Perbedaan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Kuningan Pada Masa Pandemi

Selvy Oktavianti Rahayu, Zaenal Abidin, Rahma Widiantie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan proses sains siswa SMA Negeri di Kabupaten Kuningan pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Kabupaten Kuningan. Sampel yang dijadikan subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel terdiri dari 3 sekolah, 1 sekolah diwakilkan dengan 1 rombel kelas XI. Instrumen yang digunakan yaitu lembar tes keterampilan proses sains, lembar dokumentasi analisis RPP dan LKS, serta pedoman wawancara. Tes uraian yang digunakan sudah diuji validasi dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data yang didapatkan diuji menggunakan uji anova satu arah (one way anova). Hasil uji anova satu arah (one way anova) menunjukkan keterampilan proses sains pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Kuningan pada masa pandemi terdapat perbedaan. Sekolah yang berada di wilayah kota memiliki nilai rata-rata keterampilan proses sains yang paling tinggi (59,06), lalu diikuti sekolah yang berada di pertengahan (pinggir kota) yaitu (55,52), dan terakhir pada sekolah yang berada di desa (43,13). Persentase indikator tertinggi untuk sekolah yang berada di wilayah kota ialah indikator menggunakan alat atau bahan sebesar 72,73% dan indikator terendah ialah berkomunikasi sebesar 36,36%. Sekolah yang berada di pertengahan (pinggir kota), persentase indikator tertinggi ialah observasi sebesar 71,72% dan indikator terendah ialah berkomunikasi sebesar 41,41%. Sedangkan sekolah yang berada di desa, persentase indikator tertinggi ialah prediksi dan mengajukan pertanyaan sebesar 55,21% serta indikator terendahnya ialah berkomunikasi sebesar 25,52%

References


Agustina, Putri., dkk. 2021. Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA Pada Praktikum Biologi. Edusains, 13(01), 1 – 7.

Anggraini, dkk. 2018. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Swasta dengan Akreditasi A di Kecamatan Sukarami dan Kemuning Palembang. Jurnal Biology Teaching and Learning, 01(01), 62 – 70.

Apsari, Mirza Roma., & Budiyanto, Mohammad. 2021. Peningkatan Hasil Belajar di Masa Pandemi dengan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Keterampilan Proses Sains. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 09(02), 171 – 175.

Alhudaya, Muhammad Taufik., dkk. 2018. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Optik Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 1398-1404.

Kasfadop, Marisol & Desstya, Anatri. 2020. Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pembelajaran IPA di SD Kronggen. Prosiding SNDIK Magister Pendidikan Dasar UMS 2020.

Kelana, Jajang Bayu., Muftianti, Agni., & Samsudin, Asep. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 07(01), 48 – 54.

Latjompoh, Masra. 2018. Validitas Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir dan Menanamkan Karakter bagi Siswa SMA Kota Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional VI Hayati 2018. 470 – 477. Gorontalo, 30 Desember 2018.

Nawawi, Sulton., dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sains, 4(2), 88-96.

Nurhasanah, Eva., dkk. 2019. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Perseda, 2(3), 168-178.

Rahayu, Suci., dkk. 2021. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi. Jurnal Natural Science Educational Research, 04(01), 28 – 34.

Rani, I. M., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. 2019. Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA Kelas X di Kecamatan Seberang Ulu I dan Kertapati Palembang. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 23-31.

Santiawati, dkk. 2022. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 2 Burneh. Jurnal Natural Science Educational Research, 04903), 222 – 230.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v10i1.8471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License