di: https://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a1.pdf

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siswono, E. (2005). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. Tahun X, No. 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno. (2010). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal View MyStat

--------------------------------

JES-MAT INDEXING:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.