Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Mini Riset Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa

Sri Nurjanah, Ina Setiawati, Rahma Widiantie

Abstract


Kemampuan memecahkan masalah dipandang perlu dimiliki siswa, karena dapat membantu siswa membuat keputusan yang tepat, cermat, sistematis, logis dan mempertimbangkan berbagai sudut pandang. Tetapi pada umumnya pembelajaran di sekolah masih banyak yang menggunakan metode ceramah, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan memecahkan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model discovery learning berbasis mini riset terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMA NU Ciledug tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 48 siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu test kemampuan memecahkan masalah dan Angket respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran model discovery learning berbasis mini riset. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan dengan uji hipotesis atau t hit (3,77) > t daf  maka H1 diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning berbasis mini riset terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI MIPA SMA NU Ciledug.  Hasil analisis kemampuan memecahkan masalah diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 68 dalam kategori baik dan kelas kontrol 57 dalam kategori cukup. Penerapan model discovery learning berbasis mini riset dapat melatih kemampuan memecahkan masalah siswa karena setiap fasenya memfasilitasi siswa dalam memecahkan masalah di pembelajaran

References


Anggereini, Evita dan Jodion Siburian.2020.Integrating the Value Pro Environmental Behavior (PEB) and Knowledge of Ecosystem Concept to Improve Students’ Critical Thinking Skill: Environmental Learning Based Project.Advances in Engineering Research:205

Arikunto,S.2015.Dasar dasar evaluasi pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara

Bakhtiar,Suaha.2007.Biologi untuk SMA dan MA kelas XI.PT Sarana Panca Karya Nusa.Bandung

Daulae,Abdul Hakim dkk.2019.Kajian Penerapan Tugas Mini Riset Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Materi Keanekaragaman Hayati.Jurnal Pelita Pendidikan.6(1):61

Diastuti,Reni.2009.Biologi untuk SMA/MA kelas XI Jilid 2.Pusat Perbukuan Departemen.Jakarta: Pendidikan Nasional

Hanum,Eva Latifah dkk.2009.Biologi 2 Kelas XI SMA dan MA.Pusat Perbukuan Departemen.Jakarta: Pendidikan Nasional

Irnaningtyas.2014.Biologi untuk SMA/MA kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam.Jakarta: Penerbit Erlangga

Jana,Padrul dan Nur,Amirul Anisa.2020.Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah.Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.9(1):213

Khairiyah,Anni Samarotul.2021.Penerapan Pembelajaran Daring Berbantu Lks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Imun.[Skripsi].Universitas Kuningan

Leksono,Suroso Mukti dan Bambang Ekanar.2019.Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Melalui Pembelajaran Mini-Riset Berbasis Pendidikan Konservasi.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.2(1):220-221

Lubis, Akhmad Badrul dkk.Influence of the Guided Discovery Learning Model on Primary School Students’ Mathematical Problem-solving Skills.Jurnal internasional:253-266.

Masitoh,Uum.2017.Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Dengan Alat Peraga Sederhana Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas VIII Pada Konsep Sistem Pernapasan.[Skripsi].Universitas Kuningan

Payosi,Ade.2020.Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Alat Peraga Sederhana Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas VII Pada Konsep Sistem Pernapasan.[Skripsi].Universitas Kuningan

Pratiwi,D. A. dkk.2007.Biologi untuk SMA kelas XI Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

Rahmawati,Faidah dkk.2009.Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Program IPA.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Rangkuti,Ahmad Nizar.2016.Pembelajaran Berbasis Riset. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/714 diakses 30 Januari 2022

Rismayana,R.2021.Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Dalam Masa Tatap Muka Terbatas Selama Masa Pandemi Di Sman 3 Seluma.Jurnal Pendidikan Sains.1(2):65

S,Maharani dan M Bernard. 2018.Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran.Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.1(5):821-822

Simanjuntak,Mery Fransiska dan Niko Sudibjo .2019.Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills And Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning].Jurnal Pendidikan Matematuka Menyeluruh.2(2):111-112

Sumanty,Mira Titi dkk.2020.Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Prestasi Belajar (studi pada mata pelajaran kimia siswa kelas XII SMA Negeri 1 tebing tinggi)

http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18478 diakses 28 Januari 2022

Sumartini,Tina Sri .2016.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Jurnal Pendidikan Matematika.5(2):151-152

Suryawati,Evi dkk.2010.The effektiveness of RANGKA contextual teaching and learning on students’ problem solving skill and scientifik social attitude.Procedia Social and Behavioral Science 9 2010:1717-1721

Veronika,V dan F Kristin.2020.Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Ips Siswa Kelas 5 SD.Jurnal Pendidikan Dasar.3(2):235

Wardani, Erika Fitri dan Feni Kurnia.2019.Analisis Kemampuan Literasi Sains, Sikap Ilmiah Dan Merancang Mini Riset Mahasiswa Pgsd Stkip Muhammadiyah Bangka Belitung Pada Mata Kuliah Praktikum IPA.Jurnal Pendidikan.1(1):16

Widiantie,Rahma.2017.Upaya Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Strategi Ideal Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kelenjar Endokrin.Jurnal Pendidikan.9(1):4

Widiantie,Rahma dkk.2020.Analisis of Integrated Science Process Skills and Problem-Solving Abilities Through Mini-Research Learning of Biology




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v10i1.8473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License