Penerapan E-Lks Berbasis Diagram Vee Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa

Dewi Septiani, Handayani Handayani, Lilis Lismaya

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan pemecahan masalah yang ditandai dengan  siswa  kesulitan  dalam  menjawab  soal  –soal  yang  berkaitan  dengan  pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Sampel dalam peneltian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel pada kelas eksperimen 34 siswa  dan  kelas  kontrol  terdiri  dari  33  siswa. Adapun  hasil  penghitungan  hasil  N-Gain keterampilan pemecahan masalah siswa diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,34 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,21 dengan kategori rendah.

References


Abidin, Yunus. (2014). Desain

Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Afamasaga-Fuata’i, K. (2007).

Communicating students’ understanding of undergraduate mathematics using concept maps. Jane Watson & Kim Beswick, 133.

Agustina Alviya, N. D. (2012).

Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Asam.

Ahmad Walid, dkk. (2018).

Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Di Sertai Diagram Tree untuk Memberdayaakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. Indonesian J. Integr. Sci. Education ( IJIS Edu ), 1 (1),

Gowin, B., & Alvarez, M.C. (2005).

The art of educating with v diagrams. Cambridge, MA: Cambridge University Press.

Gowin. Bob. D & Marino C. Alvarez.

The Art of Educating with V Diagrams D. Cambridge University Press 2005.

Hapsari, Dwi Pertiwi, Suciati Sudarisman, and Marjono Marjono. "Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dengan Diagram V (Vee) dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil BelajarSiswa."Pendidikan Biologi 4.3 (2012).

Hartati., (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-LKS dengan Pedekatan discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Peluang Kelas VIII SMP Nurul Isalami Tahun Pelajaran 2018/2019. Jourrnal of Education Technology

Novak, J. D & Gowin D. (2006).

Learning How To Learn. Cambridge, MA: Cambridge University Press.

Novak, J.D., & Gowin, D.B. (1984).

Learning how to learn.

Cambridge, England: Cambridge University Press.

Noval.Joseph. D and Gowin, D.Bob.1984. Learning how to learn. Cambrige University: Cambrige University Press.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Trianto. (2009). Mendisain model pembelajaran inovatif – progrsif konsep landasan dan implementasi pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).JAKARATA




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v10i1.8472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License