BERPIKIR KRITIS SISWA BERKEPRIBADIAN SENSING, INTUITION, THINKING DAN FEELING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DENGAN INFORMASI KONTRADIKSI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abid, M. M., & Rahaju, E. B. (2018). Kemampuan Berfikir Kristis Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Sensing Dan Intuitive. Mathe Dunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 340–349.
Ardiansyah, K., Kurniati, D., Trapsilasiwi, D., & Osman, S. (2022). Truth-Seekers Students’ Critical Thinking Process in Solving Mathematics Problems with Contradiction Information. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i1.33286
As’ari, A. R., Kurniati, D., Maharani, S., & Basri, H. (2019). RAGAM SOAL MATEMATIS UNTUK MENGEMBANGKAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS. Malang: Universitas Negeri Malang.
Basri, H., Jannah, U. R., Nuritasari, F., & Yahya, A. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Masalah dengan Informasi yang Kontradiksi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 63–78. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.9290
Basri, H., Purwanto, As’ari, A. R., & Sisworo. (2019). Investigating critical thinking skill of junior high school in solving mathematical problem. International Journal of Instruction, 12(3), 745–758. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12345a
Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 3(5), 18–25. https://doi.org/10.9790/7388-0351825
Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Educational Researcher, 18(3), 4–10.
Fadilah, R. R., Sumarni, & Adisatuty, N. (2021). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi segiempat ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 17–30.
Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769
Ghufron, M. N., & Risnawita, S. R. (2012). GAYA BELAJAR KAJIAN TEORITIK.pdf. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haryanti, I. S., Wahyuni, I., & Santi, D. P. D. (2019). DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL COMPREHENSIVE MATHEMATICS INSTRUCTION. JES-MAT, 5(1), 43–53.
Jacob, S. M., & Sam, H. K. (2008). Measuring Critical thinking in Problem Solving through Online Discussion Forums in First Year University Mathematics, I, 19–21.
Keirsey, D. (1998). Please Understand Me II. USA: Prometheus Nemesis Book Company.
Kurniati, D., & As’ari, A. R. (2021). DISPOSISI BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. (A. Fauzi, Ed.). Pamekasan: Duta Media Publishing.
Lestari, S. D., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–128.
Prawira, A. (2015). Sukses Psikotes. Jakarta: Bintang Wahyu.
Rahayu, G., Kurniati, D., Jatmiko, D. D. H., Lestari, N. D. S., & Ambarwati, R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam memecahkan masalah matematika materi bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. JES-MAT, 8(2), 207–216.
Rihana, Sumarni, & Riyadi, M. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi pecahan ditinjau dari gaya belajar. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 14(1), 24–32.
DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.7341
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dian Kurniati, Anggi Nabilla Umami, Randi Pratama Murtikusuma, Toto Bara Setiawan, Dhanar Dwi Hary Jatmiko
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
--------------------------------
JES-MAT INDEXING:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.