Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Digital (LKPD-D) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Rahma Hani Aulia, Handayani Handayani, Ina Setiawati

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah dengan penggunaan LKS konvensional dimana komponennya tidak memfasilitasi kemampuan berpikir kritis, sehingga  dibutuhkan  LKPD   yang  dapat   memfasilitasi  kemampuan  berpikir  kritis   yaitu  dengan menerapkan LKPD-digital berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode dalam penelitian  ini adalah eksperimen  semu  (Quasi  Eksperimental  Design),  dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA NU Ciledug pada tahun ajaran 2021-2022. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 24 siswa pada kelas eksperimen dan 24 siswa pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan angket respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan LKPD-digital berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu uji t dan N-Gain. Berdasarkan hasil analisis pada uji t dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa yang menerapkan LKPD-digital berbasis Problem Based Learning. Adapun hasil N-Gain pada kelas eksperimen diperoleh 0,36 dengan kriteria sedang dan 0,10 pada kelas kontrol dengan kriteria rendah yang artinya terdapat peningkatan kemampuan  berpikir  kritis  siswa  pada  kelas  eksperimen,  Penerapan  LKPD-digital  berbasis  Problem Based  learning  dapat  memfasilitasi  kemampuan  berpikir  kritis  siswa,  karena  dalam  LKPD-digital memuat komponen-komponen PBL yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis


References


Ahmad. F, Abdul. H & Melvina. 2017.

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2(3): 283-287

Alwasilah, Chaedar. (2010). Contextual Teaching and learning : menjadikan Kegiatan Belajar- Mengajar mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Khaifa.

Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. 2017. Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa pada Materi Biologi. Quagga: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Biologi. Universitas Kuningan. 9(1).

Astuti. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Etnobotani Terhadap Kemampuan Menganalisis Siswa. Skripsi. Universitas Kuningan.

Azhari. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivime di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2) hlm. 1-11.

Buku Biologi untuk SMA/MA kelas XI; Irnanyngtyas (ed), -jil 2- Bandung: Erlangga (2016)

Buku Brilian Biologi untuk SMA/MA kelas XI; Elis D & Sri Endang P,- Bandung : Grafindo (2016)

Buku Biologi untuk SMA/MA kelas XI; Pratiwi, D.A., Maryati, S., Srikini, Suharno, Bambang, S., jil 2- Jakarta : Erlangga (2007)

Cekliker, Dilek. (2010). The Effect of worksheets developed for the Subject of Chemical Compounds on Student Achievement and Permanent Learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1) :42-51.

Cynthia, R. 2021. Implementasi Pembelajaran Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik Digital (LKPD-D) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPA 2SMA Pangudi Luhur Sedayu. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Damayanti, P., Hindriana, A.F., & Abidin, Zaenal. 2022. Penerapan Model Pembelajaran SM2CL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Quagga: Jurnal Pendidikan & Biologi. 14(1). 9-15. Doi: 10.25134/quagga.v14i1.4821.

Dudeliany, J. A., Kahardika, K.,Maryani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai LKS Berbasis Multipresentasi Pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(3): 254-259

Elfina, S. & Sylvia, I. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1

Payakumbuh. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1): 28-29

Fathurohman, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar LKPD IPA Berbasis Pendekatan Kontekstual Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Firdauzi, F. S., Widiantie, R., & Handayani. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Kemampuan Berargumentasi. Quagga: jurnal pendidikan dan Biologi. 11(1), 49-54. Doi:

25134/quagga.v11i1.1633.

Fithri, S., Pada, A.U.T., Artika, W., Nurmaliah, C., Hasanudin.

Implementasi LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9 (4): 555-564

Fried, G. H. & Hademenos, G. J. 2005. Schaum’s Outlines Biologi, Edisi Kedua Terjemahan: Damaring Tyas. Jakarta: Erlangga.

Hayati, L., Loka, N., Anwar, Y.A.S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik. Mapan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40-55.

Hmelo-Silver, C.E., & Barrows, H. S. (2006). Goals and Strategies of a Problem Based learning Facilitator. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1), 21-39.

Ita, N., & Listyaningsih, L., (2014). Pengaruh Model Problem Based Intrucstion (Pbi) Melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Pkn Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lamongan. Kajian moral dan kewarganegaraan,

(2), 358-371.

Jf, F . Deskripsi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Minyak Bumi Kelas XI MIA 3 SMAN 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(10).

Lavtania, N., Nulhakim, L., & Utari, E. 2021. Pengembangan LKPD digital Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Kreativitas Mata Pelajaran Kerja Peserta Didik Digital (LKPD) Kooperatif tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP. Quagga

: Jurnal Pendidikan dan Biologi. 13(2), 24-30. doi:

25134/quagga.v13i2.401 l.

Nikmaturrohmah, N. (2016). Analisis Keterampilan Menyimpulkan Peserta Didik Kelas XI menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis di MA AL Asror (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Nurlaelah, I., Setiawati, I., Handayani. (2019). Teaching Guide Pembelajaran Biologi : Implementasi Model-Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Kuningan. Edukati Press.

Pujianti, M, et al. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi. Jurnal Pendidikan Biologi.

Rinawati, Abdurahman, & Jalmo, T. 2016. Pengaruh Problem Based

Kimia Materi Pembuatan Learning Terhadap Makanan

Quantum: Berupa Jurnal Koloid. Inovasi Keterampilan Siswa. Jurna Berpikir Kritis l Pendidikan Pendidikan Sains. 12(2), 172-184.

Ndia, F. X., Mago, O. Y. T., & Bare, Y. (2021) Pengembangan Lembar Progresif. 6(2)

San, S., Jehadus, E., & Jelatu, S. (2019). Efek Pembelajaran Cooperative tipe jigsaw Berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(2), 167-183. https://doi.org/10.31849/lectur a.vl0i2.3101.

Samarotul, A. K. 2021. Penerapan Pembelajaran Daring Berbantu LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Imun. Skripsi. Unviversitas Kuningan.

Saputri, N., Suganda, O., & Lismaya, L. 2018. Penerapan Model Student Team Achievement Division Melalui LKS Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem di kelas VII SMP Negeri 2 Jalaksana. Quagga: Jurnal pendidikan dan Biologi. 10(2), 45-51. Doi :10.25134/quagga.v10i2.1340.

Septiwi, T. P., Tonih, F., & Evi, S. B.

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 8(1)

Shofiyah, M., Tati, S., & Idat, M. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didaktik. 13(2): 106-112

Snyder, L. G. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal. L(2).

Tarmizi, Khaldun, I. & Mursal. 2017.Penggunaan LKS berbasis PBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Cahaya Di SMPN 1 Kembang Tanjong. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(01): 87-93

Yunita T.P, Dudung A.S, &Yetty A. 2021. Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 2(2) : 264-279.




DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v10i1.8476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi

Organized by the Department Master of Biology Education, Graduate School, the University of Kuningan
ISSN 2355-2352 (print)
Alamat : Jl. Pramuka No. 67 Kuningan 45512, Jawa Barat, Indonesia.
Telepon : (1232) 878702
Website : https://journal.uniku.ac.id/index.php/edubiologica

Email : [email protected]

Creative Commons License

Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License