Studi Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Afektif, Kognitif, Dan Psikomotor Pada Calon Guru Biologi

Tiya Nurul Baeti, Zaenal Abidin, Agus Prianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Model Pembelajaran blended learning terhadap kemampuana afektif. 2) Model Pembelajaran blended learning terhadap kemampuan kognititf. 3) Model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis, penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berupa jurnal publikasi ilmiah dalam Google Scholar, ScienceDirect, dan ERIC. Sebanyak 14 jurnal dan instrumen berupa lembaran pemberian kode (coding  category). Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa:  1) Terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan afektif, kognitif, dan psikomor dengan perhitungan effect size 0,53 yang termasuk kategori sedang. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan afektif dengan perhitungan effect size 0,53 yang termasuk kategori sedang. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan kognitif dengan perhitungan effect size 0,63 yang termasuk kategori sedang. 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran  blended learning terhadap kemampuan psikomotor dengan perhitungan effect size 0,55 yang termasuk kategori sedang


References


Aznam, Nurfina. (2020). Pengembangan Blended Learning Terintegrasi Dengan Peer Tutor Strategis Pada New Normal Pandemi Covid-19

Untuk Pencapaian Prestasi, Motivasi Dan Kepuasan Layanan Pembelajaran Di Prodi S2

Pendidikan Sains PPS UNY. Laporan Akhir Program Pascasarjana UNY.

Asra, A., et.al. (2021). Model Blended Learning Pada Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Basic Education, Vol. 4, No. 1, Hal: 28-41.

Atika, A., Machmud, A., Suwatno. (2020).

Blended Learning Terhadap Hasil Belajar di Era COVID-19: Pendekatan Meta-Analisis. Jurnal Basicedu Vol. 4, No. 4, Hal. 919-

https://jbasic.org/index.php/basiced u/article/view/488/pdf

Becker, Lee A. (2000). Effect Size (ES).

Journal: Effect Size Becker 3. https://www.uv.es/~friasnav/Effect SizeBecker.pdf

Cooper, Haris. Larry, V. Hedges, dan Jefferey, C. Valentine. (2009). The Handbook of Research Synthesis and Meta-Analysis Second Edition. New York: Russel Sage Foundation.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v10i1.8475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License